Premier League Resmi Selesai, Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Tiga Tim Degradasi Ini

Gila BolaPremier League musim 2022/23 resmi selesai Minggu malam (28/5) dan inilah tiga tim yang menangis karena dipaksa turun ke divisi selanjutnya, Championship, sekaligus kehilangan 1,2 Triliun rupiah untuk semusim ke depan. Termasuk Leicester City yang merupakan juara 2016.

Klub biru the Foxes ini menang 2-1 lawan West Ham United dalam laga terakhirnya. The Hammers di bawah arahan David Moyes merupakan finalis Liga Konferensi Europa dan sudah aman dari ancaman degradasi karena menduduki posisi 14 klasemen akhir Liga Inggris.

Tetapi tiga poin pasukan Dean Smith menjadi tidak ada artinya karena di saat yang sama rival degradasi Everton menang atas Bournemouth.

Leeds United Juga Terdegradasi 

Satu menit dan 31 detik adalah waktu yang dibutuhkan Harry Kane untuk menjebol gawang Joel Robles dan mengirim the Whites turun ke divisi Championship serta membuat klub berbasis di Elland Road ini kehilangan 1,2 Triliun rupiah dalam semusim ke depan.

Gol pertama ini diawali oleh Pedro Porro di sisi kanan lapangan yang mengirim umpan pendek ke arah Son Heung-min. Sementara tiga pemain Leeds mengurung sang bintang Korea Selatan itu, ia meneruskan bola ke arah Harry Kane yang menembak dari dalam kotak  ke sudut kanan atas gawang the Whites.

Leeds terlihat melawan dengan gagah berani dan mencatatkan kepemilikan bola yang sama banyaknya dengan Spurs, namun gol kedua dari Pedro Porro sepertinya memastikan kekalahan the Whites. Disusul dua gol lain dari Kane dan kemudian Lucas Moura pada menit kelima injury time.

Satu-satunya balasan Leeds datang dari Jack Harrison sebelum gol ketiga oleh Harry Kane.

Southampton Kejutkan Liverpool

Sudah sejak beberapa minggu silam tim asal pantai selatan Inggris ini sudah dipastikan terdegradasi karena jumlah nilainya tidak mencukupi untuk keluar dari zona degradasi.

Namun gelar sebagai tim degradasi tidak membuat mereka menyerahkan begitu saja laga terakhir musim dan mengejutkan tamunya Liverpool.

Pasukan Jurgen Klopp itu unggul lumayan cepat melalui gol-gol Diogo Jota dan Roberto Firmino saat pertandingan baru berjalan 14 menit, hanya untuk melihat tuan rumah membalaskan empat gol melalui James Ward-Prowse, Kamal Sulemana (2) dan kemudian Adam Armstrong.

The Reds terhindar dari kekalahan berkat gol-gol Cody Gakpo dan Jota dalam rentang dua menit menjelang akhir pertandingan di Saint Mary’s Stadium ini. Skor akhir 4-4. Southampton tetap akan bermain di Championship musim depan, tetapi setidaknya memberi kejutan bagi Liverpool.

Posisi Akhir Bagian Bawah Klasemen Liga Inggris

  • Posisi 16 Nottingham 38 kali bermain, poin 38
  • Urutan 17 Everton, 38 games, 36 poin
  • Ranking 18 Leicester 38, 34
  • Posisi 19 Leeds 38, 31
  • Urutan 20 Southampton 38, 25
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!