Liverpool dan Newcastle Catatkan Rekor Baru Soal Peluang Gol

Gila Bola – Tahu peluang gol Liverpool pada laga tadi malam? 7.27 xG! Tahu peluang gol Newcastle? 0.59 saja. Belum pernah dalam sejarah Premier League ada ketidakadilan peluang gol selebar ini.

Angka xG didapat dari menghitung jumlah percobaan gol, berapa kali shots on target, berapa kali crossing, berapa dominasi bola dan seterusnya. Menghitungnya berat, jadi mending kamu tahu saja angka xG akhirnya 7.27.

Dari angka segitu, empat menjadi gol, melalui open play Mo Salah awal babak kedua, lalu disusul gol kedua oleh Curtis Jones dan gol ketiga Cody Gakpo, sebelum sang striker Mesir mencatatkan gol keduanya tadi malam dari titik penalti, jelang akhir. Empat gol dari angka xG 7.27.

Sebaliknya, tim tamu juga hanya kebagian peluang gol yang sangat minim, 0.59 saja, tapi ajaibnya berhasil menyarangkan dua gol.

Angka kesenjangan xG sebesar ini, 6.68 baru terjadi pertama kalinya di sepanjang sejarah Premier League. Apa artinya itu?

Liverpool Mulai Merapikan Lini Belakangnya

Data permainan memperlihatkan bagaimana Jurgen Klopp, yang tidak kuasa melihat aksi sepakan penalti kdua dari Mo Salah, terlihat mulai merapikan lini belakang timnya.

Hanya ada tiga kali serangan tepat sasaran ke gawang Alisson Becker, dari lima upaya, dan sayangnya dua kali berujung gol.

Sebanyak 17 kali tendangan bebas, tapi hanya tiga sepak pojok memperlihatkan serangan-serangan Newcastle gagal mencapai garis akhir cukup sering.

Sebaliknya the Reds mencatatkan tujuh kali tendangan sudut sepanjang 90 menit, dengan 34 upaya mencetak gol, 15 terarah tepat sasaran ke gawang Martin Dubravka, empat berujung gol.

Sebanyak 11 penyelamatan yang dilakukan kiper asal Slovakia itu merupakan sebuah rekor bersama, atau bahkan rekor baru penyelamatkan yang dilakukan seorang stopper dalam sebuah laga Liga Inggris.

Posisi Liverpool dan Newcastle di Klasemen Liga Inggris

Reds menguasai puncak klasemen dengan nilai total 45, mengungguli Aston Villa di posisi kedua dengan 42. Liverpool akan bertanding lagi 21 Januari mendatang di Bournemouth, sementara skuad Unai Emery tandang ke Everton pada satu pekan sebelumnya.

The Magpies masih tertahan di urutan 10 klasemen sementara dengan nilai hanya 29 poin, menang sembilan, kalah sembilan dan dua hasil imbang.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!