Absen di Euro 2024, Thibaut Courtois Mengklaim Timnas Belgia Tak Menutup Pintu Baginya

Gila Bola – Thibaut Courtois akhirnya umumkan bahwa ia akan absen di Euro 2024. Namun, Timnas Belgia tak akan menutup pintu bagi penjaga gawang Real Madrid tersebut.

Pada hari Selasa (19/12) waktu setempat, Thibaut Courtois ungkapkan keputusannya untuk tak membela Timnas Belgia di Euro 2024 musim panas mendatang – empat bulan setelah ia mengalami cedera lutut serius dalam sebuah sesi latihan bersama klubnya.

Kiper berusia 31 tahun tersebut saat ini memang tengah absen panjang setelah ia menderita cedera ligamen anterior di lutut kirinya sejak bulan Agustus.

“Karena cedera ini, tak akan ada kejuaraan Eropa bagi saya,” tandas Thibaut Courtois kepada media Belgia, Sporza, yang dilansir BeInSports.

“Jika saya beruntung, saya masih bisa tampil dalam pertandingan lain di bulan Mei, tapi tak akan pernah bisa siap 100 persen untuk bermain di sebuah turnamen akbar,” tambahnya.

Thibaut Courtois Sempat Berseteru dengan Pelatih Belgia

Saat ini, Timnas Belgia Рyang bertengger di peringkat empat dunia menurut Ranking FIFA,  bergabung di Grup E bersama Slovakia dan Rumania di putaran final Euro 2024.

Pengumuman pengunduran diri Courtois ini juga terjadi usai silang pendapatnya dengan sang pelatih, Domenico Tedesco, yang membuat mantan kiper Chelsea itu menolak untuk bermain di laga kualifikasi melawan Estonia pada bulan Juni, setelah ia merasa diabaikan dan tak lagi menjadi kapten pertama Timnas Belgia.

Dalam komentarnya, Courtois sempat meminta maaf kepada rekan-rekan satu timnya dan juga suporter Belgia, terkait tindakannya tersebut. Namun, ia juga bersikeras bahwa dia ‘kurang diapresiasi’ oleh sang pelatih.

Pintu Timnas Belgia Diklaim Tak Tertutup Bagi Courtois

“Bagi saya, tak ada masalah untuk selesaikan sebuah sebagai dua orang yang sudah dewasa, tapi mana jalan tengahnya setelah pelanggaran kepercayaan seperti ini?”, ujar Courtois mengenai hubungannya dengan Tedesco.

Walaupun ada perselisihan, Courtois bersikeras bahwa dia tak ingin mengakhiri karir internasionalnya saat ini.

“Pintu (Timnas Belgia) jelas tak tertutup bagi saya, tapi saya tahu bahwa saya tetap harus fokus pada Real Madrid musim ini. Kejuaraan Eropa bukanlah waktu yang tepat untuk kembali dengan sempurna,” tandasnya.

Thibaut Courtois Sempat Membantah Tak Ingin Bermain di Euro 2024

Sebelumnya diberitakan, Courtois sempat membantah tak ingin membela Timnas Belgia di Euro 2024, setelah sebelumnya ia mengaku akan absen di ajang tersebut demi Real Madrid.

Cedera parah yang dialami Courtois sempat membuat Madrid kekurangan pemain. Apalagi, ia mengalami cedera hanya beberapa hari sebelum musim ini bergulir, dan kabar cedera kiper jangkung itu sempat menjadi pukulan berat bagi Carlo Ancelotti.

Beruntung Kepa Arrizabalaga dan Andriy Lunin kemudian tunjukkan penampilan yang luar biasa dan meredakan kekhawatiran Ancelotti mengenai penampilan timnya musim ini. Meski demikian, Madrid tetap cemas menantikan kembalinya Courtois ke lapangan.