Hasil Brighton vs Chelsea 1-2: Cole Palmer dan Nkunku Cetak Gol, Reece James Kartu Merah

Hasil pertandingan antara Brighton vs Chelsea di pekan ke-37 Liga Inggris ditutup dengan skor akhir 1-2, gol dari Cole Palmer dan Christopher Nkunku antar The Blues selangkah menuju Liga Europa.

Brighton, yang entah mengapa tampak sangat berapi-api di laga ini, memulai pertandingan dengan baik. Mereka beberapa kali mengancam gawang Chelsea di awal laga, dengan tembakan Đorđe Petrović nyaris bersarang ke gawang.

Namun Chelsea berhasil menenangkan diri setelah awal laga yang sedikit kacau. Mereka sempat mendapatkan hadiah penalti ketika Diego Buonanotte melanggar Marc Cucurella di kotak penalti. Tetapi VAR membatalkan keputusan tersebut, tayangan ulang menunjukkan Buonanotte hanya menyentuh bola terlebih dahulu dengan kakinya.

“Keberuntungan” Brighton terkait VAR berlanjut ketika Tariq Lamptey lolos dari hukuman setelah melanggar Mykhailo Mudryk secara brutal (yang harus keluar lapangan karena gegar otak). Bahkan gol Nicolas Jackson dianulir karena dianggap mendorong Lamptey.

Syukurlah, Cole Palmer mampu mencetak gol sundulan indah dari umpan silang Cucurella pada menit ke-30 untuk membawa Chelsea unggul memasuki babak pertama.

Babak kedua semakin dramatis, kali ini tanpa campur tangan VAR. Kedua tim saling buang-buang peluang emas: Joao Pedro dan Gross di satu sisi, Palmer dan Jackson di sisi lain.

Dominasi awal Chelsea mulai memudar sekitar menit ke-60, saat Brighton mulai menekan lebih tinggi. Namun Chelsea berhasil memanfaatkan serangan balik dengan sempurna. Gusto memberikan umpan terobosan kepada Nkunku di titik penalti, dan pemain pengganti tersebut tanpa kesulitan menceploskan bola untuk menggandakan keunggulan.

Tepat ketika Chelsea mengira akan meraih kemenangan tanpa kontroversi wasit lagi, kiper Brighton luput dari kartu merah setelah melanggar Jackson yang sedang melakukan serangan.

VAR kemudian malah mengusir James dari lapangan karena menjatuhkan Joao Pedro, yang sebelumnya telah menjatuhkan James dari belakang. Sikap James kekanak-kanakan, tapi tidak berbahaya, apalagi dibandingkan dengan pelanggaran Lamptey terhadap Mudryk di babak pertama yang bahkan tidak ditinjau.

Dengan tambahan waktu 10 menit dan bermain dengan 10 pemain, Brighton akhirnya bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Danny Welbeck kembali mencetak gol ke gawang Chelsea.

Chelsea mampu bertahan dengan beberapa kali penyelamatan penting dan mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 1-2 dan peringkat keenam klasemen Liga Inggris.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!