Manchester City Kudeta Arsenal Dari Puncak Klasemen Liga Inggris!!

Gila Bola – Dua gol dari Erling Haaland dan Julian Alvarez ke gawang Fulham pada laga Minggu malam (30/4) memastikan Manchester City menggusur posisi Arsenal dari puncak klasemen Liga Inggris dengan enam pekan tersisa sampai akhir musim.

Gol dari titik penalti, saat pertandingan di Craven Cottage di kota London ini belum lagi berumur tiga menit, merupakan gol ke-34 Haaland di kompetisi liga domestik, sebelum Carlos Vinicius menyamakan kedudukan selang 12 menit kemudian.

Namun Julian Alvarez memastikan tiga poin bagi Manchester City dengan golnya pada menit 36, memanfaatkan assist dari Riyad Mahrez. Itu merupakan gol kedelapan dari sang pemain muda Argentina di ajang Liga Inggris.

The Citizens berhasil memaksa Fulham untuk sepenuhnya bertahan dan hanya memiliki 36 persen dominasi bola, tiga percobaan gol dan hanya satu yang tepat sasaran ke gawang Ederson Moraes, yakni gol Vinicius tadi.

Sudah Berapa Lama Arsenal di Puncak Klasemen?

Nyaris sepanjang musim the Gunners bercokol di puncak klasemen Liga Inggris, dengan pengecualian pada pekan kedua dan 12, yang sempat diambil alih oleh the Skyblues. Sisanya, pasukan Mikel Arteta itu berhasil menjaga jarak dan menguasai urutan pertama kompetisi Premier League.

Namun setelah tujuh kemenangan beruntun antara pertengahan Februari sampai 1 April 2023, skuad Arteta sepertinya kelelahan, tidak sabar menantikan akhir musim dan sebagai akibatnya menderita tiga hasil imbang secara berturut-turut melawan Liverpool, West Ham United dan Southampton.

Tim yang disebut terakhir ini menghuni urutan paling bawah klasemen, namun mereka berhasil memaksakan hasil imbang 3-3 yang mengecewakan bagi Arsenal, sebelum kekalahan 4-1 di Stadion Etihad yang praktis mengakhiri mimpi the Gunners menjadi juara musim 2022/23 ini.

Manchester City Masih Berperang di Tiga Kompetisi

Kemampuan pasukan Pep Guardiola bertahan di tiga front peperangan sekaligus membuktikan manjurnya resep kedalaman skuad City, dua-tiga pemain di setiap posisi, yang bisa dirotasi tanpa menimbulkan terlalu banyak kesenjangan satu sama lain.

City masih aktif di Premier League dan sepertinya akan merebut gelar juara setelah mereka memiliki 76 poin dan keunggulan satu poin di atas Arsenal (75) dengan satu tabungan pertandingan tunda belum diselesaikan.

City juga akan menjalani dua leg semifinal Liga Champions melawan Real Madrid dan akan melawan rival satu kotanya Manchester United pada final Piala FA.

Fulham Masih Jadi Tim Promosi Terbaik

Kekalahan di tangan Manchester City ini tidak memudarkan citra Fulham sebagai tim promosi terbaik musim 2022/23 ini, dibandingkan dua tim bekas Championship lainnya, Bournemouth dan Nottingham Forest.

Fulham kini berada di urutan 10 dengan 45 poin, sementara Bournemouth yang baru-baru ini bangkit sekarang sudah menghuni posisi 13 dengan 39 poin dan terakhir Forest di ranking 17 dengan 30 poin.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!