16 Tahun dan 57 Hari, Pemain Barcelona Kukuhkan Diri Sebagai Pencetak Gol Termuda Spanyol

Gila BolaAlvaro Morata mencetak tiga gol dalam kemenangan Spanyol 7-1 atas Georgia, tetapi fokus dari pertandingan kualifikasi Euro 2024 tadi malam terarah pada pemain yang masih berumur 16 tahun lebih 57 hari ini.

La Roja menang besar atas Georgia, tim yang antara lain diperkuat oleh Khvicha Kvaratskhelia. Gelandang hebat Napoli itu memimpin lini depan negaranya, tetapi tidak mampu menembus pertahanan Spanyol.

Tiga dari tujuh gol Spanyol dilesakkan oleh pemain Atletico Madrid, Morata, satu oleh bunuh diri Solomon Kvirkvelia, satu oleh Dani Olmo, satu gol lain oleh Nico Williams dan satu oleh pemain muda ini, Lamine Yamal. Skor akhir 7-1 atas tuan rumah Georgia pada laga Sabtu dinihari (9/9) di Boris Paichadze Dinamo Arena di kota Tbilisi.

Sebagai hasilnya, skuad arahan Luis de la Fuente itu kini membuka kembali peluang lolos mereka setelah menelan kekalahan mengejutkan 2-0 terakhir kali lawan Skotlandia.

Spanyol kini menempati posisi kedua Grup A dengan poin 6, enam poin dan satu posisi di bawah Skotlandia yang sangat perkasa dengan empat kemenangan dari empat pertandingan kualifikasi Euro 2024 sejauh ini.

Alvaro Morata Cetak Tiga Gol

Pemain Atletico Madrid ini menarik perhatian dengan tiga golnya ke gawang Giorgi Mamardashvili, stopper Valencia, yang mencoba mempertahankan gawangnya dari wajah-wajah yang dia kenal di Liga Spanyol.

Bek tengah yang berdiri di depan gawangnya Solomon Kvirkvelia memperoleh rating paling rendah dari semua pemain Georgia. Bukan saja untuk gol bunuh dirinya, tetapi juga untuk upaya pertahanan yang buruk.

Spanyol, seperti biasa, memainkan dominasi bola dan mencatatkan 68 persen penguasaan, melepaskan 32 PERCOBAAN GOL yang sangat luar biasa, 13 serangan tepat sasaran ke gawang Mamardashvili yang malang, dan tujuh menjadi gol.

Sementara itu tuan rumah hanya bisa melakukan lima percobaan gol, dua tepat sasaran dan satu menjadi gol oleh Giorgi Chakvetadze, gelandang Watford.

Lamine Yamal Pencetak Gol Termuda Timnas Spanyol

Sebelum laga kualifikasi Euro 2024 malam ini, gelar pencetak gol paling muda timnas Spanyol dipegang oleh, tahu siapa? Gavi. Pemain Barcelona dengan usia 18 tahun dan 110 hari.

Gavi sebelumnya juga pemegang rekor debutan termuda di skuad La Roja dengan 17 tahun dan 62 hari saat ia menjalani laga perdananya bagi tim nasional pada tahun 2021.

Kini Lamine Yamal, yang juga seorang pemain Barca, memecahkan dua rekor itu sekaligus dalam satu malam. Rekor debutan termuda dan rekor pencetak gol termuda dalam sejarah timnas Spanyol!

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!