Liverpool Menang Besar Atas The Magpies, Mohamed Salah 150 Gol!

Hasil Liverpool vs Newcastle United di pekan ke-20 Liga Inggris verakhir dengan skor akhir 4-2, empat gol dari Mohamed Salah, Curtis Jones dan Cody Gakpo mantapkan posisi The Reds di puncak klasemen.

Liverpool berhasil mengalahkan Newcastle United dengan skor 4-2 di pekan ke-20 Liga Inggris pada hari Selasa (2/1/2024) dinihari, keempat gol kemenangan dicetak oleh Mohamed Salah (49′ dan penalti 86′ ), Curtis Jones (74′) dan Cody Gakpo (78′). Dua gol balasan tim tamu dicetak oleh Alexander Isak (54′) dan Sven Botman (81′).

Kemenangan ini memantapkan posisi skuad asuhan Jurgen Klopp di puncak klasemen Premier League dengan 45 poin, menjauh tiga poin dari Aston Villa di posisi kedua dengan 42 poin dan lima poin dari Manchester City dan Arsenal.

Buang Dua Peluang Emas di Babak Pertama

Liverpool membuang peluang emas untuk unggul di paruh pertama pertandingan Premier League melawan Newcastle karena Mohamed Salah gagal mengeksekusi penalti sementara Trent Alexander-Arnold membuang peluangnya lewat tembakan dari hasil bola muntah penalti tersebut.

Kesempatan emas muncul setelah pertandingan berjalan 20 menit ketika Luis Diaz dijatuhkan di dalam kotak penalti akibat pelanggaran Sven Botman.

Beberapa pengamat merasa bahwa penalti yang diberikan terlalu dipaksakan, tayang ulangan menunjukkan bahwa hanya ada sedikit kontak pada pemain sayap asal Kolombia itu sebelum dia terjatuh.

Sayangnya bagi tim asuhan Jurgen Klopp, tendangan penalti oleh Mohamed Salah dapat digagalkan oleh kiper Martin Dubravka, ini menjadi kegagalan keempat dalam sepuluh percobaan terakhirnya.

Sementara itu, Trent Alexander-Arnold melewatkan peluangnya dengan melepaskan tembakan melambung tinggi di atas mistar dari jarak dekat.

Hujan Gol di Babak Kedua

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Memasuki paruh kedua, Mo Salah akhirnya mencetak gol pembuka Liverpool di tahun 2024 serta memberikan keunggulan 1-0 di menit ke-49.

Sempat ada dua gol dari Luis Diaz dan Dan Burn yang kedua golnya dianulir karena offside sebelum Salah membuka skor dengan menyelesaikan serangan balik melibatkan Darwin Nunez, Dominik Szoboszlai, dan Diaz.

Gol ini menjadi yang ke-150 bagi Salah dalam Liga Premier bersama Liverpool dan yang ke-152 secara keseluruhan dalam kompetisi ini, setelah sebelumnya mencetak dua gol dalam 13 pertandingan liga saat menjadi pemain Chelsea antara 2014 dan 2015.

Namun keunggulan itu tak berlangsung lama, Almiron masuk menggantikan Miley, sehingga Gordon beralih ke sisi kiri dan melewati Alexander-Arnold yang sedang melamun. Langsung, ia mengambil bola dan memberikan umpan indah ke Isak. Striker tersebut melepaskan tembakan melewati Alisson dan merubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Di menit ke-74 tuan rumah kembali unggul saat Salah bergerak ke kanan dan mengirim umpan brilian ke Diogo Jota yang kemudian menggulirkan bola ke Curtis Jones dan dilanjutkan dengan sundulan dari jarak yang sangat dekat, skor 2-1.

Hanya berselang empat menit kemudian skor berubah menjadi 3-1! Kali ini Cody Gakpo yang mencatatkan namanya di papan skor, tetapi ini semua berkat Salah. Dia mengambil bola di sebelah kanan dan memberikan umpan silang fantastis kepada Gakpo. Wasit semapt memeriksa VAR, tetapi semua pemain tetap berada di posisi onside.

Dan lagi-lagi hanya empat menit kemudian skor kembali berubah menjadi 3-2, Newcastle belum menyerah! Ini adalah salah satu pertandingan klasik terbaik yang pernah ada! Longstaff mengirimkan sepak pojok dan Botman melompat paling tinggi dan menyundul bola masuk gawang tuan rumah.

Satu menit kemudian di menit ke-85, sebuah penalti diberikan oleh wasit untuk Liverpool setelah Diogo Jota jatuh saat melewati Dubravka, sebenarnya hampir tidak ada kontak antara kedua pemain, tetapi wasit langsung menunjuk ke titik penalti. Ini pasti bisa bikin skandal! Mo Salah kembali menjadi eksekutor dan mengirim Dubravka ke arah yang salah merubah kedudukan menjadi 4-2, itu adalah skor final pertandingan ini.

Susunan Pemain Liverpool vs Newcastle United

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Gomez, Endo, Szoboszlai, Jones, Salah, Diaz, Nunez. Cadangan: Kelleher, Mac Allister, Gakpo, Elliott, Jota, Gravenberch, McConnell, Quansah, Bradley.

Newcastle: Dubravka, Livramento, Schar, Botman, Burn, Guimaraes, Miley, Longstaff, Gordon, Joelinton, Isak. Cadangan: Karius, Gillespie, Krafth, Dummett, Ritchie, Hall, Almiron, Murphy