Peluang The Hammers dan Kekhawatiran Manchester City di Pertandingan Pamungkas!

Liga Inggris musim 2023/2024 akan mencapai klimaksnya di pekan terakhir hari Minggu 19 Mei, West Ham akan menjadi rintangan terakhir bagi Manchester City dalam perebutan gelar juara.

Kedua tim akan melakoni pertandingan terakhir mereka di kandang masing-masing. Manchester City akan menjamu West Ham United di Etihad Stadium, sedangkan Arsenal menyambut Everton di Emirates Stadium.

City saat ini memimpin klasemen dengan 88 poin, unggul dua poin dari Arsenal. Kemenangan atas West Ham akan memastikan gelar juara mereka. Namun, hasil imbang atau kekalahan akan membuka peluang bagi Arsenal untuk merebut tahta.

West Ham, yang tidak memiliki kepentingan dalam perebutan gelar, dapat memainkan peran krusial dalam menentukan nasib Arsenal. Kemenangan mereka atas City akan membuka peluang bagi The Gunners untuk meraih gelar juara.

Mari kita lihat bagaimana peluang terjadinya drama di pertandingan terakhir Liga Inggris dan apakah West Ham akan dapat memberikan bantuan bagi Arsenal dalam persaingan perebutan gelar juara musim ini.

West Ham Sedang Dalam Kesulitan!

Manchester City melawan West Ham, tim yang sedang kesulitan dalam lima laga terakhirnya. Tim asuhan David Moyes cuma menang sekali, dan sisanya dua kali kalah serta dua kali imbang.

West Ham juga kalah dominan dari Manchester City dalam 7 laga terakhir. Hanya satu kemenangan yang berhasil diraih oleh The Hammers, sedangkan sisanya 5 kali kalah dan sekali imbang.

Meski begitu, tentu bukan jaminan City akan bisa meraih tiga poin akhir pekan nanti dengan mudah. Bisa saja West Ham membuat kejutan dengan menjegal sang juara bertahan. Meski tampaknya akan … sulit!

Pada pertemuan pertama musim ini, West Ham dikalahkan Man City di kandang sendiri. West Ham kalah 1-3. West Ham sebenarnya sempat memimpin lewat gol James Ward-Prowse di menit 36. Namun, Man City akhirnya menang melalui gol-gol Jeremy Doku menit 46, Bernardo Silva menit 76, dan Erling Haaland menit 86.

West Ham juga tercatat selalu kalah dalam tujuh laga tandang terakhir vs Man City di Premier League. Musim lalu, West Ham tumbang 0-3 di markas Man City. Waktu itu, West Ham kalah oleh gol-gol Nathan Ake menit 49, Erling Haaland menit 70, dan Phil Foden menit 85.

Man City sendiri saat ini sedang konsisten meraih tiga poin. Dengan hasil kontra Tottenham, berarti Man City selalu menang dalam delapan laga terakhir di Premier League.

Selama Man City tidak mendadak ‘kehabisan bensin’, sulit bagi West Ham untuk menciptakan kejutan. Jika itu yang terjadi, maka harapan Arsenal untuk juara pun bakal kembali musnah.

Apakah para pendukung Manchester City sama sekali tidak perlu khawatir dengan West Ham? Tentu tidak semudah itu, Pep Guardiola pun sedang ketar-ketir jelang pertemuan melawan skuad David Moyes.

Empat Kekhawatiran Pep Guardiola

Man City wajib menang untuk mengamankan juara tanpa melihat hasil laga Arsenal. Jika imbang atau kalah, Man City tetap bisa juara asalkan Meriam London gagal meraih angka penuh atas Everton.

Man City bakal kehilangan gelar ketika imbang atau kalah melawan The Hammers dan Arsenal menang atas Everton. Pasalnya, Arsenal punya keunggulan selisih gol atas Man City.

Manajer Man City, Pep Guardiola, berusaha mempersiapkan timnya dengan sangat baik menjelang laga krusial di pekan terakhir. Ia yakin anak asuhnya bakal meraih hasil terbaik.

Apalagi, Man City sudah berpengalaman mengamankan gelar di pekan terakhir. Salah satu yang paling ikonik adalah saat Man City juara usai menang comeback 3-2 atas Queens Park Rangers pada pekan 2011/2012.

Meski begitu, pria asal Spanyol ini tetap mewaspadai West Ham. Ia menilai ada empat pemain yang berbahaya dari kubu West Ham United. Mereka adalah Mohammed Kudus, Michael Antonio, James Ward-Prowse, dan Tomas Soucek.

