Manchester City Kalah oleh Pasukan Unai Emery, Selisih 6 Poin di Puncak Klasemen

Gila Bola – Manchester City kalah agresif dari tuan rumah Aston Villa pada pertemuan Liga Inggris mereka yang selesai Kamis subuh (7/12). Unggul dominasi bola tapi kalah dalam percobaan gol. Gol the Villans seperti hanya menunggu waktu saja.

The Skyblues merasakan sendiri sengatan dari Unai Emery, pelatih Spanyol yang sudah menyimpan empat trofi Liga Europa di lemari pialanya. Tim berbasis di Villa Park itu kalah dominan dalam laga Liga Inggris yang selesai Kamis subuh (7/12), tapi unggul dalam agresifitas serangan balik.

Tahu seberapa agresif the Villans? Sebanyak 22 percobaan gol dilepaskan oleh Ollie Watkins dan rekan-rekannya berbanding hanya DUA kali saja upaya gol oleh tim tamu sepanjang 90 menit.

Tujuh kali dari 22 upaya tuan rumah itu merupakan serangan tepat sasaran dan satu berujung gol jelang akhir oleh Leon Bailey.

Kekalahan ini berdampak sangat besar bagi koleksi nilai City, namun di saat yang sama melontarkan Villa yang kurang difavoritkan itu ke posisi ketiga klasemen Liga Inggris.

Proses Terjadinya Gol yang Patahkan Hati Man City

Pemain No 31 dari kubu tuan rumah, Leon Bailey, menggiring bola secara cepat memasuki kotak penalti sebelum melepaskan serangan yang memantul di kaki Ruben Dias, membelokkan bola ke sudut kiri atas gawang Ederson dan mengecoh kiper Brasil tersebut.

Itu merupakan gol yang mematahkan hati para pemain tim tamu. Terutama sekali karena gol terjadi setelah Pep Guardiola menyegarkan skuadnya dengan memasukkan Matheus Nunes, Mateo Kovacic dan Oscar Bobb, guna menggantikan kaki-kaki lelah dari Rico Lewis, Julian Alvarez serta Phil Foden.

Hanya berselang satu menit setelah masuknya Bobb, Youri Tielemans memulai serangan dengan assist kepada bekas pemain Bayer Leverkusen itu, sebelum ia melepaskan tendangan melengkung yang bersarang di pojok atas gawang Ederson.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Gol Leon Bailey ke gawang Ederson

Kekalahan Berdampak Berat Bagi Koleksi Nilai dan Posisi Man City 

Selisih pasukan Pep Guardiola dengan mantan asistennya, Mikel Arteta, kini menjauh menjadi enam poin. Arsenal 36, City 30.

Dan bukan hanya itu. Posisi the Skyblues di urutan ketiga dilewati oleh tim Unai Emery yang kini mengoleksi 32 poin.

Urutan empat tim teratas klasemen sementara Premier League dengan demikian adalah Arsenal di posisi satu dengan 36 poin, lalu Liverpool kedua 34 poin, Villa ketiga 32 poin dan Man City ranking keempat 30 poin.

Ini merupakan kekalahan pertama the Citizens di tangan Villa dalam enam pertemuan terbaru, setelah sebelumnya City tidak terkalahkan dengan empat kemenangan dan satu hasil imbang sejak April 2021 sampai Februari 2023.