Belum Juga Genap Setahun, Manchester United Sudah Langgar ‘Aturan Gaji Ronaldo’

Gila BolaManchester United telah melanggar ‘aturan gaji Cristiano Ronaldo’ yang baru mereka berlakukan pada Januari tahun lalu yang menunjukkan betapa tidak konsistennya mereka dalam mematuji aturan yang dibuat.

Manchester United telah mengubah struktur gaji mereka dengan menetapkan batasan gaji pada skuad setelah kepergian Cristiano Ronaldo pada Januari lalu, namun hanya dalam hitungan bulan, aturan itu sudah dilanggar.

Seperti diketahui bahwa pada November 2022 lalu, megabintang Portugal itu membuat geger publik ketika dia blak-blakan mengkritik manajer Erik ten Hag serta kebijakan klub dalam sebuah podcast Piers Morgan:Uncessored.

Dampak dari keluhan yang dilakukan secara terbuka itu, kontrak Cristiano Ronaldo di Old Trafford kemudian diputus, dengan sang penyerang lantas pindah ke Arab Saudi untuk bergabung dengan Al-Nassr.

Nah kepergian pemenang lima Ballon d’Or itu membuat Manchester United memiliki kelonggaran besar pada ruang gaji setelah melepas beban gaji senilai Rp 9,9 Milyar per pekan.

Tentu saja dengan kontrak segitu besarnya, gaji Cristiano Ronaldo berada jauh di atas rekan-rekan setimnya yang lain di Old Trafford, dan ini membuat klub akhirnya melakukan restrukturisasi gaji usai kepergian sang megabintang.

Manajer Erik ten Hag dan kepala eksekutif Richard Arnold kemudian memberlakukan batasan gaji yang dikenal sebagai ‘aturan gaji Ronaldo’ untuk menghindari budaya kecemburuan di ruang ganti karena perbedaan gaji yang signifikan.

Kabarnya bahwa aturan tersebut membuat Manchester United memiliki batasan gaji maksimal untuk pemain adalah Rp 4 Milyar per pekan, dan tidak akan membayar lebih daripada itu.

Makanya tidak mengherankan jika David de Gea, yang dibayar mencapai Rp 7,4 Milyar per pekan, kemudian dilepas begitu saja ketika kontrak penjaga gawang Spanyol itu berakhir di akhir musim lalu.

Sayangnya bahwa hanya dalam hitungan bulan, Manchester United sudah melanggar aturan batasan gaji yang mereka buat, ini jika mengacu pada berita resmi gaji yang telah dipublikasikan oleh Spotrac.

Laporan itu menemukan bahwa raksasa Premier League itu ternyata menggaji rekrutan musim panas mereka, Mason Mount, senilai Rp 5 Milyar per pekan, yang tentu melebihi batasan gaji mereka senilai Rp 4 Milyar per pekan.

Sebenarnya memang ada beberapa pemain Manchester United seperti Jadon Sancho, Anthony Martial, Marcus Rashford, Casemiro, Raphael Varane, dan Bruno Fernandes yang digaji lebih dari Rp 4 Milyar per pekan, tapi itu karena mereka sudah ada sejak sebelum aturan batasan gaji diberlakukan.

Itu pun sekarang United bekerja keras untuk bisa membuang beberapa di antara mereka, dengan Martial akan habis masa kontraknya, sementara Varane dan Casemiro diharapkan bisa segera dilego.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!