Hasil Manchester City vs Aston Villa, Kembali Menang Setelah Haaland Penyedia Assist

Gila BolaManchester City hanya izinkan tetangganya Manchester United untuk kuasai posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris selama beberapa jam saja. Erling Haaland dan kawan-kawan kembali menjadi runner-up usai menang atas Aston Villa, Senin dinihari (13/2).

Rodri menjebol gawang Emiliano Martinez dalam waktu kurang dari empat menit sejak laga dimulai di Etihad Stadium, sebelum Ilkay Gundogan menyepak assist dari Haaland pada menit 39 dan selang 6 menit kemudian Riyad Mahrez menipu kiper Argentina itu untuk menjadikan keunggulan tiga gol.

Pergantian pemain pada awal babak kedua rupanya melemahkan pertahanan City dengan Ollie Watkins menipiskan jarak menjadi 3-1 saat pertandingan masih menyisakan 30 menit lagi.

Sebagai hasilnya, Manchester City mengambil alih posisi kedua klasemen Liga Inggris yang sempat dikuasai Setan Merah selama beberapa jam usai kemenangan dua gol mereka di kandang Leeds United, Minggu malam (12/2).

Riyad Mahrez Eksekutor Penalti, Bukan Haaland

Sang bintang Norwegia itu seharusnya menjadi pengambil penalti tim, tetapi membiarkan Riyad Mahrez mengeksekusi penalti pada masa injury time akhir babak pertama, yang menjadi gol ketiga City.

Tidak ada kesempatan lagi bagi Haaland mencetak gol karena ia kemudian ditarik keluar pada awal paruh kedua permainan Liga Inggris, dalam apa yang terlihat sebagai keputusan taktis guna menghemat tenaganya menjelang bigmatch sangat penting menghadapi Arsenal tiga hari lagi, Kamis dinihari (16/2).

Selain Haaland yang posisinya digantikan oleh Julian Alvarez, juga ditarik keluar bek tengah Ruben Diaz yang harus merelakan Manuel Akanji mengisi posisinya. Diaz terlihat belum bugar benar usai cedera selama satu bulan sampai pekan ketiga Januari 2023, lalu duduk sebagai cadangan dalam tiga pertandingan terakhir.

Manchester City Pasang 3 Bek Tengah

Ada perubahan mencolok untuk formasi dan juga strategi permainan Manchester City usai dua kekalahan sebelum ini, 2-1 di Old Trafford pada 14 Januari lalu dan 1-0 di Tottenham Hotspur terakhir kali.

Pep Guardiola memasang tiga bek tengah dalam formasi 3-2-4-1 dengan Aymeric Laporte, Ruben Diaz dan Kyle Walker berjajar di depan Ederson. Ini berbeda dengan formasi 4-4-2 yang dipasang saat tandang ke Spurs terakhir kali, atau 4-3-3 saat kalah di stadion tetangganya yang berwarna merah itu.

Terbukti posisi tiga bek tengah sudah cukup kuat dan mengizinkan dua gelandang bertahan Ilkay Gundogan dan Rodri untuk menjelajah sampai ke depan gawang lawan, serta menyumbangkan gol-gol bagi timnya usai menjadi faktor kejutan bagi lini belakang Aston Villa.

Manchester City Kini Mendengus 3 Poin di Belakang Arsenal

Sebagai hasil dari tiga poin ini maka selisih the Cityzens dan the Gunners hanya berjarak 3 poin saja menjelang pertemuan kedua tim selang tiga hari lagi di Emirates Stadium di London.

Inilah jarak paling dekat antara Manchester City dan Arsenal selama beberapa pekan terakhir. Sebuah kemenangan bagi tim biru langit akan membuat perolehan nilai kedua tim sama banyak (51) dan membuka lebar perburuan gelar Liga Inggris sampai akhir musim.

Skor masih terjaga 3-1 saat berita ini diunggah 9 menit sebelum pertandingan di Etihad ini berakhir, dengan satu pergantian lagi sempat dilakukan menit 69, yakni memasukkan Phil Foden guna mengisi posisi Jack Grealish. Kecil kemungkinan skor pertandingan lawan Aston Villa ini akan berubah lagi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!