Tahukah Kamu, Liga Italia Bisa Diwakili Hingga SEMBILAN KLUB di Eropa Musim Depan!

Gila Bola Serie A Italia bisa diwakili hingga sembilan klub di turnamen sepak bola antarklub Eropa musim depan, tapi semua akan banyak bergantung pada nasib Fiorentina, bagaimana?

Jadi, jika Fiorentina berhasil mengamankan kemenangan atas Olympiacos di final Liga Konferensi Eropa dan menjadi juara, tapi mereka gagal finis di delapan besar klasemen Liga Italia, maka La Viola bisa membuka satu lagi tempat Eropa di Serie A.

Perlu dicatat bahwa pasukan Vincenzo Italiano saat ini berada di final Liga Konferensi Eropa setelah sebelumnya mereka menyingkirkan Club Brugge di semifinal dan selanjutnya akan menghadapi wakil Yunani, Olympiacos.

Sang lawan sendiri tidak akan bisa dipandang enteng untuk pertandingan ini mengingat performa luar biasa mereka saat menghancurkan Aston Villa dengan skor agregat 6-2 di babak empat besar.

Pertandingan Final Liga Konferensi 2024 pada 29 Mei waktu setempat di Athena dan siapapun yang menang di pertandingan ini akan berhak lolos otomatis ke Liga Europa musim depan.

Catatlah jika Fiorentina yang berhasil memenangkan Liga Konferensi Eropa, tapi kemudian gagal finis di delapan besar klasemen Serie A, maka mereka akan jadi tim kesembilan yang lolos ke kompetisi Eropa musim depan.

Jadi begini penjelasannya kenapa bisa ada hingga sembilan wakil Italia di kompetisi UEFA musim depan. Untuk saat ini, Serie A akan diwakili hingga lima klub untuk Liga Champions musim depan.

Kelima klub yang akan mewakili mereka adalah Inter Milan (juara), AC Milan, Bologna, Juventus, dan yang terbaru Atalanta. Satu slot tambahan ini didapatkan karena Serie A memuncaki klasemen nilai koefisien UEFA, dengan Bundesliga di urutan kedua.

Lalu, dua tiket ke Liga Europa bisa diperebutkan tim peringkat keenam dan ketujuh, sedangkan peringkat kedelapan akan mewakili Serie A ke Liga Konferensi Eropa musim depan.

Sebenarnya tiket Liga Europa Serie A salah satunya bisa dikasihkan ke juara Coppa Italia, tapi karena sang juara yaitu Juventus sudah lolos melalui klasemen liga, maka tiket tersebut akan diserahkan kepada tim peringkat ketujuh.

Total sudah ada delapan tim. Saat ini, tim peringkat kedelapan adalah Fiorentina, yang berpeluang besar untuk kembali ke Liga Konferensi Eropa musim depan jika bisa mempertahankan posisi mereka.

Tapi jika mereka bisa menang di final melawan Leverkusen, justru mereka akan naik tingkat dan lolos ke Liga Europa. Ini bisa menguntungkan Serie A jika, La Viola kemudian gagal finis di delapan besar.

Jika Fiorentina finis di luar delapan besar, maka mereka akan menjadi tim kesembilan yang lolos ke kompetisi UEFA musim depan, dengan peringkat kedelapan yang akan mewakili Serie A ke Liga Konferensi Eropa.

Hanya saja itu sulit dari dua kacamata. Pertama, La Viola bukanlah favorit di pertandingan final melawan Olympiacos, yang lebih diunggulkan banyak pihak terutama berkat kemenangan mengesankan atas Villa.

Kedua, sulit berharap Fiorentina terdepak dari delapan besar karena mereka hanya butuh dua poin dari dua laga tersisa mereka musim ini untuk mengunci tempat di zona Liga Konferensi Eropa, sulit dikejar Torino dan Napoli di bawah mereka.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!