Derby Manchester, Begini Perbandingan Lemari Trofi Setan Merah vs The Citizens

Gila Bola – Derby Manchester akan memanaskan sepak bola Eropa pada akhir pekan ini saat Manchester United menjamu rival sekota mereka Manchester City di laga lanjutan Liga Inggris pada Minggu (29/10) malam WIB di Old Trafford.

Tentu saja United dalam sejarah adalah klub yang lebih besar, namun dalam satu dekade terakhir, City telah membuat Manchester berubah menjadi biru laut berkat kesuksesan mereka yang luar biasa.

Sekarang mereka akan memperbarui persaingan mereka saat Manchester City akan berusaha memangkas jarak dengan puncak klasemen liga, sementara Manchester United ingin mendekat ke papan atas klasemen.

Dan menjelang pertandingan derby nanti malam, berikut kami sajikan perbandingan rekor head to head lemari trofi di antara kedua tim dengan The Citizens semakin mendekati perolehan trofi rival sekota mereka.

  • Premier League. Manchester United jelas masih menjadi klub tersukses di liga domestik dengan 20 gelar, 13 di antaranya adalah era Premier League sejak dimulai pada 1992. Sementara Manchester City sekarang sudah memenangkan sembilan trofi termasuk hattrick dalam tiga musim terakhir.
  • Liga Champions. Manchester United sejauh ini telah memenangkan tiga trofi Liga Champions, terakhir pada 2008 lalu. Manchester City, di sisi lain, akhirnya mengakhiri penantian trofi antarklub terelit Eropa pertama mereka setelah memenangkannya tahun ini.
  • Piala FA. Manchester United mengoleksi 12 trofi Piala FA, tapi terakhir kali mereka memenangkannya pada 2016. Manchester City semakin mendekat dengan tujuh trofi termasuk tahun ini.
  • Piala Liga. Dalam hal ini, Manchester City mengungguli rival sekota mereka dengan delapan trofi, empat dimenangkan di era Pep Guardiola. Manchester United hanya memiliki enam trofi.
  • Community Shield. Manchester United sangat sukses di turnamen ini dengan 21 trofi, terbanyak dari klub manapun, tapi terakhir kali memenangkannya pada 2017. Manchester City menang enam kali, dua di antaranya di era Pep Guardiola.
  • Piala Super Eropa. Meski sudah tiga kali jadi juara Liga Champions, Manchester United baru sekali juara Piala Super Eropa pada 1992, setara dengan Manchester City.
  • Piala Dunia Antarklub. Sama, dalam hal Piala Dunia Antarklub, Manchester United juga baru menang sekali pada 2008/2009, sementara Manchester City belum memainkannya yang baru akan dimulai pada Desember 2023.
  • Trofi Lain. Selain deretan trofi di atas, Manchester United memenangkan satu Liga Europa, satu Piala Winners, satu Piala Internkontnental, dan dua divisi dua Liga Inggris. Sementara Manchester City tujuh kali juara divisi dua Liga Inggris dan satu Piala Winners.

Sementara itu, dalam hal head to head, Manchester United masih unggul dengan 78 kemenangan sejak pertemuan pertama pada 1891, sementara Manchester City menang 59 kali dan ada 53 hasil imbang.

Menariknya bahwa Manchester City sebelumnya pernah berganti-ganti nama. Dalam pertemuan pertama mereka pada 1891, nama mereka adalah Ardwick, dan kemudian ganti menjadi Newton Heath sebelum ganti lagi menjadi nama seperti sekarang ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!