Kalahkan Brighton 4-0, Manchester City Gusur Liverpool ke Posisi Tiga Klasemen Premier League

Manchester City berhasil menang di kandang Brighton dengan skor 4-0 di pekan ke-34 Liga Inggris, skuad Pep Guardiola kini berada di posisi kedua klasemen menggusur Liverpool.

Manchester City meraih kemenangan meyakinkan 4-0 atas Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Premier League yang digelar di The American Express Community Stadium, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Bermain tanpa Erling Haaland yang cedera, City tetap tampil impresif dan mendominasi jalannya pertandingan. Gol dari Kevin De Bruyne, dua dari Phil Foden, dan satu dari Julian Alvarez di babak kedua menjadi penentu kemenangan tim tamu dalam laga ini.

Jalannya Pertandingan

City langsung mengancam gawang Brighton di awal babak pertama. Tendangan bebas Phil Foden melambung di atas gawang setelah bola diteruskan oleh Nathan Ake.

Tak lama kemudian, City memecah kebuntuan pada menit ke-17. Phil Foden mengirimkan umpan diagonal sempurna ke sisi kanan untuk Kyle Walker yang kemudian mengirimkan umpan silang ke kotak penalti tepat di sebelah kanan titik penalti. De Bruyne menyambut umpan tersebut dengan sundulan sambil menjatuhkan diri dan mengarahkan bola melewati kiper Steele yang melompat tinggi.

Brighton nyaris langsung merespons. Lewis Dunk meneruskan tendangan sudut dengan sundulan, tapi bola dengan mudah diamankan Ederson.

City semakin memperlebar keunggulan pada menit ke-26. Tendangan bebas melengkung dengan kaki kiri dari Foden mengenai punggung Gross tepat di atas nomor punggungnya saat pemain itu membelakangi ujung kiri barisan pemain bertahan lawan. Tendangan bebas itu sebenarnya mengarah ke gawang, menuju sisi kiri bawah tempat Steele berada, tetapi sentuhan Gross justru membuat bola melambung ke tengah gawang dan mengecoh sang kiper.

Foden mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-34. Pressing para pemain City di area pertahanan Brighton berbuah gol ketiga. Brighton yang mengoper-oper bola di kotak penalti sendiri akhirnya dihukum City. Bola operan Valentin Barco dipotong Bernardo Silva dan Foden kemudian menuntaskannya dengan tembakan yang mengarah ke pojok bawah gawang.

Di babak kedua, Julian Alvarez berhasil menggenapan keunggulan Manchester City melalui golnya di menit ke-62. City memberikan umpan diagonal panjang ke sisi kanan, membuka kesempatan bagi Walker untuk berlari kencang. Umpan tersebut membuat Igor dan Barco kewalahan. Walker menerima bola dengan dada dan masuk ke kotak penalti, mengecoh Barco yang terjatuh untuk sliding tackle. Walker melewati Barco dan berhadapan dengan kiper, menusuk ke gawang sebelum mereka bertabrakan. Tendangan Walker mengenai kiper dan bola liar muntah di tengah gawang, 12 yard dari gawang. Alvarez sigap menyambar bola liar tersebut dan mencetak gol pertamanya di liga sejak Januari.

Skor 4-0 bertahan hingga akhir pertandingan. City pun membawa pulang tiga poin penting dari markas Brighton.

Kemenangan ini semakin memperkuat posisi City di puncak klasemen Premier League. Mereka unggul dua poin dari Liverpool yang berada di peringkat kedua.

Poin-poin Penting Hasil Brighton vs Manchester City

  • Manchester City menang 4-0 atas Brighton & Hove Albion.
  • Kevin De Bruyne membuka skor pada menit ke-17.
  • Phil Foden mencetak dua gol, pada menit ke-26 dan 34.
  • Julian Alvarez berkontribusi dengan golnya di menit ke-62.
  • City mendominasi jalannya pertandingan dan Brighton tak mampu mencetak gol balasan.
  • Manchester City kini di posisi kedua klasemen dengan 76 poin, dua poin di atas Liverpool dan satu poin di bawah Arsenal yang berada di puncak klasemen Liga Inggris.

Susunan Pemain Brighton vs Manchester City

Starting XI Brighton: Steele; Veltman, Van Hecke, Dunk, Barco; Gross, Baleba; Lallana, Moder, Joao Pedro; Welbeck

Starting XI Manchester City: Ederson; Walker, Akanji, Ake, Gvardiol; Rodri, Kovacic; Bernado Silva, De Bruyne, Foden; Alvarez

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!