Pemain Brasil Ini Sudah Cetak 12 Gol Bagi Brighton, 7 Dari Penalti

Gila Bola – Diam-diam pemain Brasil ini sudah mencatatkan 12 gol bagi Brighton di semua kompetisi, dengan tujuh datang dari titik penalti, termasuk tadi malam ke gawang Tottenham Hotspur.

Tim arahan Roberto De Zerbi itu membuka skor melalui gol gelandang 18 tahun, Jack Hinshelwood. Serangannya pada menit 11 itu merupakan gol keduanya di ajang Liga Inggris setelah merobek jala gawang Brentford pada 6 Desember lalu.

Sebuah pelanggaran menarik jatuh pemain the Seagulls dilakukan Dejan Kulusevski dan wasit memberi tim biru hadiah penalti pada menit 23 pertandingan yang selesai pada Jumat dinihari (29/12). Itu merupakan gol penalti ketujuh kalinya dari Joao Pedro.

Tapi drama belum berakhir. Masih ada dua gol lagi terjadi, masing-masing melalui pemain pengganti Pervis Estupinan menit 63 dan kemudian satu penalti lagi dari Joao Pedro 14 menit jelang akhir.

Dengan demikian si pemain Brasil itu sudah menyumbangkan 13 gol bagi si Burung Camar musim ini, delapan datang dari titik penalti.

Dalam waktu 9 menit sebelum laga di Amex Stadium ini berakhir, Alejo Veliz dan Ben Davies mencetak dua gol balasan bagi tim tamu.

Gol-gol Joao Pedro

Tingkat kesulitan Premier League terlihat dari komposisi golnya. Serangan terakhir Joao Pedro yang berujung gol terjadi dalam kemenangan Liga Europa kontra Marseille pada 14 Desember kemarin.

Sebelum itu, dua gol dalam kemenangan 2-3 di Nottingham dan satu gol dalam kekalahan 3-2 di Chelsea, terjadi sebelum dan sesudah golnya dalam kemenangan 0-1 di AEK Athens.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Empat gol lain, dua ke gawang AEK, satu masing-masing kontra Ajax dan Marseille, seluruhnya terjadi di ajang Liga Europa.

Brighton Berhasil Cegah Spurs Lepaskan Serangan Tepat Sasaran

Apa yang menarik dari pertandingan Liga Inggris di Stadion Amex ini adalah kemampuan anak-anak De Zerbi dalam bertahan.

Mereka kalah dalam hal dominasi bola, tapi memiliki keunggulan menciptakan peluang gol sampai dengan 15 kali selama 90 menit, dan sembilan serangan tepat sasaran ke gawang Guglielmo Vicario. Empat menjadi gol melalui Hinshelwood dan Joao Pedro (2), serta Pervis Estupinan.

Coba bandingkan itu dengan apa yang dilakukan Son Heung-min dan rekan-rekannya. Memiliki 55 persen penguasaan bola, menciptakan 12 kali peluang gol, tapi tahukah kamu berapa tepat sasaran ke gawang Jason Steele? Tiga saja, dengan dua menjadi gol jelang akhir.

Betapa berbahayanya serangan-serangan the Seagulls terlihat dari angka xG atau harapan gol tuan rumah yang mencapai 3.62 selama 90 menit, unggul jauh daripada xG tim tamu yang hanya 1.85.

Peran besar kiper Italia, Vicario, terlihat dari jumlah penyelamatan yang dilakukannya sebanyak lima kali. Jika bukan karena mantan stopper Empoli tersebut, entah berapa jumlah gol yang sudah bersarang di gawang Spurs.

Brighton naik ke posisi delapan dan mengoleksi nilai 30 poin meraih tiga poin ini, sedangkan Spurs tertahan di urutan lima dengan 36 poin.