Klausul Bonus Transfer Declan Rice Terungkap Saat Arsenal Hadapi Drama Gelar Premier League

Gila Bola – Di awal musim ini, Declan Rice menjadi sorotan utama di Arsenal setelah transfernya yang memecahkan rekor transfer Liga Inggris yang mencapai Rp 2,1 Trilyun dari West Ham United pada musim panas lalu.

Dengan Rp 101 Milyar dari jumlah tersebut berasal dari tambahan, Declan Rice berperan penting dalam upaya Arsenal mengejar gelar Premier League 2023/2024 di pekan terakhir musim ini.

Sejak bergabung dari West Ham United, Declan Rice telah menjadi pemain kunci bagi The Gunners, berkontribusi besar dalam persaingan ketat dengan Manchester City di puncak klasemen.

Arsenal, yang kehilangan gelar musim lalu setelah mengalami kemerosotan pada pekan-pekan terakhir, kini membawa perburuan gelar Premier League hingga hari terakhir musim ini.

Manchester City perlu meraih kemenangan untuk mengamankan gelar keempat berturut-turut, namun Arsenal siap memanfaatkan peluang jika City terpeleset saat mereka menghadapi Everton di Emirates Stadium.

Peran Rice dalam setiap pertandingan Liga Inggris dan Liga Champions musim ini sangat krusial, dengan torehan tujuh gol dan sepuluh assist yang dia catatkan. Investasi besar Arsenal untuk Rice terbukti tidak sia-sia.

Namun, pertanyaan muncul mengenai apakah Arsenal harus membayar lebih jika mereka berhasil mengangkat trofi Liga Inggris pada akhir pekan ini dengan kemenangan atas Everton dan kekalahan City.

Ketika Arsenal menyetujui kesepakatan transfer dengan West Ham, nilai total mencapai Rp 2,1 Trilyun lebih, yang merupakan rekor transfer Inggris. Dari jumlah tersebut, Rp 2 Trilyun dibayarkan di muka, sementara Rp 101 Milyar dalam bentuk tambahan.

Tambahan tersebut tidak terkait dengan kemenangan trofi, sehingga Arsenal tidak perlu membayar lebih jika mereka memenangkan Premier League pada hari Minggu.

Faktanya, Arsenal telah membayar Rp 20 Milyar dari Rp 101 Milyar yang disebutkan dalam tambahan tersebut. Tambahan tersebut berkaitan dengan kelolosan Arsenal ke Liga Champions.

Jika The Gunners berhasil lolos ke Liga Champions dan Rice bermain di setidaknya 60 persen pertandingan mereka, Arsenal harus membayar West Ham Rp 20 Milyar setiap musim, hingga maksimal lima kali.

Musim ini, jika Arsenal lolos ke Liga Champions dan Rice memenuhi syarat pertandingan yang ditentukan, maka Rp 101 Milyar tersebut akan dibayarkan dalam lima musim.

Hal ini menunjukkan bahwa pembayaran tambahan tidak memberatkan Arsenal secara langsung terkait dengan hasil di Premier League, melainkan lebih terkait dengan performa tim di kompetisi Eropa.

Dengan gelar Liga Inggris yang masih mungkin diraih dan posisi di Liga Champions hampir pasti, kontribusi Declan Rice jelas memberi dampak besar bagi Arsenal musim ini.

Menariknya bahwa mantan klub Rice, West Ham, bisa berperan penting untuk membantu The GunnersĀ memenangkan gelar karena tim David Moyes yang akan menjadi lawan bagi Manchester City di pekan terakhir Premier League musim ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!