UEFA Tidak Bakal Halangi Investor Qatar Untuk Akuisisi Manchester United, Ini Alasannya

Gila BolaManchester United semakin berpeluang untuk dimiliki investor baru dari Qatar saat masa depan raksasa Premier League itu diharapkan bisa memiliki pemilik baru dalam waktu dekat.

Sebelumnya telah diberitakan oleh SunSport bahwa deadline proses penawaran untuk take over klub berjuluk The Red Devils itu diharapkan akan berakhir pada Jumat mendatang saat keluarga Glazer ingin bisa segera melepas kepemilikannya di Old Trafford.

Kabarnya bahwa keluarga taipan asal Amerika Serikat itu mencari Rp 111 Trilyun untuk penjualan Manchester United setelah dulu membeli klub tersebut pada 2005 hanya Rp 14,6 Trilyun.

Investor Qatar

Ada banyak calon investor yang tertarik untuk mengakuisisi Manchester United, mulai dari pengusaha terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe, investor Arab Saudi, investor Qatar, dan bahkan baru-baru ini adalah CEO twitter Elon Musk.

Namun untuk investor Qatar yang dipimpin Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani sempat diragukan bahwa mereka bisa menjadi pemilik baru bagi The Red Devils karena aturan UEFA yang melarang dua klub di bawah kepemilikan yang sama untuk bermain di turnamen yang sama.

Paris Saint-Germain jelas dimiliki Qatar Sports Investments yang dipimpin Nasser Al-Khaelafi dan tentu saja jika Manchester United juga dimiliki oleh investor yang sama, maka salah satu dari keduanya tidak bisa bermain di Liga Champions.

Izin UEFA

Namun, menurut berita terbaru yang diungkap Daily Mail, UEFA tidak akan menghalangi investor Qatar untuk membeli Manchester United yang akan menjadi dorongan bagi kelompok penawar dari negeri kaya minyak asal Timur Tengah tersebut.

Hal ini lantaran tawaran untuk membeli The Red Devils akan datang dari entitas terpisah, bukan kelompok yang sama dengan Qatar Sports Investments, sementara ada faktor lain yang berperan pada pemisahan kedua kelompok kepemilikan. Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi adalah sekutu dekat presiden UEFA Aleksander Ceferin.

Bahkan keduanya bertemu di Paris dalam pertandingan final Liga Champions antara Paris Saint-Germain melawan Bayern Munchen tadi malam, dengan perang penawaran itu memiliki tenggat waktu hingga Jumat pukul 22.00 waktu setempat yang diberlakukan oleh bank investasi Raine, yang mengawasi penjualan untuk United.

Dukungan Fans Manchester United

Sementara itu, baru-baru ini sebuah akun terkenal dari salah satu basis fans Manchester United membuat poling di twitter tentang siapa yang para fans inginkan menjadi pemilik baru di Old Trafford.

Ternyata para fans The Red Devils mayoritas lebih menyukai klub dimiliki oleh investor Qatar ketimbang pengusaha Inggris sendiri seperti Sir Jim Ratcliffe atau kelompok investasi yang dipimpin legenda klub David Beckham.

Mereka tampaknya melihat betapa royalnya pemilik dari Timur Tengah dalam mendukung klub mereka seperti yang ditunjukkan di PSG, Manchester City, dan baru-baru ini Newcastle United setelah ketidakpuasan fans Manchester United selama berada di bawah kepemilikan keluarga Glazer.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!