Kapan Arne Slot Mulai Bertugas di Liverpool dan Alasan Kepergian Jurgen Klopp

Liverpool bersiap memasuki era baru setelah Jurgen Klopp mundur usai pertandingan Liga Premier hari Minggu melawan Wolverhampton.

Jurgen Klopp akan mengucapkan selamat tinggal kepada Liverpool saat mereka menjamu Wolverhampton di Anfield pada hari Minggu 19 Mei 2024.

Tanggal tersebut tadinya diharapkan menjadi hari di mana The Reds bisa mengamankan gelar Liga Premier. Namun, setelah pengumuman Klopp pada Januari lalu, tanggal tersebut kini menjadi penanda pertandingan terakhirnya sebagai pelatih.

Ini adalah perpisahan yang panjang bagi Liverpool untuk manajer tersukses mereka dalam sejarah terkini. Sejak saat itu, The Reds telah menambah satu trofi lagi ke koleksi gemerlap Klopp setelah mengalahkan Chelsea di final Carabao Cup lewat perpanjangan waktu.

Harapan mereka untuk meraih quadruple pupus setelah tersingkir dari Piala FA dan Liga Europa sebelum perjuangan mereka di Liga Premier memudar di akhir musim.

Meskipun demikian, Liverpool mengamankan tiket kembali ke Liga Champions. Terlepas dari kekecewaan, beberapa bulan terakhir musim ini dirayakan sebagai upaya memberikan perpisahan yang layak untuk masa sembilan tahun Klopp.

Mengapa Jurgen Klopp Meninggalkan Liverpool?

Dalam pengumuman tak terduga pada 26 Januari, Klopp menyatakan akan mundur dari perannya sebagai manajer Liverpool. Ia mengakui bahwa dirinya tidak lagi memiliki energi untuk mempertahankan peran tersebut.

“Saya harus mengatakan bahwa saya akan meninggalkan klub di akhir musim,” kata Klopp. “Saya bisa mengerti ini mengejutkan banyak orang saat Anda mendengarnya untuk pertama kalinya, namun saya bisa menjelaskannya atau setidaknya mencoba menjelaskannya.”

“Saya menyukai semua hal tentang klub ini. Saya menyukai segala hal tentang kota ini, saya menyukai segala hal tentang para suporter kami. Saya menyukai tim. Saya menyukai staf. Saya menyukai segalanya.”

“Bahwa saya masih mengambil keputusan ini menunjukkan kepada Anda bahwa saya yakin ini adalah keputusan yang harus saya ambil. Saya, bagaimana mengatakan ini? Saya kehabisan energi dan saya tidak memiliki masalah sekarang, tentu saja, saya pikir saya sudah mengetahuinya lebih lama bahwa pada suatu titik saya harus mengumumkannya. Tetapi saya baik-baik saja sekarang, tetapi saya juga tahu bahwa saya tidak bisa melakukan pekerjaan ini berulang-ulang.”

“Dan setelah semua waktu yang kita miliki bersama, setelah semua waktu yang kita habiskan bersama, hal-hal yang kita lalui bersama, rasa hormat untuk Anda tumbuh, cinta untuk Anda tumbuh dan hal terkecil yang saya berutang kepada Anda adalah kebenaran. Dan itulah kebenarannya.”

Kapan Arne Slot Mulai Gantikan Jurgen Klopp?

Pada akhir April, Liverpool mencapai kesepakatan dengan manajer Feyenoord, Arne Slot, untuk menggantikan Klopp.

Pelatih asal Belanda ini membawa De Kuip meraih gelar Eredivisie pada tahun 2023 sebelum finis kedua di musim berikutnya. The Reds telah mencari manajer baru selama beberapa bulan setelah diberitahu oleh Klopp pada November lalu bahwa ia akan mundur dari jabatannya di akhir musim ini setelah hampir sembilan tahun bertugas.

Kontrak pria berusia 45 tahun itu tidak memuat klausul pelepasan, yang berarti Liverpool harus mengadakan pembicaraan intensif dengan tim Eredivisie itu dalam beberapa hari terakhir untuk menyepakati biaya transfer. Tawaran awal sekitar £7,7 juta ditolak dan klub Belanda itu bertahan meminta biaya di antara £10-12 juta.

Kompensasi akhir bisa mencapai £9,4 juta (€11 juta) untuk Feyenoord, menjadikan Slot salah satu rekrutan manajer termahal dalam sejarah sepak bola Eropa.

Ini berarti pertandingan terakhirnya akan berlangsung di kandang untuk klub Rotterdam tersebut saat mereka menghadapi Excelsior. Dia berkata: “Saya dapat memastikan bahwa saya akan menjadi pelatih di sana tahun depan,” setelah ditanya tentang pekerjaan di Liverpool.

Hingga saat itu, Slot masih malu-malu menanggapi rumor mengenai posisi kosong di Merseyside. Namun dengan berakhirnya musim masing-masing pada hari Minggu, sebuah pengumuman akan segera diumumkan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!