Hasil Leeds vs Manchester United, Gol ke-12 Rashford Pastikan Setan Merah Duduki Ranking Dua!

Gila BolaManchester United naik ke ranking kedua klasemen sementara Liga Inggris dengan 46 poin pada Minggu malam (12/2), usai menang di kandang Leeds United  berkat gol Marcus Rashford dan Alejandro Garnacho.

Pertandingan di Elland Road ini seolah-olah akan usai dengan hasil imbang setelah tuan rumah berhasil menahan skor tanpa gol sampai dengan menit 79, sebelum satu umpan panjang Luke Shaw dikejar oleh Rashford dan berhasil diselesaikan ke gawang Illan Meslier. Itu merupakan gol ke-12 sang penyerang Inggris musim ini di Premier League, gol ke-20 di semua kompetisi.

Saat the Whites berusaha mencari gol penyama kedudukan, pemain pengganti Garnacho yang baru masuk menit 61 melesakkan gol kedua yang memastikan kemenangan Setan Merah.

Sebenarnya ada dua gol lagi terjadi oleh Rashford menit 90 dan Wout Weghorst menit 93, namun keduanya dibatalkan wasit dengan alasan offside.

Posisi kedua ini akan bertahan sampai beberapa jam lagi, menunggu hasil pertandingan Manchester City vs Aston Villa yang akan dimulai di Etihad beberapa saat lagi, Minggu malam.

Setan Merah Unggul Dominasi Bola, Tapi Kalah Agresif 

Leeds tidak menampakkan diri sebagai tim yang baru saja ditinggal manajernya yang kena pecat, Jesse Marsch. Data pertandingan memperlihatkan mereka mempersiapkan diri dengan baik untuk laga melawan rival beratnya di masa lampau ini.

Coba kita lihat saja data pertandingan babak pertama, yang didominasi Setan Merah sampai 69 persen, tetapi kedua tim sama-sama memiliki dua serangan tepat sasaran.

Demikian juga data babak kedua memperlihatkan skuad Bruno Fernandes dan kawan-kawan memiliki sampai 67% dominasi bola, namun mereka malah kalah jumlah tembakan tepat sasaran empat berbanding dua.

Beruntung dua serangan on target yang dilepaskan anak-anak Erik ten Hag selama paruh kedua sangat efisien dan mencapai target melalui Rashford menit 80 dan Garnacho menit 85.

Posisi Klasemen Manchester United

Kini pasukan Erik ten Hag memiliki 46 poin dari seharusnya 48 poin, kalau saja mereka menang laga tiga hari lalu di Old Trafford, yang berakhir 2-2.

Dengan 46 poin maka Setan Merah menduduki posisi kedua, satu poin di atas tetangga mereka Manchester City, yang tengah berada dalam ancaman sanksi akibat berbagai pelanggaran FFP (financial fair play).

Leeds sementara itu mengoleksi 29 poin total dan menduduki posisi 17 klasemen sementara Liga Inggris, satu posisi di atas zona degradasi.

Permusuhan Leeds vs Manchester United

Permusuhan sudah tidak sesengit dulu. Terutama karena Leeds United terdegradasi berkali-kali. Terakhir kali the White terdegradasi dari divisi Premier League pada tahun 2004 membuat absen pertarungan kedua tim selama bertahun-tahun, dan itu membantu menolong mendinginkan rivalitas keduanya.

Leeds kembali ke divisi teratas sepak bola Inggris, Premier League pada 2020. Pertemuan pertama setelah 17 tahun, berakhir dengan skor 6-2 di Old Trafford, memperlihatkan kesenjangan kualitas kedua tim. Namun laga kedua di Elland Road, kandang Leeds musim 2020/21 itu usai dengan skor 0-0.

Musim selanjutnya 2021/22, Manchester United vs Leeds menjadi laga pembuka musim dan Setan Merah memastikan kemenangan 5-1 atas the Whites. Laga kedua di Elland Road musim itu, Februari 2022, berakhir dengan keunggulan Red Devils 2-4.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!