Declan Rice Kekurangan Dua Kualitas Ini, Dianggap Bukan Gelandang Kelas Dunia

Gila BolaDeclan Rice yang selalu diagung-agungkan West Ham United sebagai pemain seharga Rp 2 Trilyun mendapatkan kritikan keras dari mantan Liverpool yang dikenal bermulut pedas, Graeme Souness.

Menurut legenda The Reds itu, pemain internasional Inggris itu hanya memiliki satu dari tiga kualitas yang harus dimiliki oleh seorang gelandang kelas dunia, menyinggungnya bisa berakhir sebagai seorang bek.

Declan Rice sebenarnya telah berkembang menjadi salah satu pemain terpenting bagi tim West Ham United dan merupakan salah satu yang terbaik di posisinya di Premier League, tapi Graeme Souness tidak benar-benar sepakat dengan pendapat umum.

Tiga Kualitas

Menurut Graeme Souness, seorang gelandang ideal yang bisa pantas disebut sebagai gelandang kelas dunia harus memiliki setidaknya tiga kualitas, kreatif menciptakan peluang, cukup tajam untuk mencetak gol, dan memiliki kinerja defensif yang mumpuni.

Namun, menurutnya, Declan Rice hanya memiliki salah satu dari tiga kualitas tersebut yaitu dalam aspek pertahanan, mengatakan dalam kolomnya di Daily Mail, “Menilai dia dari aspek pertahanan saja dan Anda harus mengatakan dia yang terbaik di negara ini dalam posisi itu.”

Graeme Souness, bagaimanapun, memberikan pujian besar pada kemampuan defensif gelandang berusia 24 tahun itu, mengatakan bahwa dia mobile dan atletis yang membuatnya mampu mengkaver lini tengah dengan sangat baik dan memadamkan banyak bahaya sebelum menjadi masalah besar bagi West Ham.

Cocok Jadi Bek Tengah

Dalam pernyataannya lebih lanjut, diberitakan dari Daily Mail, Graeme Sounes mengatakan bahwa Declan Rice mungkin akan berakhir sebagai seorang bek tengah karena keunggulan defensifnya ketimbang kreativitas dan ketajamannya untuk gol.

Menurutnya, kapten West Ham United itu bisa fantastis bermain di pertahanan karena akan dapat mencegah bola berbahaya yang dilayangkan ke striker lawan, dan bahkan menilainya sebagai 10 dari nilai 10 sebagai bek tengah.

Hanya saja, sekali lagi, Graeme Souness mengklaim bahwa dari segi dua kualitas lain, yaitu menciptakan peluang dan mencetak gol, maka bisa dibilang bahwa Declan Rice agak cukup lemah.

Transfer Potensial Musim Panas

Kontrak Declan Rice di Stadion London akan berakhir pada 2024 mendatang dan ada pertanyaan besar atas masa depannya di klub karena dia dirumorkan tidak ingin memperbarui kontraknya di klub.

Ada banyak klub yang telah dikaitkan dengan minat pada gelandang berusia 24 tahun itu terutama klub-klub top Premier League seperti Arsena, Chelsea, dan Manchester United. Real Madrid juga sempat dikaitkan dengan jasanya.

Terlepas dari pengakuan David Moyes bahwa kapten timnya bisa menelan harga setidaknya Rp 2 Trilyun, tapi dengan kontraknya yang akan berakhir membuat dia mungkin akan tersedia dengan harga hanya sekitar Rp 1,3 Trilyun.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!