Agar Irlandia Lolos, Biarkan Belanda Menang 12-0! Skenario Aneh di Kualifikasi Euro 2024

Gila Bola – Muncul skenario aneh di kualifikasi Euro 2024. Republik Irlandia harus kalah agar bisa punya peluang lolos ke Jerman tahun depan. Kalau perlu gawang dibuka lebar-lebar agar calon lawan mereka Belanda menang dengan skor 12-0! Mau 30 gol juga boleh. Begini ceritanya.

Republik Irlandia, guna membedakan dengan Irlandia Utara yang merupakan entitas sepak bola lainnya, sudah pasti tersingkir dari putaran final Piala Eropa 2024 yang akan berlangsung di Jerman.

Posisi tim hijau yang dilatih oleh Stephen Kenny ini memprihatinkan, duduk di posisi keempat Grup B, nilai hanya tiga saja dari enam pertandingan, hasil dari satu-satunya kemenangan kontra tim paling lemah Gibraltar. Lima laga sisanya? Kalah.

Jadi, secara matematis sudah tidak ada harapan untuk bermain di turnamen kebanggaan Eropa itu pada Juni-Juli tahun 2024. Kecuali, jika mereka menyerah kalah dengan skor sangat besar lawan Belanda pada matchday ketujuh, November 2023.

Mengapa Irlandia Perlu Mengalah Kontra Belanda? Agar Oranje Lolos

Dengan Irlandia mengalah saat menghadapi tim Ronald Koeman ini pada pertemuan mereka di Johan Cruyff Arena di Amsterdam pada 18 November 2023 nanti maka Belanda akan meraih tiga poin, yang membuat Virgil van Dijk dan rekan-rekannya meraih total 12 poin.

Itu akan berarti Oranje memiliki perolehan poin sama banyak dengan Yunani di atasnya yang saat ini juga sudah mengoleksi 12 poin. Kedua tim itu akan saling bertemu pada 16 Oktober nanti di The Agia Sophia Stadium, dengan harapan Oranje mengungguli tuan rumah.

Cody Gakpo dan rekan-rekannya itu sudah pernah menang 3-0 atas Kostas Tsimikas dan teman-temannya pada pertemuan pertama di Philips Stadion di kota Eindhoven pada September lalu.

Jadi jika Belanda juga menang pada pertemuan kedua di Athens maka secara head to head mereka akan mengungguli Yunani untuk perebutan tempat kedua, dengan Perancis yang unggul sendirian di atas dengan 18 poin sudah memastikan kelolosan ke Jerman.

Lalu Mengapa Oranje Harus Lolos Otomatis ke Jerman?

Itu karena masih ada jatah tiga tim lagi yang bisa lolos ke Jerman melalui play-off kompetisi UEFA Nations League. Aturan mengatakan, mereka yang belum lolos otomatis melalui kualifikasi Euro 2024 yang sedang berjalan ini, bisa lolos melalui tahap play-off.

Akan dipilih empat tim dari Liga A, empat tim dari Liga B dan empat sisanya dari Liga C. Bagaimana kriteria pemilihan? Berdasarkan penampilan terbaik di kompetisi Nations League.

Aturan UEFA mengatakan, jika ada kurang dari empat tim dari satu liga (A, B atau C) memasuki tahap play-off maka slot yang tersedia akan dialokasikan bagi juara grup terbaik dari Liga D. Dalam hal ini Estonia.

Aturan berikutnya mengatakan, slot lain yang tersedia akan diberikan pada tim ranking terbaik berikutnya yang belum lolos. Agar Republik Irlandia bisa masuk ke tahap play-off, tidak boleh ada tujuh tim di atas mereka pada ranking Nations League yang belum lolos otomatis melalui kualifikasi Euro.

Belanda adalah salah satu tim yang lebih baik daripada Irlandia karena merupakan salah satu tim di Liga A Nations League, tetapi belum pasti lolos karena saat ini tengah menduduki ranking ketiga Grup B.

Jadi, jika Belanda dibiarkan atau dibantu menang, dan unggul dengan banyak gol ke gawang Irlandia, maka Wout Weghorst dan rekan-rekannya akan melampaui posisi Yunani. Dan karena Yunani menempati ranking Nations League yang lebih rendah daripada pasukan Stephen Kenny maka merekalah yang akan menjadi salah satu tim play-off.

Intinya, biarin sok Oranje menang dengan gol sebanyak-banyaknya ke gawang Gavin Bazunu agar lolos otomatis melalui kualifikasi Euro dan agar tidak mengambil jatah Irlandia di play-off UEFA Nations League, yang bisa memberi tiket ke Jerman. Itu doang intinya, mah. Paham, belum?

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!