Mikel Arteta Ungkap Rahasia di Balik Tiga Kemenangan Besar Arsenal di Laga Tandang

Gila Bola – Mikel Arteta menghadapi banyak pertanyaan setelah Arsenal mencatat kemenangan besar 6-0 atas Sheffield United pada Selasa (5/3) dini hari WIB di laga lanjutan Liga Inggris.

Hasil ini menandai Arsenal sebagai tim pertama dalam sejarah Liga Inggris di semua level yang memenangkan tiga pertandingan tandang berturut-turut dengan margin setidaknya lima gol.

Kemenangan tersebut mengikuti kesuksesan sebelumnya di kandang West Ham (0-6) dan Burnley (0-5), dengan mereka sekarang juga berada dalam tujuh kemenangan beruntun di Premier League.

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, yang kami beritakan dari situs klub, Arteta menyampaikan kekagumannya terhadap penampilan tim pada malam itu, mengakui bahwa start yang kuat di sebuah tempat yang sulit telah membuat perbedaan signifikan.

Dia menyoroti agresivitas dan positivitas tim, serta kemampuan mereka untuk mengeksploitasi sepertiga akhir lapangan, yang membawa mereka ke posisi yang menguntungkan.

Ketika ditanya tentang pergantian Bukayo Saka, Arteta mengungkapkan bahwa Saka merasa sedikit tidak nyaman dan keputusan untuk memasukkan Fabio Vieira adalah untuk memberinya waktu bermain.

Taktisi Spanyol juga menyebutkan cedera ringan yang dialami penyerang sayap lainnya, Gabriel Martinelli, dan menyatakan bahwa kondisinya akan terus dipantau.

Mengenai selisih gol yang bisa menjadi faktor penentu dalam perburuan gelar, Arteta mengakui pentingnya mencetak banyak gol dan mencatatkan clean sheet. Namun, dia menekankan bahwa yang terpenting adalah memenangkan setiap pertandingan yang dihadapi.

Arteta juga berbicara tentang dampak positif yang dibawa oleh rekrutan musim panas terakhir, mengatakan bahwa pemain-pemain baru telah membawa sesuatu yang tidak dimiliki oleh skuad sebelumnya dan terus berkembang. Dia mengakui bahwa masih ada sebagian besar musim yang tersisa dan menyadari tantangan yang ada.

Ditanya tentang dominasi Arsenal dalam pertandingan tersebut, Arteta menekankan pada upaya berkelanjutan untuk meningkatkan diri di setiap aspek permainan dan memuji pemahaman serta keinginan para pemain untuk terus berkembang.

Terkait kemungkinan melakukan perjalanan pertengahan musim lagi, Arteta menyebutkan bahwa mayoritas skuad akan terlibat dalam pertandingan internasional, sehingga tidak akan ada kesempatan untuk berkumpul bersama.

Arteta juga menyoroti sikap tim ketika unggul 3-0, menekankan pada tuntutan internal yang tinggi dan pentingnya tidak pernah merasa puas. Dia menambahkan bahwa para pemain sadar akan apa yang diinginkan dari mereka, baik dalam latihan maupun dalam mengatur permainan.

Mengenai kembalinya Thomas Partey, Arteta mengatakan bahwa Partey tersedia untuk bermain beberapa menit dan perlu membangun kebugarannya setelah absen empat bulan.

Arteta juga berbicara tentang pentingnya kesinambungan dalam perburuan gelar dan menyebutkan bahwa pilihan untuk pertandingan itu didasarkan pada apa yang dianggap terbaik untuk menjadi starter. Dia menekankan pada perlunya mengatur menit bermain semua pemain mengingat jadwal pertandingan yang padat yang akan datang.

Absennya Takehiro Tomiyasu juga disinggung, dengan Arteta menyatakan bahwa Tomiyasu sangat dekat untuk kembali bermain setelah sudah mulai berlatih di lapangan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!