Memangnya Sir Jim Ratcliffe Datang Lalu Keluarga Glazer Tinggalkan Manchester United? Tak Semudah Itu!

Gila Bola – Bulan depan tepat setahun sudah pertama kali keluarga Glazer mengumumkan penjualan Manchester United, kemudian akhir pekan lalu muncul kabar Sir Jim Ratcliffe akhirnya menjadi calon tunggal yang akan membeli saham Setan Merah seiring muncurnya Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dalam persaingan.

Namun ternyata Sir Jim Ratcliffe hanya akan membeli 25% saham Manchester United yang terdiri dari sebagian saham keluarga Glazer dan beberapa saham minoritas. Apa artinya itu?

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang tawaran Ratcliffe ke MU dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi posisi keluarga Glazer di Old Trafford. Apakah impian fans Manchester United untuk menyingkirkan keluarga Glazer bakal terwujud? Mari kita simak penjelasannya:

Apa Isi Penawaran Sir Jim Ratcliffe ke Manchester United?

Pada saat batas waktu revisi penawaran pada bulan April 2023, Ratcliffe menawarkan untuk membeli 51% saham klub, sehingga meninggalkan Joel dan Avram Glazer sebagai pemegang saham minoritas.

Namun, ada kekhawatiran bahwa struktur penawaran Ratcliffe dengan hanya membeli saham dari Glazers, akan menurunkan nilai saham yang dimiliki oleh pemegang saham klub yang tersisa. Dan ini bisa berdampak pada tuntutan hukum.

Oleh karena itu, dalam upaya mencari jalan masuk ke klub masa kecilnya, Ratcliffe menciptakan gagasan untuk mengamankan saham minoritas di United.

Pemilik perusahaan petrokimia INEOS itu datang dengan Penawaran revisi sebesar 25% saham klub dengan harga penaawaran yang sangat tinggi, yaitu £1,3 miliar, namun dengan kemungkinan untuk membeli lebih banyak saham di masa depan.

Penawaran premium Ratcliffe – yang memberikan estimasi nilai MU lebih dari £5 miliar – diduga Disertai dengan ketentuan bahwa dia akan bertanggung jawab atas semua keputusan olahraga – misalnya, memiliki kekuasaan untuk memilih direktur sepak bola, pelatih tim utama, dan bahkan mungkin pemain yang akan dibeli.

Kenapa Sheikh Jassim Mundur Dari Transaksi?

Sehari sebelum Ratcliffe disambut di luar Old Trafford oleh CEO Manchester United, Richard Arnold, pada Maret 2023, sebuah delegasi yang mewakili Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim diantar ke Teater of Dream.

Setelah pesaing dari Amerika gagal mengajukan tawaran pada batas waktu pertama pada musim semi 2023, Tawaran pembelian tunai Jassim untuk 100% saham MU sempat mengukuhkan statusnya sebagai pesaing serius Ratcliffe.

Namun, setelah berbulan-bulan negosiasi, tiba-tiba Nine Two Foundation mundur dari perlombaan ini setelah menolak untuk menaikkan penawaran terbarunya.

Penawaran terakhir Sheikh Jassim dilaporkan mencapai £5 miliar dan disertai dengan janji untuk membersihkan utang klub sebesar £725 juta yang terakumulasi selama ini oleh Glazers, dan meminta tambahan £1.4 miliar untuk membangun stadion baru dan pusat latihan baru.

Keluarga Glazers membandrol Man United dengan angka yang mencengangkan, yaitu £10 miliar, jauh melampaui penilaian sebesar £2.6 miliar berdasarkan posisi klub di pasar saham.

Meskipun seharusnya memiliki kekayaan yang berlimpah,namun rupanya Sheikh Jassim tidak bersedia merogoh kantungnya lebih dalam lagi.

Makna Saham Minoritas Sir Jim Ratcliffe’s Bagi Keluarga Glazer

Pernyataan asli dalam pengumuman penjualan Manchester United pada November 2022 lalu memang harus dibaca lebih cermat.

Di situ tertulis “Proses untuk mengeksplorasi alternatif-alternatif strategis” melibatkan “investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan perusahaan.”

Jadi, meskipun fans Man United sangat sangat menginginkan kepergian Klauraga Glazer, Glazers tidak pernah benar-benar berkomitmen untuk pergi begitu saja, apalagi melepas sepenuhnya kepemilikan mereka di MU.

Dengan hanya membeli 25% saham klub, termasuk saham dari Glazers dan investor lainnya untuk menghindari masalah hukum, Ratcliffe tidak akan membuat keluarga Glazer terdepak dari Manchester United.

Masih harus dilihat apakah Glazers akan melepaskan kendali kepada Ratcliffe untuk keputusan di bidang olahraga di Old Trafford, karena Glazer tetap ingin menjadi bagian penting dari semua keputusan yang dibuat oleh klub.

Setelah meraup sekitar £165 juta dalam pembagian dividen sejak pembelian mereka pada tahun 2005, yang artinya lebih dari £9 juta per tahun, ngapain juga Glazers menyerahkan sumber uang mereka begitu saja?

Kini, keputusan untuk menerima usulan Ratcliffe akan diambil setelah pemungutan suara dari dewan klub. Enam saudara Glazer mengisi setengah dari dua belas kursi, tetapi memiliki 96% hak suara. Jika mereka ingin kesepakatan ini terwujud, maka itu pasti akan terjadi.

Sheikh Jassim Lirik Tottenham Hotspur?

Dengan mundurnya Sheikh Jassim dari rencana untuk mengakuisisi Manchester United, Mark Ogden, seorang jurnalis ESPN, mengabarkan bahwa Sheikh Jassim kemungkinan akan mengalihkan bidikannya ke klub London Utara, Tottenham Hotspur.

ALlasannya simpel, kepemilikan grup Qatar di sepak bola Eropa saat ini yang paling besar adalah di PSG, dan rupanya Liga Prancis dianggap tidak cukup besar untuk memenuhi ambisi mereka.

Dan orang-orang tajir Qatar pasti ingin punya klub besar di Premier League, kompetisi paling heboh dan paling elit di dunia. Jika grup Abu Dhabi punya Manchester City, dan Arab Saudi punya Newcastle United, maka dengan membeli Tottenham, Qatar akan juga punya klub bergengsi di Premier League. Masuk akal bukan, kenapa tidak?

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!