Dosa Terbesar Mikel Arteta, Menipu Bekas Bosnya Sendiri di Liga Inggris

Gila Bola – Entah apakah ada hubungannya dengan kemenangan Arsenal atas Manchester City, namun Mikel Arteta menjaga kesan bahwa ia akan memainkan bintang kesayangannya saat laga bigmatch, akhir pekan kemarin.

Sampai dengan satu jam sebelum laga di Emirates pada Minggu malam (8/10) itu dimulai, masih ada kesan kuat bahwa sang pelatih the Gunners akan menurunkan Bukayo Saka, pemain yang sudah dipaksanya kerja rodi selama 87 pertandingan terus menerus tanpa henti.

Nanti satu jam sebelum pertandingan dimulai terlihat bahwa Arsenal memainkan trio pemain depan Gabriel Jesus, Eddie Nketiah dan Leandro Trossard. Saat itulah Pep sudah tahu bahwa ia dikadalin bekas asistennya itu.

Kesan Itu Mungkin Mengecoh Taktik Permainan Man City

Bahwa Bukayo Saka terkesan masih akan dimainkan oleh tim merah kota London, bahkan setelah ia jelas-jelas mengalami cedera kontra Lens di laga tengah minggu Liga Champions, mungkin menyebabkan Pep Guardiola menyusun taktik permainan yang salah.

Terbukti tidak ada gol dari Erling Haaland dan rekan-rekannya, dengan pemain Norwegia itu dikawal ketat oleh William Saliba, yang tidak membiarkan bekas pemain Dortmund itu menyentuh dan mengendalikan bola.

Hanya ada satu shot on goal oleh pasukan tim biru langit selama 90 menit. Bahkan jika laga itu sendiri usai imbang pun, itu merupakan sebuah prestasi gemilang dari Arteta terhadap bekas bosnya di the Skyblues itu.

Arsenal Berhasil Akhiri Rangkaian Kemenangan City di Emirates

Gol Gabriel Martinelli selang tiga menit sebelum penutupan pertandingan merupakan satu-satunya gol yang terjadi pada Minggu malam itu di Emirates.

Kemenangan satu gol itu sekaligus mengakhiri kejayaan tim biru langit di Emirates Stadium. Sudah 12 pertandingan Premier League berlalu di stadion kandang tim merah itu, tanpa satu kali pun kemenangan bagi tuan rumah.

Sudah enam tahun berlalu para pendukung Arsenal dipaksa melihat City selalu menang di London, termasuk kemenangan 3-1 pada akhir musim 2022/23 lalu yang memastikan Pep Guardiola menyalip bekas asistennya itu untuk merebut trofi juara.

Bukayo Saka Sudah Seperti Budaknya Arteta

Meskipun dibayar miliaran rupiah setiap pekan, namun jangan lupa untuk melihat data bahwa Bukayo Saka tidak pernah istirahat bagi skuad Mikel Arteta itu. Sebanyak 10 dari 12 pertandingan sejauh awal musim 2023/24 ini dimainkannya bagi Arsenal.

Musim 2022/23 lalu, Saka turun dalam 40 pertandingan di semua kompetisi sebagai starter, dan hanya enam kali sebagai pemain cadangan.

Musim sebelumnya lagi 2021/22, 39 kali diturunkan sebagai starter dan hanya tiga kali sebagai pemain pelapis. Tidak heran jika ia akhirnya cedera.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!