Alasan Mengapa Jurgen Klopp Perlu Mempelajari Laga Pramusim Terakhir Chelsea

Gila Bola – Dalam waktu 9 hari lagi Chelsea akan memulai musim baru Liga Inggris 2023/24. Siapa yang diturunkan untuk pekan pertama serta bagaimana mereka bermain sudah terlihat dari laga pramusim terakhirnya, saat imbang 1-1 melawan Borussia Dortmund.

Sudah tahu kan siapa lawan the Blues untuk pekan pertama Liga Inggris? Liverpool. Dua musuh besar itu akan menjadi big match pekan pertama. Itulah sebabnya mengapa Jurgen Klopp dan stafnya perlu menonton ulang pertandingan Chelsea vs Dortmund untuk mendapatkan info soal susunan pemain dan strategi permainan mereka.

Kedua tim besar Premier League itu akan berjumpa pada 13 Agustus 2023 di Stamford Bridge. Chelsea merupakan tim urutan 12 dari satu musim yang mengecewakan, sedangkan Liverpool menduduki posisi kelima klasemen. Juga terhitung mengecewakan bagi the Reds.

Jadi laga 13 Agustus itu akan menjadi kesempatan terbaik untuk memberi kesan positif, bukan saja bagi para pendukung, tetapi juga para pemain mereka sendiri. Bahwa musim Liga Inggris yang baru ini akan lebih baik daripada 2022/23.

Siapa Sajakah Starting XI Chelsea untuk Laga Kontra Liverpool?

Kecuali Christopher Nkunku yang cedera dan ditarik keluar pada menit 22 maka sisa 10 pemain yang turun sejak menit pertama akan menjadi starting XI untuk laga pekan pertama kontra Liverpool.

Kepa Arrizabalaga mengisi posisi di bawah mistar gawang, didampingi oleh dua bek tengah penjaga ruang di depan gawang, yakni Thiago Silva dan Levi Colwill. Keduanya akan menjadi kombinasi bek tengah dengan usia yang sangat senjang. Sang bek Brasil sudah 38 tahun, Colwill masih 20 tahun.

Dua bek lain di kiri dan kanan yang menopang serangan dan sekaligus pertahanan adalah Ben Chilwell di sisi kiri serta Reece James di sebelah kanan. Sementara itu, sedikit di depan mereka untuk posisi dua gelandang bertahan, adalah Enzo Fernandez serta Conor Gallagher.

Tiga serangkai untuk penyuplai bola-bola ke depan adalah satu pemain yang menggantikan Nkunku di sisi sebelah kiri. Kemungkinan itu adalah Mykhailo Mudryk. Kemudian Raheem Sterling di sebelah kanan dan Carney Chukwuemeka di sebelah tengah, tepat di belakang Nicolas Jackson.

Jackson baru didatangkan musim panas 2023 ini dari Villarreal dan akan langsung memperoleh kepercayaan Mauricio Pochettino untuk mengisi posisi pembunuh di depan gawang lawan.

Mengapa Kita Yakin 11 Pemain Chelsea Ini Akan Jadi Starter?

Dalam jumpa pers usai pertandingan, sang pelatih Argentina itu mengatakan bahwa ia ingin memberi permainan mendekati 90 menit untuk mereka yang akan menjadi starter karena musim baru hanya berjarak 10 hari jauhnya. Sembilan hari jika dihitung sejak hari ini.

Dalam laga kontra BVB tersebut, ia baru melakukan pergantian pada menit 73 terhadap sejumlah figur yang dikhawatirkan cedera. Mereka adalah Thiago Silva, Ben Chilwell, Chukwuemeka, dan Reece James. Itu selain Nkunku yang sejak menit 22 sudah digantikan oleh Mudryk.

Perhatikan bahwa tiga dari empat nama itu adalah deretan pemain belakang, figur-figur yang sangat penting dalam formasi Pochettino, menjadi tulang punggung tim dalam skema permainan dominan yang dimulai dari arah belakang.

Ada dua pergantian lagi terjadi tujuh menit jelang bubaran laga kontra Dortmund itu, menyangkut Nicolas Jackson dan Raheem Sterling.

Chelsea Tidak Terkalahkan Selama Pramusim

Investor terbesar Chelsea Todd Boehly akan sangat senang dengan perfoma klubnya selama periode pramusim ini setelah tidak terkalahkan dalam lima penampilan.

Mereka menang besar 5-0 pada laga perdana melawan Rexham, tim divisi keempat sepak bola Inggris, kemudian menang susah payah 4-3 lawan Brighton, imbang 1-1 lawan Newcastle United, serta menang 2-0 lawan Fulham, sebelum kembali draw 1-1 kontra BVB.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!