Hasil Liverpool vs Brighton, Gol Luis Diaz dan Mo Salah Balikkan Keunggulan

Hasil pertandingan antara Liverpool vs Brighton di pekan ke-30 Liga Inggris 2023/2024 berakhir dengan skor 2-1 meski sempat tertinggal di awal pertandingan.

Liverpool sempat tertinggal terlebih dahulu dari Brighton saat pertandingan babak pertama baru berjalan dua menit oleh gol dari Danny Welbeck, namun Luis Diaz berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-27 yang merubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Dominasi penguasaan bola pasukan Jurgen Klopp berlanjut di babak kedua dan pada akhirnya di menit ke-65 Mohamed Salah mencetak gol yang membalikkan keunggulan bagi The Reds untuk mengantongi tiga poin penuh di Anfield.

Jalannya Pertandingan

Brighton mengawali laga dengan langsung mengejutkan tuan rumah Liverpool melalui gol Danny Welbeck saat pertandingan baru berjalan dua menit!

Berawal dari Estupinan yang bergegas masuk dari sayap kiri dan melepaskan bola ke tengah, di mana beberapa pemain Brighton berkumpul.

Bola berakhir di kaki Welbeck yang melepaskan serangan ke kiri gawang Kelleher dan bola sukses masuk ke gawang.

Klopp terlihat sangat marah di sisi lapangan saat ia mendesak para pemainnya untuk menunjukkan sedikit lebih banyak ketenangan dalam penguasaan bola.

Sementara De Zerbi tampak tersenyum puas, namun Liverpool musim ini telah dikenal sebagai rajanya comeback, dan mereka akan sekali lagi membuktikannya di pertandingan ini.

The Reds berusaha bangkit dan Mac Allister mengirimkan umpan kepada Mohamed Salah di sisi kanan dengan bola chip ke dalam kotak. Salah mencoba memancing kiper di tiang dekat, tetapi akhirnya ia mengirim bola ke rekannya. Liverpool terus menekan, dan Brighton mulai berhati-hati berusaha mencegah gol penyeimbang.

Dan datanglah Luis Diaz! Ia langsung menjawab panggilan tugasnya saat Liverpool berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-27!

Berawal dari sepak pojok, bola karambol terjadi di depan gawang Brighton, Veltman mencoba membersihkannya, tetapi malah membantunya ke arah kipernya sendiri.

Luis Diaz memanfaatkan dengan bergegas maju dan menusuknya ke kanan Verbruggen dan bola masuk merubah kedudukan menjadi 1-1!

Adringa melewatkan kesempatan emas untuk mencetak gol, setelah umpan silang dari sisi kiri, bola mengarah ke Adringa. Dia bergegas ke kotak penalti dan menembak ke gawang tetapi diblokir oleh Jarrel Quansah.

Luis Diaz sempat mengancam tak lama kemudian. Setelah menyapu sepak pojok Brighton, Salah menendang bola serangan balik ke arah Diaz yang berlari kencang.
Meskipun bek mengejarnya, Diaz melakukannya dengan baik untuk masuk ke setengah lapangan Brighton, tetapi sayangnya ia kehilangan bola pada saat-saat terakhir sebelum memasuki kotak.

Wasit meniup peluit mengakhiri babak pertama yang berakhir imbang 1-1. Setelah tertinggal satu gol di menit kedua, Liverpool tampil menyerang tanpa henti. Dengan 14 tembakan ke tiga Brighton, The Reds akan kecewa karena seharusnya bisa mencetak beberapa gol. Dan juga 57 persen penguasaan bola sepanjang paruh pertama tetapi sepertinya tidak bisa melewati pertahanan Brighton yang kompak dan terorganisir dengan baik.

Di babak kedua saat memasuki menit ke-65, gol yang dinantikan fans Anfield akhirnya datang juga! Mohamed Salah membuktikan dirinya sebagai penyelamat Liverpool saat ia menempatkan tim tuan rumah unggul 2-1!

Szoboszlai memulai serangan dengan umpan ke Mac Allister dari sisi kanan. Pemain Argentina itu segera melihat Salah yang bebas di dalam kotak penalti dengan umpan yang akurat. Salah menerima bola dengan kaki kirinya dan menendang bola melewati Verbruggen.

Tak lama setelah gol Salah, Baleba hampir mencetak gol bunuh diri! Szoboszlai mengambil kesempatannya dan Baleba berusaha untuk menghalaunya, ia menyundul bola tipis ke atas gawangnya sendiri.

Gol Luis Diaz dibatalkan wasit pada menit ke-71 karena offside! Sebuah kesalahan dari Welbeck memungkinkan Nunez untuk menguasai bola dan mengopernya ke Salah di sebelah kanan. Salah melihat Diaz di sebelah kirinya, dan tampaknya telah mengatur waktunya dengan tepat karena Diaz mampu melewati Verbruggen dan melesakkan bola ke dalam gawang.

Namun hakim garis menganggapnya offside, pemeriksaan VAR pun mengkonfirmasi keputusan tersebut. Skor 2-1 bertahan hinga pertandingan berakhir!

Susunan Pemain

Liverpool Starting XI: Caoimhin Kelleher (goalkeeper), Conor Bradley, Jarell Quansah, Virgil van Dijk (captain), Joe Gomez, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Dominik Szoboszlai, Mohamed Salah, Darwin Nunez, Luis Diaz.

Brighton Starting XI: Bart Verbruggen (goalkeeper), Jan Paul van Hecke, Lewis Dunk (captain), Joel Veltman, Pervis Estupinan, Pascal Gross, Carlos Baleba, Tariq Lamptey, Jakub Moder, Simon Adingra, Danny Welbeck.

 

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!