Jurgen Klopp Yakin Liverpool Bisa Bertahan Tanpa Mohamed Salah

Gilabola.com –┬áJurgen Klopp yakin Liverpool dapat tetap menjaga persaingan mereka dalam perburuan gelar Premier League meskipun tanpa kehadiran Mohamed Salah yang akan segera berangkat ke ajang Piala Afrika.

Mohamed Salah akan meninggalkan Liverpool dan bermain untuk timnas Mesir di kompetisi Piala Afrika usai Liverpool menjamu Newcastle di Premier League pada hari Senin depan.

Liverpool kini berada dua poin di atas Arsenal di puncak klasemen saat mereka berusaha mengejar gelar pertama sejak terakhir kali di tahun 2020.

The Reds juga akan menghadapi Arsenal di babak ketiga Piala FA dan Fulham di babak semifinal Piala Liga pada bulan Januari, yang berarti absennya Mo Salah tepat pada waktu yang buruk bagi mereka.

Salah adalah pencetak gol terbanyak Liverpool dengan 16 gol musim ini, dan kepergiannya ke Pantai Gading tempat kejuaraan Piala Afrika digelar, bisa terjadi selama lebih dari sebulan jika Mesir melangkah jauh dalam turnamen tersebut, meninggalkan Klopp dengan kekosongan dalam formasinya.

“Ini bukan yang pertama kalinya, ini situasi yang setidaknya sangat biasa ketika Anda kehilangan pencetak gol, tapi kami pernah mengalami yang lebih buruk di masa lalu ketika Sadio Mane dan Mo Salah pergi,” kata Klopp kepada wartawan.

“Kami melewati itu dengan cara lain, dan umumnya salah satu dari mereka akan pergi cukup lama dalam turnamen tersebut, yang membuat semuanya semakin sulit.”

Klopp juga akan kehilangan gelandang Jepang Wataru Endo saat sang pemain akan bermain di Piala Asia pada saat yang sama dengan kepergian Salah.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

“Kami tahu Piala Afrika muncul dari waktu ke waktu dan Mo harus pergi, dan kami memiliki Endo sebagai peserta Piala Asia juga, jadi begitulah adanya. Kami harus menghadapinya, dan kami akan melakukannya,” kata Klopp.

“Setiap rencana jangka panjang yang bisa saya miliki sangat bergantung pada siapa yang tersedia. Kami akan memiliki solusi hari ini, saya harap kami punya itu setelah pertandingan melawan Newcastle juga.”

Kembalinya Diogo Jota setelah absen sebulan karena cedera menjadi suntikan semangat karena pemain asal Portugal itu mencetak gol kembali melawan Burnley pada Boxing Day.

Fleksibilitas Jota memungkinkannya beroperasi di seluruh lini serang, demikian juga dengan Cody Gakpo, sementara Harvey Elliott pernah bermain di posisi Salah meskipun lebih cenderung sebagai gelandang dalam formasi Klopp.

“Kembalinya setiap pemain sangat penting tetapi terutama Diogo. Semua orang cukup positif tentang lima opsi kami, tapi sejujurnya, saya rasa kami tidak begitu sering mengalaminya,” kata Klopp.

“Terutama dengan jumlah pertandingan yang akan kami jalani, sangat penting agar para pemain ini dapat bermain bergantian, dan sekarang dengan Mo pergi dan Endo pergi, kami membutuhkan semua orang untuk kembali.”

Namun, proses pemulihan bek kiri Liverpool, Andy Robertson, dengan bahu yang terkilir kemungkinan besar akan membuatnya absen sepanjang bulan Januari.

“Robbo masih memerlukan lebih banyak waktu untuk bisa memperbaiki gerak di bahunya. Tentu saja, itu adalah operasi besar, masih belum akan latihan atau apapun,” kata Klopp.