Manchester United Mau Menang? Cetak Gol Cepat Kontra The Lilywhites

Gila Bola – Jika Manchester United mau meraih tiga poin melawan Tottenham Hotspur malam ini, manfaatkan sikap keras kepala Ange Postecoglou yang memaksa seluruh anak buahnya maju ke depan, dengan cara mencetak gol cepat.

Erik ten Hag tidak perlu malu untuk belajar dari Roberto De Zerbi, yang anak buahnya di Brighton berhasil menaklukkan Spurs 4-2, akhir Desember 2023 kemarin. Salah satu resepnya adalah sudah unggul dua gol dalam waktu 23 menit pertama.

Sang pelatih Australia itu pasti akan mengulangi resep suksesnya menahan imbang Manchester City, awal Desember lalu, saat taktik bermain tinggi dan menekan lawan menghasilkan gol oleh Son Heung-min menit keenam permainan, sebelum sang kapten mencetak gol bunuh diri hanya dalam waktu tiga menit kemudian.

Pertandingan kontra sang juara bertahan Liga Inggris berakhir 3-3 dengan skor susul menyusul, namun akan dipandang seperti sebuah kemenangan oleh Spurs.

Bagaimana Brighton Mengalahkan Spurs 4-2

Si Burung Camar unggul dua gol dalam waktu 23 menit pertama laga di Amex Stadium dan menambahkan dua gol lagi pada menit 63 dan 75 babak kedua, sebelum the Lilywhites memanfaatkan kaki-kaki lelah pemain Brighton untuk membalaskan dua gol telat.

Skuad Robert De Zerbi melepaskan 11 percobaan serangan selama 45 menit pertama meski kalah dominasi bola 43:55. Enam di antaranya tepat sasaran ke gawang Guglielmo Vicario dan gol hanya masalah waktu saja sebelum terjadi.

Spurs memainkan taktik Postecoglou yang biasa, bermain tinggi dan berupaya mencuri bola dari kaki lawan, namun meskipun memiliki tujuh kali percobaan gol selama babak pertama, tahu gak berapa banyak tepat sasaran ke gawang Jason Steele? Nol. Nihil.

The Lilywhites lebih agresif selama babak kedua, baik dalam hal dominasi bola, jumlah serangan dan shots on target, namun hanya berujung serangan tepat sasaran tiga kali saja, dan dua menjadi gol.

Keprihatinan Utama Erik ten Hag

Betapa tumpulnya lini depan Red Devils terlihat dari produktifitas gol mereka di ajang Liga Inggris, hanya 22 gol dari 20 pertandingan. Hanya Crystal Palace di urutan 14 dengan 22 gol yang sama buruknya.

Selain itu Burnley dengan 21 gol, serta Sheffield United 15 gol merupakan dua tim yang lebih buruk daripada United. Tahu di mana posisi dua tim yang disebut ini? Urutan 19 dan 20 klesemen!

Laga terakhir melawan tim divisi ketiga Wigan di ajang Piala FA menjadi cerminan klub merah itu musim ini. Setan Merah melepaskan 33 kali serangan dan angka xG atau harapan gol yang mencapai 4.12.

Tahu berapa gol riil yang terjadi ke gawang lawan? Dua kali saja. Ten Hag butuh satu-dua pemain yang memiliki efektifitas gol tinggi di depan gawang lawan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!