Liverpool Diperingatkan Nottingham Forest Bisa Lebih Baik dari Posisinya di Klasemen

Liverpool untuk pertama kalinya di musim ini bisa bukukan tiga kemenangan beruntun saat mereka tandang ke Nottingham Forest, Sabtu (22/10) sore.

Jelang laga di City Ground, Liverpool mendapat dorongan besar setelah raih dua kemenangan 1-0 secara beruntun, atas Manchester City dan West Ham United.

Kedua kemenangan tersebut sukses mendongkrak posisi Liverpool ke urutan ketujuh klasemen sementara. Hal yang lebih penting lainnya, sukses tersebut berhasil dibukukan skuad Jurgen Klopp di tengah-tengah hantaman badai cedera dan padatnya jadwal di bulan ini.

Akhir pekan ini, Liverpool mendapat peluang untuk lanjutkan tren positif mereka di kandang lawan. Walaupun kedua tim mungkin sudah bertemu di awal tahun ini, tapi sudah lama mereka tak bertarung di sebuah pertandingan Liga Premier.

Berikut ini enam hal kunci jelang laga Liverpool di kandang Nottingham Forest, seperti dilansir ThisisAnfield.com:

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

1. Pertemuan pertama kedua tim di ajang liga sejak tahun 1999!

Setelah 23 tahun keluar dari Liga Premier, Forest kembali berlaga di kompetisi teratas sepak bola Inggris tersebut musim ini dan laga malam nanti melawan The Reds akan jadi pertemuan pertama kedua tim sejak bulan April 1999.

Saat itu, Liverpool masih diasuh Gerard Houllier dan Ron Atkinson membidani Forest. Terakhir kali bertemu, kedua tim meraih hasil imbang 2-2.

Saat itu, Jamie Redknapp dan Michael Owen menjadi pencetak gol untuk the Reds, yang semula diyakini akan kalahkan Forest yang berada di papan bawah. Namun laga akhirnya ditutup imbang dan kedua tim harus berbagi poin.

Saat ini, Forest kembali menempati posisi juru kunci dan tampaknya akan segera terdegradasi lagi ke Championship musim depan. Namun mereka diyakini akan berusaha melawan dan ingin bertahan di Liga Premier setelah menunggu selama 23 tahun.

Dalam pertemuan kedua tim saat ini, mereka pun seakan mengulang situasi yang mirip dengan pertemuan terakhir mereka di ajang liga, di mana klub Anfield berada di urutan ketujuh dan Forest tenggelam di posisi juru kunci.

2. Situasi yang Mulai Membaik

Untuk pertama kalinya sejak bulan Desember 2018, Liverpool mencatatkan dua kemenangan dengan skor 1-0 secara berturut-turut di ajang liga – dan mereka dipastikan membutuhkannya.

Walau skuad Jurgen Klopp kadang-kadang bermain ceroboh saat hadapi West Ham, tapi kemenangan atas tim asuhan David Moyes itu – dan juga Manchester City, dalam waktu hanya tiga hari, telah berhasil meredam gejolak yang dirasakan klub Merseyside itu.

Liverpool saat ini memang masih tujuh poin di belakang tim asuhan Pep Guardiola. Namun dibandingkan satu pekan lalu, kedua tim berjarak hingga 13 poin, dan ini tentunya kemajuan jelas yang berhasil dibukukan The Reds di periode super sibuk ini. Dan, keberhasilan tersebut tak boleh berhenti di sini saja.

Ini menjadi salah satu dari tujuh pertandingan yang masih harus dimainkan skuad Klopp sebelum jeda Piala Dunia, dan Liverpool tentu saja tak boleh meremehkan Forest.

3. Apakah Forest lebih baik dibandingkan posisi mereka di papan klasemen?

Forest baru satu kali menang di Liga Premier musim ini, yakni saat mereka bertemu West Ham di matchday kedua. Sejak saat itu, mereka sudah kalah enam kali dan tiga kali imbang, serta kebobolan 21 kali dalam prosesnya, dan hanya mencetak enam gol.

Mereka tak tampil mengejutkan sejak awal musim, meskipun telah merekrut hingga 21 pemain selama bursa musim panas lalu, dan Cooper terus-menerus lakukan perubahan dalam starting XI dan formasinya untuk temukan yang terbaik.

