Pertandingan Derby London: Strategi Chelsea Redam Taktik The Hammers

Gila Bola – Chelsea dan West Ham akan berlaga di Derby London pertama mereka dalam musim ini, setelah bermain imbang 1-1 dalam pertandingan pembukaan mereka. Skor yang sama juga terjadi saat kedua tim bertemu di London Stadium pada bulan Februari 2023.

Pelatih West Ham, David Moyes, belum pernah mendominasi ketika melawan Mauricio Pochettino, pelatih baru Chelsea, dengan kekalahan sekali dan hasil imbang empat dari lima pertemuan liga mereka sampai saat ini.

Kita akan terlebih dahulu melihat perkembangan Chelsea jelang laga melawan West Ham ini.

Akhir pekan lalu, absennya Christopher Nkunku memaksa Pochettino untuk melakukan penyesuaian strateginya. Minggu ini, pelatih asal Argentina itu akan menempatkan Malo Gusto untuk menggantikan Reece James yang cedera, dan Moises Caicedo akan dapat membantu taktiknya berjalan sesuai rencana.

Dahulu Brighton menggunakan Caicedo sebagai gelandang tengah dan bahkan kadang-kadang sebagai bek kanan. Pemain Ekuador ini menempati peringkat kedua tertinggi dalam liga untuk tekel dan intersepsi musim lalu.

Meskipun cara bermainnya yang berfokus pada pertahanan akan membebaskan gelandang lain, hanya lima pemain yang berhasil melakukan umpan sukses yang lebih banyak, dan usahanya untuk merebut kembali bola menghasilkan 18 percobaan gol – hanya kalah dari Rodri dari Manchester City. Di bawah Poch, dia kemungkinan besar akan bermain dalam formasi segitiga dengan Enzo, Conor Gallagher, atau Carney Chukwuemeka yang bermain lebih maju.

Di antara banyak penampilan yang meyakinkan saat melawan Liverpool, Axel Disasi menjadi pemain ke-91 Chelsea yang mencetak gol pada debutnya. Bek Chelsea terakhir yang mencetak gol pada pertandingan kandang pertamanya adalah Kalidou Koulibaly melawan Tottenham satu tahun sebelumnya. Pemain asal Prancis ini berhasil melakukan 89 umpan, angka keempat tertinggi untuk debut di Premier League.

Setelah 20 menit pembuka yang tidak pasti saat melawan skuad Jurgen Klopp, gaya bermain cepat, mengalir, dan penuh daya yang baru adalah sesuatu yang menarik untuk ditonton, dan saat Nicolas Jackson berlari pada menit ke-93 adalah gambaran peningkatan kekuatan. Tidak ada pemain di lapangan yang merebut posisi lebih sering daripada 10 kali dari yang dilakukan Conor Gallagher.

Gelandang dan pertahanan yang terorganisir dengan baik membatasi Liverpool yang biasanya produktif.

Beralih ke skuad West Ham United, ini adalah periode naik-turun bagi tim David Moyes, yang meraih trofi Liga Konferensi Europa dan mengambil tiket ke Liga Europa musim ini, tetapi mereka kini kehilangan pemain kunci seperti Declan Rice yang pindah ke Arsenal dan mungkin akan kehilangan pemain penting lain sebelum jendela transfer ditutup.

Untuk hasil imbang pertandingan pembuka melawan Bournemouth, Tomas Soucek dipasangkan di tengah bersama Lucas Paqueta, tetapi pemain berusia 25 tahun ini telah dihubungkan dengan kepindahan ke Manchester City untuk mengisi kekosongan posisi Kevin De Bruyne.

Musim lalu, David Moyes tampaknya lebih memilih Declan Rice sebagai gelandang tengah untuk mengambil posisi menyerang. Kemampuan James Ward-Prowse dalam mencetak gol dari tendangan set-piece akan menambah ancaman baru bagi West Ham, tetapi Paqueta juga bukan pemain yang lambat, dengan memberikan kontribusi tujuh gol dalam musim 2022/23.

West Ham kekurangan striker usai kepergian Gianluca Scamacca yang bergabung dengan Atalanta, dan kekhawatiran membebani Michail Antonio bisa menjadi masalah. Dari bangku cadangan, ada pilihan winger dinamis Maxwell Cornet, penyerang muda Divin Mubama, dan pencetak gol berpengalaman Danny Ings.

Di belakang, Craig Dawson telah pergi dan kedatangan Harry Maguire belum jelas. Gelandang bertahan/bek tengah Edson Alvarez, yang baru bergabung minggu ini dari Ajax, mungkin tidak akan dimainkan sampai dia beradaptasi dengan tuntutan fisik lebih berat di Premier League.

Edson Alvarez punya pengalaman buruk saat melawan Chelsea. Dalam pertandingan fase grup Liga Champions di Stamford Bridge pada 2019, dia menggantikan Hakim Ziyech pada menit ke-72 dengan skor 4-3 untuk keunggulan Ajax. Namun, Chelsea kemudian bangkit dengan kuat untuk mengakhiri pertandingan dengan skor 4-4.

Sementara itu, Alphonse Areola akan jadi pilihan pertama dibandingkan Lukasz Fabianski, empat bek West Ham di depannya kemungkinan adalah Vladimir Coufal, Nayef Aguerd, Kurt Zouma dan mantan pemain Chelsea lainnya, Emerson.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!