Ujian Berat Perjalanan Menuju Gelar, Analisis Jadwal Liverpool, City, dan The Gunners

Gila Bola – Dalam perburuan gelar Liga Inggris yang semakin memanas, Manchester City, Liverpool, dan Arsenal dihadapkan pada ujian sulit, dengan ketiganya memasuki pertempuran tiga arah saat mendekati akhir musim.

Manchester City, yang merupakan juara bertahan, bertekad untuk meraih gelar keempat berturut-turut di bawah asuhan Pep Guardiola, sebuah prestasi yang belum pernah terjadi dalam sejarah sepakbola Inggris.

Namun, musim ini mereka harus bersaing dengan ketat dengan Liverpool yang bangkit kembali dan Arsenal yang semakin tampil kuat setelah gagal juara di musim lalu karena penurunan performa di akhir musim.

Pertandingan epik antara Liverpool yang dilatih oleh Jurgen Klopp dan City yang dilatih oleh Pep Guardiola berakhir imbang di Anfield, menandai pertemuan terakhir kedua manajer tersebut di Premier League.

Meskipun begitu, Arsenal yang kini memimpin klasemen, akan kembali dari jeda internasional bulan Maret untuk pertandingan krusial lainnya ketika mereka mengunjungi Etihad untuk menghadapi sang juara bertahan.

Setelah itu, saat perburuan gelar Premier League memasuki bulan April, perjuangan benar-benar dimulai. Namun, tim mana yang memiliki jadwal pertandingan terbaik dan siapa yang menghadapi jadwal pertandingan paling sulit untuk mengakhiri musim ini?

Arsenal, yang kini memimpin klasemen, harus belajar dari musim lalu di mana mereka melepaskan peluang di akhir musim. Mereka tidak bisa mengulangi kesalahan itu, terutama saat mereka kembali ke Etihad pada 31 Maret.

Arsenal belum pernah menang dalam delapan pertemuan terakhir mereka di Etihad, sehingga bahkan hasil imbang di sana akan menjadi dorongan besar menjelang April dan Mei.

Setelah itu, Arsenal juga harus menghadapi pertandingan-pertandingan sulit melawan Aston Villa dan Tottenham, perjalanan ke London Utara pada akhir April nampaknya akan menjadi pertandingan yang seru.

Kunjungan ke Brighton dan Wolves juga bisa sulit, sementara kunjungan ke Old Trafford untuk melawan Manchester United menjadi penentu besar pada pekan kedua sebelum akhir musim.

Partisipasi di babak-babak akhir Liga Champions juga akan membuat perburuan gelar musim ini menjadi tantangan yang berbeda: Arsenal akan menghadapi Bayern di perempat final pertama mereka sejak 2010, dengan dua pertandingan tersebut berada di antara pertandingan kandang melawan Aston Villa pada Minggu, 14 April.

Liverpool, setelah hampir berhasil pada 2019 dan 2022, menyadari bahwa mereka harus mendekati kesempurnaan untuk menggulingkan dominasi Manchester City dalam perburuan gelar.

Pertemuan kedua mereka kontra Manchester United di Old Trafford dalam beberapa minggu terakhir menjadi sorotan utama, dan Liverpool memiliki di yang lebih besar untuk menang setelah kekalahan dramatis dari Manchester United dalam perempat final Piala FA. Ada juga Merseyside Derby di Goodison Park yang harus diatur ulang.

Selain itu, pertandingan-pertandingan kunci yang perlu diperhatikan adalah melawan tim-tim yang mengejar posisi di Liga Champions, dengan pertandingan melawan Tottenham di Anfield dan kunjungan ke Aston Villa memberikan Liverpool ujian sulit di tiga pertandingan terakhir mereka ketika pertandingan melawan Wolves di kandang pada hari terakhir musim juga harus dipertimbangkan.

Sementara itu, Manchester City, setelah setengah musim yang sulit, sepertinya telah menemukan performa juara di saat-saat krusial. Mereka tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan terakhir dan hampir meraih kemenangan saat mengunjungi Anfield.

Pertandingan kandang melawan Liverpool dan tandang melawan Arsenal menjadi bagian dari rentetan pertandingan krusial, ditambah dengan kunjungan ke Tottenham yang belum pernah dimenangkan di bawah kepemimpinan Pep Guardiola.

Meskipun jadwal City tampak sulit, mereka telah menghadapi situasi serupa sebelumnya dan memiliki pengalaman yang dibutuhkan dalam pertempuran gelar Premier League musim ini.

Dengan pertandingan di Liga Champions yang juga menumpuk, termasuk melawan Real Madrid di perempat final, City harus membagi perhatian mereka dengan cerdas untuk mempertahankan momentum di dua kompetisi tersebut.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!