Tragis Banget! Kemenangan Manchester City Batal Karena Penalti Menit Terakhir The Eagles

Manchester City gagal mempertahankan keunggulam dan ditahan imbang Crystal Palace dengan skor 2-2 di pekan ke-17 Liga Inggris, gol Jack Grealish dan Rico Lewis dibalas oleh Jean-Philippe Mateta dan gol telat Michael Olise.

Manchester City menjamu The Eagles pada laga lanjuta Premier League yang digelar di Etihad Stadium pada Sabtu malam (16/12/2023), gol pembuka tuan rumah dicetak oleh Jack Grealish di menit ke-24 dan gol dari Rico Lewis menit ke-54 babak kedua. Sementara gol balasan tim tamu dicetak oleh Jean-Philippe Mateta di menit ke-76 dan gol menit 90+5 dari Michael Olise dari titik penalti.

Hasil imbang ini untuk sementara menempatkan The Citizen tetap berada di posisi keempat klasemen Liga Inggris dengan raihan 34 poin, dan alih-alih mendekati Arsenal dan Aston Villa, kini justru Tottenham Hotspur di posisi kelima mengancam posisi skuad Guardiola.

Babak pertama dimulai dengan peluang dari Julian Alvarez yang nyaris mencetak gol ketika sundulannya masih bisa diantisipasi dengan ceatan oleh kiper Dean Henderson, yang telah kembali membela Palace setelah pulih dari cedera.

Ruben Dias kemudian melepaskan tendangan melengkung yang sayangnya hanya melambung di atas mistar gawang. City semakin meningkatkan tekanan, dan Palace bertahan mengandalan formasi 5-4-1.

Serangan tuan rumah menyisir di sepanjang sisi kanan, di mana Rico Lewis berhasil menarik bola kembali untuk Rodri. Sayang tembakan Rodri terdeflesi dan akhirnya melebar dari sasaran.

Di menit ke-24 akhirnya Jack Grealish yang pertama mencatatkan namanya di papan skor untuk ketiga kalinya berturut-turut dalam tiga pertandingan terakhir di Premier League, serta merubah kedudukan menjadi 1-0.

Gol tersebut tercipta melalui kombinasi yang brilian, Rodri mengirimkan bola kepada Phil Foden. Umpan Foden kepada Grealish yang kemudian dengan tenang menjebol gawang Palace. Setelah pemeriksaan VAR yang cukup lama terkait offside, gol Grealish akhirnya dinyatakan sah oleh wasit.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Josko Gvardiol juga sempat mendapat peluang emas, namun sundulannya dimentahkan oleh Henderson. Saat itu ia melaju menuju gawang lawan setelah menyambut umpan atas, dan meski berhasil masuk ke kotak penalti, tembakannya berhasil dimentahkan oleh Henderson.

Ederson beruntung tak mendapatkan kartu merah dari wasit, ia hanya mendapat kartu kuning dalam situasi genting di area penalti tuan rumah. Saat itu Jean-Philippe Mateta berada dalam posisi baik untuk melepaskan tembakan, tetapi Ederson keluar dari gawangnya dan melakukan tackling di tepi kotak penalti.

Meskipun mendapat kartu kuning, VAR sempat digunakan untuk memeriksa keputusan tersebut. Ruben Dias yang berada di posisi bertahan berhasil mengamankan Ederson dari kartu merah dan mencegah Guardiola menghadapi masalah besar.

City mendominasi pertandingan dan seharusnya bisa unggul lebih banyak di babak pertama, Skuad asuhan Pep Guardiola tetap dominan di babak kedua.

Di meit ke-52 VAR membatalkan gol The Citizen, ketika Julian Alvarez mengirimkan tendangan bebas dari kiri yang masuk ke gawang. Tetapi VAR memutuskan Rodri berada dalam posisi offside dan juga mengganggu jalannya permainan.

Tak butuh lama bagi Manchester City untuk mencetak gol kedua mereka, Rico Lewis membuktian dirinya mampu menjadi pemain kunci dengan mencetak gol pertamanya di Premier League.

Pemain jebolan akademi City ini berhasil menjebol gawang setelah memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti Crystal Palace, dan langsung merayakan gol pertamanya dengan penuh semangat. Meskipun ada pemeriksaan VAR terkait kemungkinan offside, gol tetap dinyatakan sah.

Jean-Philippe Mateta berhasil mencetak gol balasan di menit ke-76. Tanpa terduga, Richards mengirimkan bola panjang dari dalam setengah lapangan sendiri, dan Walker yang tertidur terkejut saat Schlupp bergerak cepat di antara dia dan Dias.

Winger Palace tersebut mengirimkan umpan silang melewati kaki Dias, dan Mateta benar-benar bebas di tengah kotak penalti untuk dengan mudah menyonteknya ke dalam gawang yang kosong!

Dan siapa yang menduga coba, kemenangan di depan mata bubar seketika saat di masa injury time menit 90+3 hadiah penalti diberian epada tim tamu!

Umpan silang dari Franca menyebabkan berbagai masalah bagi City, dan Richards hanya bisa menepis bola ke arah Mateta yang akinya ditendang oleh Phil Foden membuatnya terjatuh dan wasit langsung menunjuk titik putih. Pemain City marah, tetapi Palace memiliki kesempatan untuk mencuri satu poin di menit-menit terakhir!

Dan benar saja, Palace menyamakan skor pada menit terakhir! Michael Olise tampil tenang saat mengambil langkah pendek menuju titik penalti, dan melambat sejenak sebelum menendang bola. Dia mengarahkannya ke sisi kiri gawang, dan Ederson, yang sudah melompat ke arah sebaliknya, hanya bisa melihat bola bergulir ke sudut bawah gawangnya. Skor akhir 2-2!