Timnas Indonesia Panggil 27 Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Tetap Minus Stefano Lilipaly

Gila Bola – Timnas Indonesia panggil 27 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Satu hal yang mengejutkan, pelatih Shin Tae-yong tetap tak memanggil andalan Borneo FC, Stefano Lilipaly.

Untuk putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, Timnas Indonesia akan bertanding melawan Irak di Stadion Internasional Basra pada 16 November, lalu bermain di markas Filipina pada 21 November 2023.

Namun dalam daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong tak ada nama Lilipaly yang sebelumnya juga diabaikan pelatih asal Korea Selatan itu. Padahal, saat ini Lilipaly sedamg bagus-bagusnya, di mana ia sudah bukukan sembilan gol dan delapan assist untuk klubnya di Liga 1 Indonesia sejauh musim ini.

Bukan itu saja, pemain 33 tahun itu juga sudah dua kali menyabet penghargaan Man of the Match di Liga 1 Indonesia pada bulan Juli dan September 2023.

Shin Tae-yong terakhir kali memanggil Lilipaly ke Timnas Indonesia, saat skuad Garuda lakukan uji coba melawan Turkmenistan di mana mantan penggawa Bali United itu menyuplai satu assist.

Sudah Absen Sejak Timnas Indonesia Bertemu Brunei

Namun, ia absen saat Indonesia hadapi Brunei Darussalam pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pelatih 53 tahun itupun sempat ungkap alasan mengapa ia mencoret nama Lilipaly, yakni karena gaya permainannya tak sesuai dengan filosofi mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Hal mengejutkan lainnya, Shin Tae-yong memanggil Yakob Sayuri yang saat ini tengah absen di klubnya, PSM Makassar, karena masih lakukan pemulihan cedera – yang telah membuatnya absen di ajang liga sejak akhir bulan Agustus.

Menurut situs resmi PSSI, untuk dua laga ini Shin Tae-yong juga tak memanggil Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan karena masih cedera.

Shin Tae-yong Panggil Sejumlah Nama yang Tak Asing Lagi

Sementara kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi, kembali dipanggil setelah absen lama akibat cedera. Selain itu, dipanggil pula bintang Borneo FC, Adam Alis, dan Andy Setyo dari Persikabo 1973.

Shin Tae-yong juga kembali memanggil para pemain yang merumput di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim FC), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), Rafael Struick (ADO Den Haag) dan Elkan Baggott (Ipswich Town).

Sejauh ini, Persib Bandung menjadi klub yang paling banyak mengirimkan pemainnya, yakni tiga pemain; Marc Klok, Edo Febriansah dan Rachmat Irianto. Lalu diikuti Borneo FC, Dewa United, Persis, Persija Jakarta dan Persikabo yang masing-masing menyumbang dua pemain.

Rencananya, para pemain tersebut akan berkumpul di Jakarta pada 11 November, lalu berangkat ke Irak pada malam harinya.

Berikut ini daftar 27 pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina:

Penjaga Gawang

  1. Nadeo Arga Winata – Borneo FC
  2. Muhamad Riyandi – Persis Solo
  3. Ernando Ari – Persebaya Surabaya

Pemain Belakang

  1. Andy Setyo – Persikabo
  2. Edo Febriansah – Persib Bandung
  3. Wahyu Prasetyo – PSIS Semarang
  4. Rizky Ridho – Persija Jakarta
  5. Jordi Amat – Johor Darul Tazim FC
  6. Elkan Baggott – Ipswich Town
  7. Sandy Walsh – KV Mechelen
  8. Shayne Pattynama – Viking FK
  9. Asnawi Mangkualam – Jeonnam Dragons
  10. Pratama Arhan – Tokyo Verdy

Pemain Tengah

  1. Saddil Ramdani – Sabah FC
  2. Marc Klok – Persib Bandung
  3. Rachmat Irianto – Persib Bandung
  4. Ricky Kambuaya – Dewa United
  5. Witan Sulaeman – Persija Jakarta
  6. Egy Maulana – Dewa United
  7. Adam Alis – Borneo FC
  8. Arkhan Fikri – Arema FC
  9. Yakob Sayuri – PSM Makassar

Pemain Depan

  1. Hokky Caraka – PSS Sleman
  2. Ramadhan Sananta – Persis Solo
  3. Dendy Sulistyawan – Bhayangkara Presisi FC
  4. Dimas Drajad – Persikabo
  5. Rafael Struick – ADO Den Haag
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!