Keempat pemain tersebut bisa saja membuat kewalahan skuad Manchester City, oleh karenanya Guardiola benar-benar sedang mempersiapkan skuadnya untuk semua kemungkinan yang terjadi di hari pertandingan nanti.

Pemain Yang Absen dan Cedera

Manchester City asuhan Pep Guardiola mungkin menghadapi beberapa tantangan susunan pemain, terutama di posisi penjaga gawang. Ederson diperkirakan absen setelah bertabrakan di pertandingan sebelumnya melawan Spurs.

Kevin De Bruyne juga masih diragukan setelah digantikan pada pertandingan yang sama. Potensi absennya pemain ini dapat mendorong Guardiola untuk melakukan beberapa perubahan taktik.

West Ham, dalam pertandingan yang akan menjadi perpisahan bagi manajer David Moyes, juga memiliki kekhawatiran cedera.

Keputusan akan dibuat mendekati hari pertandingan terkait Nayef Aguerd dan Konstantinos Mavropanos, yang keduanya sedang pulih dari cedera baru-baru ini.

Sayangnya bagi The Hammers, gelandang Kalvin Phillips absen pada pertandingan ini, tidak hanya karena cedera tetapi juga karena aturan kelayakan melawan klub induknya.

Prediksi Pertandingan dan Analisis

Manchester City memasuki pertandingan ini dengan membawa rekor performa yang luar biasa. Dengan performa mereka yang tak kenal lelah, sulit untuk membayangkan West Ham bisa mencuri poin dari The Cityzens.

Dalam pertandingan berisiko tinggi ini, City diunggulkan untuk mendominasi jalannya pertandingan, mempertahankan disiplin taktik mereka dan menunjukkan kedalaman skuat mereka, bahkan berpotensi tanpa pemain kunci seperti Ederson dan De Bruyne.

Narasi seputar kepergian Moyes bisa menambah lapisan emosional pada pertandingan, tetapi kualitas dan performa City mungkin terlalu berat untuk The Hammers.

Pertandingan ini tidak hanya menjadi momen penting bagi West Ham tetapi juga pertandingan krusial dalam pengejaran City untuk gelar juara lainnya di bawah kepemimpinan Guardiola. Para fans yang hadir atau menonton dapat mengharapkan pertandingan yang penuh dengan permainan strategis dan, tentu saja, sepak bola Liga Premier papan atas.

Bersiaplah untuk hari Minggu yang penuh drama, taktik, dan mungkin gol di Etihad, saat Manchester City berusaha untuk memperkuat posisi teratas mereka sementara West Ham mengucapkan selamat tinggal pada sebuah era. Apakah Anda seorang Cityzen atau Hammer, pertandingan ini tidak boleh dilewatkan.

Dengan dominasi Manchester City yang berlanjut di Liga Premier dan West Ham yang sedang melalui masa transisi, pertandingan ini menawarkan lebih dari sekadar poin – ini menandai akhir dari sebuah era dan mungkin awal dari era lainnya.

Bagaimana Jika Man City Vs West Ham Berakhir Imbang?

Skenario ini bisa saja terjadi. Hasil imbang antara City dan West Ham akan membuat tim asuhan Pep Guardiola mengoleksi 89 poin.

Arsenal tetap wajib mengalahkan Everton dan berupaya mencetak gol sebanyak-banyaknya. Itu akan membuat perolehan poin mereka akan sama dengan The Cityzens.

Berdasarkan aturan Liga Primer, jika kedua tim memiliki poin yang sama maka peringkat akan ditentukan dengan selisih gol. Saat ini Arsenal masih unggul dari City dalam hal selisih gol, dengan Meriam London mencatatkan +61 sedangkan The Cityzens +60. Jika skenario ini terjadi, maka Arsenal akan keluar sebagai juara Liga Primer musim ini.

5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim

  • 16-09-2023 West Ham 1-3 Man City (Premier League)
  • 04-05-2023 Man City 3-0 West Ham (Premier League)
  • 07-08-2022 West Ham 0-2 Man City (Premier League)
  • 15-05-2022 West Ham 2-2 Man City (Premier League)
  • 28-11-2021 Man City 2-1 West Ham (Premier League)

Akankah West Ham United bisa menciptakan keajaiban di Etihad Stadium atau setidaknya mempersulit Manchester City di laga terakhir mereka? Hanya waktu yang akan bisa menjawab!

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!