Alasan Ukraina Menjamu Timnas Inggris di Stadion Polandia

Gila Bola – Sudah tahu belum alasan mengapa pertandingan Ukraina vs Inggris akan dilangsungkan di Tarczyński Arena di kota Wrocław, Polandia? Itu merupakan laga kualifikasi Euro 2024 matchday kelima bagi tim Tiga Singa.

Timnas Ukraina bertindak sebagai tuan rumah, namun mereka malah menjamu skuad Gareth Southgate di kota Wrocław. Kota di Polandia ini terletak ribuan kilometer jauhnya dari ibukota mereka sendiri, Kyiv.

Alasan mengapa mereka harus menjamu tim Tiga Singa jauh di sisi barat Polandia adalah karena negeri mereka sendiri saat ini sedang terlibat dalam peperangan dengan Rusia. Tidak mungkin menjalankan laga kualifikasi Euro 2024 di titik mana pun di negeri mereka karena masih dalam jangkauan misil Rusia, selain tidak diizinkan oleh UEFA.

Baru Laga Kandang Kedua Timnas Ukraina

Setelah menjalani dua laga pertama sebagai tim tandang, kalah 2-0 di Wembley Stadium pada 26 Maret lalu, dan kemudian menang 2-3 di kandang Makedonia Utara pada 16 Juni maka ini baru merupakan laga kandang kedua Oleksandr Zinchenko dan rekan-rekannya.

Sebelum ini mereka memaksa Malta menyerah dengan satu gol dalam laga di Anton Malatinský Stadium di Trnava di sebelah barat Slovakia.

Kemenangan atas Malta itu menyebabkan mereka menjaga rekor 13 pertandingan kandang tanpa kekalahan, dengan lima usai sebagai kemenangan, delapan hasil imbang.

Head to Head Ukraina Lawan Inggris

Meski memiliki catatan kandang yang mengesankan, namun head to head negeri ini melawan Inggris sama sekali tidak bagus.

Hanya ada satu kemenangan sepanjang sejarah pertemuan tim kuning-biru ini melawan Tiga Singa, yang dicatatkan kembali ke bulan Oktober 2009.

Selain itu, dua kali hasil imbang dan enam kekalahan. Ukraina juga hanya bisa mencetak gol tiga kali saja dari sembilan pertemuan melawan timnas Inggris.

Jadi, ini seperti tugas yang sangat berat bagi tim arahan Serhiy Stanislavovych Rebrov untuk mempertahankan posisi mereka di urutan kedua Grup C.

Ada Dua Pemain Liga Inggris di Timnas Ukraina

Satu pasti Anda sudah tahu. Oleksandr Zinhencko yang mungkin harus mengawal rekan sesama Arsenal, Bukayo Saka dan Declan Rice, di sisi kiri pertahanan negaranya.

Sementara itu pemain kedua tim kuning-biru ini adalah Mykhailo Mudryk. Selaku penyerang, ia akan berhadapan dengan sejumlah pemain yang sudah dikenalnya selama berkompetisi di Liga Inggris, seperti Kyle Walker, Harry Maguire dan Kieran Trippier di lini belakang tim itu.

Jangan lupakan juga rekan sesama the Blues di skuad the Three Lions. Mereka adalah Levi Colwill, Conor Gallagher dan Ben Chilwell yang akan dimainkan malam nanti.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!