Bikin Blunder, Wasit Anthony Taylor Didegradasi ke Divisi Kedua Inggris

Gila Bola – Wasit Premier League Anthony Taylor kena degradasi dan akan memimpin sebuah laga divisi kedua sepak bola Inggris akhir pekan ini, usai membuat kesalahan pada laga Wolves vs Newcastle United akhir pekan kemarin.

Bukan hanya tim sepak bola yang merasakan degradasi dan promosi. Wasit juga begitu. Apalagi setelah ia membuat kesalahan di depan umum yang viral dan menjatuhkan citra korps baju hitam itu.

Bukan hanya citra wasit yang dipertaruhkan tetapi juga sistem tayangan ulang VAR, dengan banyak seruan terdengar agar sistem itu ditanggalkan sama sekali karena tidak memperbaiki situasi.

Mari kita bahas apa saja dosa-dosa Anthony Taylor yang menyebabkan ia harus menebalkan muka guna menjadi pengadil sebuah laga divisi Championship akhir pekan ini.

Apa yang Jadi Kesalahan Wasit Anthony Taylor?

Hal ini terjadi pada menit kedua atau ketiga injury time akhir babak pertama laga Liga Inggris antara Wolves vs Newcastle United, yang berlangsung di Molineux Stadium pada Sabtu 28 Oktober 2023.

Hwang Hee-chan terlihat membersihkan bola di dalam kotak dan pada saat yang sama pemain tim tamu Fabian Schar terjatuh. Sang wasit berkepala plontos itu kemudian menunjuk titik putih tanpa ragu-ragu.

Protes datang dari tuan rumah, merasa hanya ada minimal kontak antara kedua pemain, dengan si pemain Swiss itu sepertinya menempatkan diri di depan kaki sang pemain Korea.

Tetapi setelah tertunda cukup lama dan tidak ada perintah dari pihak asisten VAR untuk melakukan pengecekan ulang ke layar monitor di sisi lapangan, hukuman penalti tetap berlaku dan Callum Wilson mencetak gol keduanya.

Hwang Hee-chan dan Fabian Schar beradu kaki

Hwang Hee-chan kemudian mencetak gol kedua Wolves pada menit 71 yang menyamakan skor dengan cara yang sensasional dan disambut sorakan meriah tuan rumah. Skor sama kuat 2-2 bertahan sampai akhir dan kedua tim kehilangan dua poin.

Bukan Kasus Pertama Wasit Liga Inggris Kena Degradasi

Hukuman keras dari bos organisasi wasit PGMOL Howard Webb bukan sekali ini saja terjadi. Masih ingat kasus gol Luis Diaz ke gawang Tottenham Hotspur yang dibatalkan wasit seolah-olah akibat offside?

Wasit yang memimpin laga itu Adrian Holmes diperintahkan untuk turun ke divisi kedua dan memimpin laga Millwall vs Hull City pada 7 Oktober kemarin.

Antony Taylor akan menjadi pengadil untuk laga Preston North End vs Coventry City akhir pekan ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!