Arsenal Tersenyum, Kevin De Bruyne Absen Sampai Desember 2023!

Gila Bola – Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengkonfirmasi apa yang menjadi kekhawatiran para pendukung, otot hamstring atau paha belakang dari gelandang andalannya Kevin De Bruyne snap, dan akan absen sampai Desember 2023.

Hal itu disampaikannya dalam jumpa pers Selasa malam (15/8), dengan Pep mengatakan bahwa ia bersiap melihat De Bruyne absen “beberapa bulan”, namun belakangan ia memberi periode waktu yang lebih jelas lagi, “Tiga atau empat bulan out!”

Itu berarti Manchester City akan dipaksa mengarungi setengah musim pertama mereka di Liga Inggris dan laga-laga penyisihan grup Liga Champions tanpa keterlibatan gelandang kreatif mereka itu.

Di kompetisi domestik, ini berarti ada peluang yang lebih besar bagi para pesaing gelar Liga Inggris untuk merebut trofi juara. Arsenal misalnya, diam-diam akan merasa senang melihat satu pemain kunci City absen sampai Desember.

Seberapa Penting Kevin De Bruyne Bagi Man City?

Jelas terdengar ada kekhawatiran dalam nada suara Guardiola saat menyampaikan info bahwa ia akan kehilangan gelandang Belgia itu untuk setengah musim pertama kompetisi, setidaknya sampai Desember 2023.

Kevin De Bruyne adalah pemberi assist terbanyak City sepanjang musim yang baru saja berlalu 2022/23, mencatatkan, tahu berapa? 16 assist di ajang Premier League, empat di Piala FA, dua di EFL Cup dan tujuh di Liga Champions.

Dengan demikian total ada 29 assist diberikannya bagi gol-gol the Sky Blues. Pesaing terdekatnya adalah Riyad Mahrez dengan 13 assist di semua kompetisi, setidaknya 10 di Liga Inggris. Namun pemain Aljazair ini sudah pergi dari Etihad, memilih karir yang lebih baik di Liga Arab Saudi.

Siapakah Pemberi Assist Berikutnya di Manchester City? 

Pep Guardiola akan merasa beruntung ia sudah mendatangkan Mateo Kovacic. Namun pemain Kroasia ini hanya seorang gelandang bertahan. Terlihat dari data hanya dua assist yang diberikannya bagi Chelsea selama musim kemarin. Itu pun hanya di ajang Liga Inggris.

Musim sebelumnya, 2021/22, Kovacic memberikan enam assist di semua kompetisi, lima di Premier League dan satu di Liga champions, selain dua gol. Namun angka ini masih terasa jauh daripada apa yang sudah diberikan oleh De Bruyne atau Mahrez.

Daftar pemain yang bisa menjadi pengganti De Bruyne antara lain adalah Jack Grealish, yang memberikan 11 assist di semua kompetisi pada musim kemarin, tujuh di Liga Inggris, tiga di Piala FA dan satu di Liga Champions.

Selain itu juga Phil Foden dengan sembilan assist, enam di Liga Inggris dan dua di Liga Champions, selain satu di FA Cup. Juga Erling Haaland dengan jumlah yang sama, sembilan assist. Delapan di Premier League.

Di bawah mereka semua masih ada Rodri dengan tujuh assist di semua kompetisi, Bernardo Silva enam. Sayang sekali Ilkay Gundogan sudah terlanjur pergi ke Barcelona. Pemain Jerman itu juga memberi enam assist musim lalu.

Kategori: Sepak Bola, Berita Liga Inggris
Topik: Berita Kevin de Bruyne, Berita Manchester City