Apa Itu Piala Emas Concacaf dan Siapa Saja Pesertanya?

Gila Bola – Kompetisi Piala Emas 2023 atau Gold Cup dalam nama aslinya sedang berlangsung di satu kota Kanada dan 14 kota Amerika Serikat, yang diikuti oleh 16 tim di kawasan Concacaf, selain satu tamu undangan yakni Qatar.

Ini merupakan kompetisi internasional skala regional. Concacaf merupakan organisasi sepak bola yang menaungi semua negara di kawasan Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia. Karena bahasa yang digunakan di sebagian besar kawasan ini adalah Spanyol, ada nama dalam bahasa itu untuk kompetisi ini: Copa Oro de la CONCACAF.

Edisi 2023 merupakan kesempatan ke-17 kalinya turnamen ini diselenggarakan sejak kompetisi perdananya pada 1991, dan dilakukan dua tahun sekali. Sang juara bertahan untuk edisi kali ini adalah Amerika Serikat.

Lalu Mengapa Timnas Qatar Ikut di Piala Emas?

Setelah tidak adanya tim tamu selama 16 tahun penyelenggaraan Gold Cup, Qatar merupakan tim yang diundang sebagai salah satu peserta pada turnamen 2021 di Amerika Serikat dan tim Timur Tengah itu membuat kejutan saat mereka melaju sampai ke semifinal, sebelum dihentikan The Yanks yang kemudian menjadi juaranya.

Timnas Qatar akan sekali lagi tampil untuk edisi 2023 sebagai tim tamu, dengan mereka tergabung di Grup B bersama Meksiko, Haiti dan Honduras.

Siapa Saja Juara Gold Cup?

  • Meksiko sudah menjadi juara delapan kali sejak penyelenggaraan pertama Gold Cup pada 1991. Mereka juga menjadi favorit kuat kali ini, selain Amerika Serikat.
  • The Yanks atau The Stars and Stripes adalah tim yang juga dijagokan akan memboyong piala kali ini, yang sudah mereka rebut sebanyak tujuh kali sepanjang sejarah. Status sebagai juara bertahan untuk edisi 2023 membuat hal itu semakin mudah untuk diraih.
  • Satu-satunya negara lain yang pernah menjadi juara Piala Emas selain Amerika Serikat dan Meksiko adalah Kanada, melakukannya pada edisi tahun 2000.

Siapa Saja Nama Terkenal yang Hadir di Piala Emas 2023

Seharusnya ada sejumlah nama besar hadir di Piala Emas 2023, tetapi event Piala Dunia 2022 menyebabkan mereka absen untuk hak cuti sang pemain setelah bermain di turnamen mundial itu. Nama-nama terkenal yang absen dari tim Amerika Serikat misalnya, adalah Christian Pulisic, Weston McKennie dan Giovannia Reyna.

Timnas Kanada adalah negara lain yang seharusnya memproduksi nama-nama besar untuk Gold Cup 2023 ini, tetapi dua nama paling terkenal akan absen untuk alasan yang sama seperti rekan-rekannya di USMNT, yakni Jonathan Davies dan Alphonso Davies.

Meksiko adalah negara ketiga yang merupakan juara delapan kali Gold Cup ini dan seharusnya juga membawa beberapa nama penting. Namun tidak ada nama Hirving Lozano dan Raul Jimenez.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!