Bahkan Mohamed Salah Butuh 72 Laga Liga Inggris Untuk Mencapai 50 Gol

Gilabola.com – Bahkan Mohamed Salah saja butuh 72 pertandingan untuk mengumpulkan 50 gol di ajang Liga Inggris. Kini Erling Haaland bisa mencapai tonggak itu dalam jangka waktu lebih cepat. Itu jika ia turun bermain pada Sabtu siang (25/11).

Sang bintang Norwegia berada di ambang pencapaian gol ke-50 kompetisi jika ia berhasil merobek jala gawang Liverpool pada laga bigmatch yang dimulai pada Sabtu siang hari bolong, jenis waktu yang sangat tidak disukai oleh Jurgen Klopp.

Mengapa 50 gol Haaland menjadi penting? Karena jika ia bisa mencapainya Sabtu besok maka ia akan memecahkan rekor yang selama ini dipegang oleh Andy Cole pada Maret 1995. Sudah 28 tahun!

Andy Cole Capai 50 Gol Dalam 65 Pertandingan

Apa yang terjadi pada Maret 1995 dalam pertandingan Manchester United kontra Ipswich Town ini memecahkan lebih daripada satu rekor.

Laga itu sendiri berakhir dengan skor telak 9-0, yang merupakan pertama kalinya Setan Merah mengamuk dengan jumlah gol sebesar itu. Mungkin efek dari perubahan iklim.

Andy Cole sendiri mencatatkan lima gol dalam pesta ugal-ugalan Red Devils tersebut, yang juga menjadi kali pertama ada pemain melesakkan lima gol dalam sebuah laga Premier League, sejak jenis kompetisi ini dimulai pada 1992.

Sebelumnya, saat nama kompetisi itu masih bernama Divisi Pertama Sepak Bola Inggris, sudah ada Tony Woodcock yang mencetak lima gol bagi Arsenal pada Oktober 1983 ke gawang Aston Villa.

Mohamed Salah Butuh 72 Laga Untuk 50 Gol

Sang bintang Mesir itu berada pada ranking kelima untuk soal kecepatan pencapaian angka 50 gol pertama di Liga Inggris.

Di atas Mo Salah, setelah Andy Cole, ada nama-nama seperti Alan Shearer yang butuh 66 games untuk mencapai 50 gol, lalu Ruud van Nistelrooy 68 laga, Fernando Torres 72 pertandingan dan akhirnya sang pemain Mesir.

Torres mencapai tonggak 50 gol itu pada pertandingan Liverpool melawan Aston Villa pada Desember 2009. Sang pemain Spanyol mengakhiri karirnya di Anfield dengan 65 gol dari 102 penampilan.

Kepindahannya ke Chelsea menyebabkan jumlah gol-golnya menurun drastis. Hanya 20 gol dalam 110 penampilan bersama klub London biru itu, dengan rata-rata jumlah menit per gol turun dari 121 menit di Liverpool menjadi 340 menit di the Blues. Efek perubahan warna merah ke biru!

Sementara itu Mohamed Salah mencapai angka 72 laga yang sama seperti yan dicatatkan Torres dalam kemenangan 4-3 melawan Crystal Palace di Anfield pada Januari 2009.

Di bawah Salah masih ada Pierre-Emerick Aubameyang dengan 79 games, Sergio Ag├╝ero 81 laga, Thierry Henry 83, Kevin Phillips 83 dan Diego Costa 85 pertandingan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!