David De Gea di laga Manchester United vs Sevilla di Liga Europa

Gila Bola – Manajer Manchester United, Erik ten Hag, tetap membela David de Gea setelah penampilan buruknya di babak perempat final Liga Europa melawan Sevilla.

Kiper asal Spanyol itu menjalani laga terburuk yang pasti ingin dilupakannya apalagi bermain di kandang sendiri, dengan kesalahan individunya menjadi penyebab kekalahan telak 3-0 bagi Setan Merah yang mengakhiri perjuangan mereka di Liga Europa dengan kekalahan agregat 5-2.

De Gea mengirimkan bola dengan cara terburuk kepada Harry Maguire di awal pertandingan yang memungkinkan Youssef En-Nesyri mencetak gol pertama, sementara kiper United itu juga memberikan bola ke pemain yang sama di menit akhir ketika dia terdampar di luar kotak penalti dengan gawang yang tidak terjaga di belakangnya.

Ten Hag menghargai alasan mengapa ada pertanyaan tentang penampilan De Gea, tetapi ia mengatakan tentang kiper yang telah mencatat lebih banyak clean sheet untuk United daripada kiper manapun dalam sejarah klub, dan saat ini memimpin perolehan Golden Glove di Liga Premier 2022-23.

“Dia adalah orang yang memiliki clean sheet terbanyak di Liga Premier, jadi itu menunjukkan dia adalah kiper yang sangat mumpuni.” kata Ten Hag.

Ten Hag berusaha untuk tidak menyalahkan pemainnya setelah melihat upayanya untuk meraih gelar berakhir lagi melawan Sevilla. Pelatih asal Belanda itu mengatakan tentang kegagalan kolektif.

“Kita harus belajar. Kita harus memulai pertandingan dengan lebih baik, memiliki lebih banyak keinginan, semangat, ketenangan dalam menguasai bola. Dan ketika kita mengalami kegagalan, kita harus menghadapinya dan kembali menguasai bola. Kita harus menjadi lebih baik. Ini bukan tentang keterampilan bermain. Ini tentang karakter. Mereka memiliki lebih banyak keinginan untuk menang dan itu tidak bisa diterima. Kita harus membangkitkan semangat para pemain. Tapi kita juga harus menghadapi kenyataan bahwa kita mengecewakan diri sendiri, kami mengecewakan para penggemar. Jika Anda ingin memenangkan trofi, jika Anda ingin sukses, Anda membutuhkan karakter.” tambah Ten Hag.

Manchester United akan tetap bertanding di kompetisi sistem gugur ketika kembali beraksi pada hari Minggu malam nanti, Ten Hag akan mempersiapkan timnya untuk bertanding di semifinal Piala FA melawan Brighton di Wembley.