Gara-gara Piala Afrika 2024, Liga Inggris Habis Ditinggal Pemainnya Pulang Kampung

Gila Bola – Piala Afrika 2024 yang akan digelar pada awal tahun ternyata berdampak besar pada hampir semua tim Liga Inggris, hampir semua terdampak termasuk Manchester United, Liverpool dan Arsenal.

Liverpool bakal ditinggal pergi Mohamed Salah, Manchester United bakal kehilangan Andre Onana dan Nottingham Forest bahkan bakal ditinggal hingga enam pemainnya selama gelaran Piala Afrika berlangsung!

Piala Afrika edisi ke-34 akan digelar mulai 13 Januari hingga 11 Februari 2024, tepat saat Liga Inggris sedang padat-padatnya jadwalnya, dan ini pasti membuat pusing para pelatih.

Terlebih lagi tim yang saat ini sedang dilanda badai cedera, dan kini harus ditinggal pemain mereka yang tersisa demi bela negara.

Kami di Gilabola.com telah membuat daftar siapa saja pemain Premier League yang akan berangkat ke ajang paling bergengsi di benua Afrika ini dan apa dampaknya bagi klub yang mereka tinggalkan. Simak terus yah!

Arsenal

The Gunners mungkin akan kehilangan dua gelandang, meskipun seharusnya tidak terlalu memengaruhi opsi pemain bagi Mikel Arteta karena Thomas Partey (Ghana) juga tengah cedera.

Sementara itu, Mohamed Elneny (Mesir) merupakan pemain cadangan untuk Arsenal dan juga mengalami sejumlah masalah cedera. Arsenal tampaknya masih aman, tak terlalu terdampak.

Aston Villa

Bertrand Traore selama ini juga jarang dimainkan di Aston Villa musim ini, jadi tidak akan menjadi masalah jika ia pulang kampung membela Burkina Faso di AFCON.

Bournemouth

Bournemouth bakal ditinggal pergi tiga pemainnya gara-gara AFCON. Antoine Semenyo, yang selalu dimainkan di Premier League, Dango Ouattara dari Burkina Faso juga merupakan skuad inti dan Hamed Traore selama ini hanya menjadi pemain cadangan.

Dan masalahnya ada beberapa pertandingan berat bagi Bournemouth selama periode ini, termasuk melawan Liverpool di kandang.

Brentford

Bryan Mbeumo dipastikan tidak akan dapat mewakili Kamerun karena masih cedera pergelangan kaki dan masih akan absen selama tiga bulan.

Brentford kemungkinan akan ditinggal oleh Yoane Wissa dan Frank Onyeka karena keduanya akan dipanggil oleh timnas Republik Demokratik Kongo dan Nigeria, dan ini bakal buat Thomas Frank pusing.

Di saat yang sama dengan turnamen tersebut, Brentford akan bertanding melawan tim-tim papan atas seperti Tottenham dan Manchester City.

Brighton

Tariq Lamptey sedang berjuang dengan cedera, jadi masih harus dilihat apakah dia akan dipanggil oleh timnas Ghana.

Brighton akan ditinggal oleh Simon Adingra dari Pantai Gading yang merupakan sebagian dari pemain andalan mereka, dan ini akan cukup mengkhawatirkan. Sementara itu Carlos Baleba juga mungkin absen bersama pemain jebolan akademi, Samy Chouchane.

Burnley

Burnley seharusnya tidak terlalu terpengaruh oleh Piala Afrika, meskipun ada kemungkinan Anass Zaroury dapat dipanggil ke skuad Maroko.

Lyle Foster masuk dalam skuad preliminer Afrika Selatan untuk turnamen tersebut. Namun, manajer Burnley, Vincent Kompany, telah memastikan Foster tidak akan pulang kampung.

Foster sempat menghilang dari skuad Burnley untuk menjalani perawatan khusus terhadap kesehatan mentalnya, dan telah kembali bermain melawan Everton pekan lalu.

Chelsea

Nicolas Jackson yang kini menjadi penyerang utama untuk Chelsea, akan mewakili Senegal di Piala Afrika. Sebagai hasilnya, Armando Broja yang akan mengambil alih posisinya dan mau tak mau ia harus meningkatkan performanya, kecuali Chelsea memutuskan merekrut penyerang lain.

Kabar buruknya, Jackson bisa melewatkan sejumlah pertandingan penting, termasuk lawatan Chelsea ke markas Liverpool pada akhir Januari nanti.

Crystal Palace

Jordan Ayew masih menjadi bagian penting bagi timnas Ghana, pemain yang masih berusia 22 tahun ini telah memiliki 90 caps bersama tim nasional. Dia tampaknya akan absen pada beberapa pertandingan penting bagi Palace seperti saat melawan Arsenal dan Chelsea.

Cheick Doucoure seharusnya mewakili timnas Mali tetapi akan absen dalam waktu yang lama akibat cedera achilles yang robek.

