Tinggalkan Liverpool, Kemana Jurgen Klopp Selanjutnya?

Gila Bola – Jurgen Klopp akan tinggalkan Liverpool usai pertandingan terakhir Liga Premier melawan Wolves di Anfield, Minggu (19/5) malam ini.

Laga itu akan menjadi momen terakhir Klopp mendampingi The Reds sebelum akhirnya tinggalkan klub Merseyside yang sudah diasuhnya sejak tahun 2015 itu.

Pada bulan Januari lalu Klopp menyatakan akan mengundurkan diri pada akhir musim ini, karena ‘kehabisan energi’, dan berencana cuti panjang dari pekerjaannya sebagai pelatih, setelah sembilan tahun memandu di Anfield. Benarkah?

Diungkapkan Express Sport, kepada Anfield Wrap Klopp mengkonfirmasikan pada pekan ini bahwa dia ingin rehat selama beberapa saat dari kegiatannya mengasuh klub dan bersantai.

Ketika datang ke Anfield di bulan Oktober 2015, Klopp memang sedang jalani cuti panjang, tapi ia kemudian menyatakan setuju untuk mengambil alih pekerjaan melatih di klub tersebut.

“Pastinya, saya akan istirahat. Saya belum tahu bagaimana rasanya, tapi saya ingin (tahu), saya mungkin akan bepergian, leha-leha dan bertemu teman-teman saya,” tandas Klopp.

Jurgen Klopp Janji Tetap Hadir di Sepak Bola

“Saya hanya ingin jalani hidup saya. Apakah saya akan kangen pekerjaan saya? Mungkin iya, tapi saya bisa berada di sisi lain kehidupan, seperti ada di tribun, atau duduk di depan televisi dan menjadi liar saat menonton tayangan sepak bola di ruang tamu – mengapa tidak?! Saya harus merasakannya,” tambahnya.

“Saya tak bisa melakukannya sampai saya berusia 70-an (dan tidak tahu seperti apa rasanya). Seumur hidup, mengapa harus memulainya ketika kita berusia 70 tahun? Saya akan mencari klub kalau saya mau, tapi kenyataannya tidak ada. Saya cuti saja, kita lihat saja berapa lama nanti,” ujar pelatih yang juga pernah bersinar bersama Mainz dan Borussia Dortmund tersebut.

“Lalu saya akan bekerja, saya akan lakukan sesuatu 100 persen. Hal yang paling saya tahu adalah sepak bola, tapi mungkin ada sesuatu yang lain yang bisa saya lakukan, seperti saat ini. Saya tak bisa beristirahat dan sudah punya rencana setelah itu, saya ingin rehat, lihat saja nanti. Saya ingin menonton sepak bola, Euro, final Liga Champions!”, tegasnya.

Jurgen Klopp Tak Punya Rencana Lain Selain Kongkow-kongkow

Dalam pembicaraannya dengan media tersebut, Klopp juga mengkonfirmasikan dia tak punya rencana yang jelas setelah tinggalkan Anfield. “Saya sebenarnya tidak tahu,” ujar Klopp.

“Saya dapat undangan menonton final Liga Champions, mereka bilang ‘saya pikir dia tak akan datang’, tapi tentu saja saya akan datang, itu final Liga Champions dan saya tak punya kesibukan apa-apa,” tandas pelatih 56 tahun itu.

Klopp juga mengaku akan menonton Euro 2024 – yang kebetulan digelar di Jerman, karena ia juga mendapat tiket untuk beberapa pertandingan. Selebihnya, belum ada rencana spektakuler yang akan dilakukan Klopp usai tinggalkan jabatannya, kecuali kongkow-kongkow bersama rekan-rekan dekatnya.

“Saya juga tak akan terlibat dalam pembicaraan transfer apapun, itulah bedanya. Saya sangat menantikan saat-saat itu, walau saya belum punya rencana apa-apa setelah ini,” tambahnya.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!