Namun belakangan ini mereka sudah lakukan berusaha membenahi lini belakang skuadnya, hingga berhasil meraih dua hasil imbang – di laga melawan Aston Villa dan Brighton,  serta sekali kalah saat hadapi Wolves, dalam tiga laga tersebut. Di ketiga laga tersebut Forest pun hanya kebobolan dua kali.

‘Sukses’ ini tentunya bisa memberi Forest kepercayaan diri yang cukup tinggi saat mereka menjamu Liverpool malam ini, dalam laga yang mereka tahu bisa menjadi pukulan bagi mereka.

4. Apakah Klopp akan berada di pinggir lapangan?

Pelatih asal Jerman itu mendapat kartu merah di laga melawan Manchester City, tapi bebas berada di ruang ganti laga melawan West Ham, setelah ia mendapat waktu untuk berikan responnya hingga hari Jumat (21/10).

Liverpool pun sudah menyelesaikan formalitas mereka, tapi Klopp tetap berharap ia bisa berada di ruang ganti di laga melawan Forest malam ini. “Kami hanya ikuti prosesnya, proses yang benar-benar normal,” ujar Klopp.

“Saat ini, saya berharap bisa ada di bench nanti, tapi saya tidak tahu 100 persen. Itu proses yang normal, kami sekarang tidak terlalu terbiasa, tapi kami punya cukup orang yang tahu tentang itu, kami lakukan segala yang kami harus lakukan,” tambahnya.

Itu posisi Klopp kurang dari 24 jam sebelum pertandingan di Forest, dan semuanya bisa berubah.

5. Berapa banyak perubahan dilakukan Liverpool?

Perputaran waktu yang cepat mulai dari Kamis dini hari WIB hingga ke Sabtu malam, hanya ada 63 jam yang harus dilalui para pemain The Reds untuk mempersiapkan laga melawan Forest. Jurgen Klopp pun harus membuat keputusan yang tepat agar para pemainnya terhindar dari cedera.

Satu yang pasti adalah memainkan Andy Robertson untuk gantikan Kostas Tsimikas, meskipun dia berikan assist-nya di pertengahan pekan. Sementara Fabinho akan masuk untuk gantikan Jordan Henderson.

Kapten tim tersebut hanya bermain sebagai starter di lima dari enam pertandingan terakhir, sementara Fabinho hanya menjadi starter di tiga dari enam laga.

Namun, Klopp harus menunggu hingga menit-menit terakhir menjelang laga guna memastikan kondisi Darwin Nunez. Ia alami masalah hamstring di tengah pekan, dan kemungkinan absennya pemain bernomor 27 ini bisa membuka jalan bagi Harvey Ellott untuk menjadi starter dan Mohamed Salah bergeser ke depan.

Alex Oxlade-Chamberlain akan kembali masuk skuad, dan Naby Keita sudah kembali berlatih meskipun laga di Forest tetap terlalu dini untuknya setelah absen lama.

Prediksi Starting XI The Reds: Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Thiago; Salah, Carvalho, Firmino; Nunez.

6. Neco Williams akan melawan klub lamanya

Neco Williams sudah tampil dalam 11 pertandingan liga untuk Forest sejak ia pindah di musim panas lalu. Pemain ini tampil cukup memukau meskipun skuad Cooper alami banyak kesulitan.

Dan, dia akan bermain melawan Mo Salah, sementara Renan Lodi dan Harry Toffolo tak bisa bermain karena cedera. Namun, Serge Aurier kemungkinan akan bermain dan menggeser Neco ke posisi favoritnya di sayap kanan.

Satu lagi mantan The Red di Forest, adalah Taiwo Awoniyi, yang berharap akan dimainkan, meskipun ia tampaknya hanya mendekam di bangku cadangan. Lini depan Forest kemungkinan akan diisi Morgan Gibbs-White, Emmanuel Dennis dan Brennan Johnson.

Kemungkinan starting XI Forest: Dean Henderson; Williams, Cook, McKenna, Lodi; Mangala, Yates, Freuler; Gibbs-White, Dennis, Johnson.

BANDARTOGEL77
IBOSport
MACAUBET

Klasemen Premier League

SebelumnyaSenjata Chelsea Untuk Kalahkan Manchester United, Graham Potter Sudah Dua Kali Pecundangi Setan Merah!
SelanjutnyaReal Madrid Bidik Bintang Klub Bundesliga yang Terancam Degradasi