Sementara Jeffrey Schlupp yang memiliki 20 caps untuk Ghana, tampaknya tidak akan dipanggil oleh timnas negaranya, terakhir kali ia dipanggil tahun 2021.

Everton

Abdoulaye Doucoure bisa dipanggil untuk memperkuat skuad Mali, tetapi hingga kini sebenarya baru tampil dua kali membela negaranya.

Sebaliknya, Idrissa Gueye adalah tokoh kunci bagi timnas Senegal dan pemegang rekor penampilan terbanyak untuk negaranya dengan lebih dari 100 caps.

Everton akan menghadapi jadwal yang menantang selama periode ini, termasuk melawan Tottenham di kandang dan Manchester City tandang.

Fulham

Fulham kemungkinan akan terpengaruh oleh absennya duo pemain Nigeria, Alex Iwobi dan Calvin Bassey. Mereka kemungkinan besar akan absen saat Fulham akan bertandang ke markas Chelsea.

Fode Ballo-Toure juga tampaknya akan dipanggil oleh timnas Senegal, tetapi keterlibatan bek kiri ini belum tampak terlalu signifikan bagi Fulham.

Luton Town

Luton kemungkinan akan ditinggal oleh Pelly Ruddock Mpanzu, yang tampaknya akan dipanggil ke skuad Republik Demokratik Kongo. Kemungkinan Issa Kabore juga akan akan dipanggil untuk membela timnas Burkina Faso.

Tapi setidaknya masih ada Marvelous Nakamba, karena Zimbabwe tidak ikut dalam turnamen tersebut.

Manchester City

Skuat Pep Guardiola sama sekali tidak akan terpengaruh oleh turnamen ini dan sebagian besar skuad mereka tersedia untuk membantu mereka membangun momentum di awal tahun.

Manchester United

Meskipun Andre Onana belum begitu bersinar sejak bergabung dengan Manchester United, absennya kiper pilihan pertama masih akan menjadi masalah bagi Erik ten Hag jika dia dipanggil oleh timnas Kamerun.

Gelandang Sofyan Amrabat juga kemungkinan akan absen untuk membela Maroko dan bintang muda Hannibal Mejbri mungkin juga bisa dipanggil. Jadwal United selama Piala Afrika termasuk tandang ke markas Tottenham Hotspur.

Sementara itu Amad Diallo tampaknya tidak akan dipanggil oleh timnas Pantai Gading karena masih mengalami cedera lutut.

Newcastle United

Newcastle yang skuadnya cukup tipis musim ini patut bersyukur tidak ada pemainnya yang terlibat di Piala Afrika, Eddie bisa bernafas lega.

Nottingham Forest

Dari semua tim di Premier League, tampaknya Nottingham Forest yang paling apes karena banyak pemainnya yang akan pulang kampung membela negaranya di AFCON.

Hanya striker asal Nigeria, Taiwo Awoniyi, yang kemungkinan besar tidak akan pulang tapi itupun karena ia cedera, dan itu berarti Forest bisa kehilangan enam pemain.

Serge Aurier, Willy Boly, dan Ibrahim Sangare semua pulang karena akan mewakili Pantai Gading, sementara Cheikhou Kouyate dan Moussa Niakhate akan membela timnas Senegal, dan Ola Aina bersama timnas Nigeria.

Dan yang paling mengkhawatirkan, di periode Piala Afrika tersebut, Forest akan menghadapi Arsenal dan Newcastle.

Sheffield United

Sheffield United akan ditinggal oleh Anis Ben-Slimane dan Ismaila Coulibaly, sementara Yasser Larouci baru-baru ini juga telah melakukan debutnya untuk timnas Aljazair.

Benie Traore sebenarnya telah bermain untuk timnas Pantai Gading U23 tetapi sejauh ini belum mewakili negaranya di level senior.

Tottenham Hotspur

Manajer Tottenham, Ange Postecoglou akan kehilangan Yves Bissouma yang mewakili timnas Mali, sementara Pape Matar Sarr bisa bersama Senegal. Tottenham akan menghadapi Manchester United di Old Trafford saat Piala Afrika berlangsung.

West Ham United

Piala Afrika bisa menimbulkan masalah besar bagi West Ham pada Januari, terutama karena Mohammed Kudus kemungkinan besar akan absen.

Nayef Aguerd dan Said Benrahma juga akan pulang, dan ada kemungkinan Maxwel Cornet, yang belum banyak bermain untuk West Ham musim ini, juga bisa dipanggil oleh timnas Pantai Gading.

Dan kabar buruknya, West Ham akan menghadapi Manchester United dan Arsenal selama Piala Afrika.

Wolves

Wolves akan ditinggal oleh pemain Aljazair Rayan Ait-Nouri, sementara Boubacar Traore bisa dipanggil oleh skuad Mali. Manchester United dan Chelsea menjadi lawan Wolves selama periode ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!