Gara-gara Ketawa Saat Mengheningkan Cipta, Pemain Timnas Perancis Diinterogasi!

Gila Bola – Bek tim nasional Prancis, Jean-Clair Todibo, diinterogasi oleh badan etika federasi sepak bola Prancis terkait tingkahnya yang tertawa saat mengheningkan cipta untuk korban perang di Timur Tengah.

Jean-Clair Todibo dipanggil untuk memberikan penjelasan setelah dia terekam layar televisi tertawa selama waktu mengheningkan cipta. Momen ini selain menghormati para korban perang juga sebagai penghormatan bagi seorang guru yang tewas di Prancis akibat serangan yang diduga dilakukan oleh ekstremis.

Kronologi Kejadian

Kejadian ini berlangsung sebelum pertandingan kualifikasi Piala Eropa antara Prancis vs Belanda yang dimenangkan oleh Prancis dengan skor 2-1 pada hari Sabtu 14 Oktober 2023.

Federasi sepak bola Prancis belum memberikan komentar resmi terkait pemanggilan pemain yang juga memperkuat OGC Nice.

Menurut surat kabar L’Equipe, badan etika sepak bola Perancis telah mengirimkan surat kepada pemain Nice ini untuk meminta penjelasan.

“Kami secara resmi meminta penjelasan dari Todibo terkait sikap yang tidak hormat selama menit mengheningkan cipta tersebut,” kata Patrick Anton, presiden badan etika sepak bola Perancis. “Jika penjelasannya tidak memuaskan, kami akan merujuk kasusnya ke komite disiplin federasi sepak bola Prancis.”

Jean-Clair Todibo, yang dipanggil secara mendadak oleh pelatih Prancis Didier Deschamps setelah bek Arsenal William Saliba mengundurkan diri dari Timnas Perancis, tidak tampil dalam pertandingan melawan Belanda.

Timnas Perancis Lolos, Belanda Masih Ada Peluang

Kemenangan Perancis pada Sabtu dinihari (14/10) tersebut memastikan Les Bleus lolos ke Jerman untuk Piala Eropa 2024. Perolehan poin mereka 18 sudah cukup. Tinggal perebutan posisi satu-dua saja yang tersisa.

Belanda yang kalah 1-2 masih memiliki sisa tiga pertandingan karena baru bermain lima kali sehingga pasukan Ronald Koeman itu belum bisa dikategorikan tersingkir. Tapi mereka harus memenangkan tiga laga sisa.

Perancis posisi pertama di Grup D dengan nilai 18 dan selisih gol +13, hasil dari memasukkan 13 dan kebobolan nol. Gawangnya tetap bersih dari enam pertandingan sejauh ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!