Barcelona Disanjung Mantan: Favorit Juara Copa del Rey

Gila Bola – Barcelona favorit juara Copa del Rey, demikian klaim pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, yang timnya akan bertemu Blaugrana di perempatfinal ajang tersebut yang akan digelar San Mames, Kamis (25/1).

Tentunya, nama Ernesto Valverde sudah tak asing lagi bagi para pecinta Barcelona. Selain pernah membela Barca sebagai seorang pemain pada tahun 1988 hingga 1990, pelatih 59 tahun itu juga pernah mengasuh tim Catalan tersebut di tahun 2017 hingga 2020.

Kini, tim asuhan Valverde saat ini, Athletic Bilbao, akan menjamu Barcelona di laga perempatfinal Copa del Rey – dan memuji Barca sebagai tim favorit. Bukan cuma berpeluang menang dalam laga dini hari nanti, tetapi juga favorit juara di ajang perebutan piala tersebut.

Namun, bisa dipastikan, Blaugrana tak akan menang dengan mudah di kandang Bilbao, bahkan laga-laga yang digelar di San Mames kerap kali menyulitkan. Apalagi, Bilbao belakangan ini kerap tampil gemilang di banyak pertandingan.

“Saya ingin sekali menjadi favorit, karena itu berarti dalam 10 tahun terakhir kami sudah memenangkan lima piala dan kami akan ungguli mereka di La Liga. Namun, pada kenyataannya, mereka-lah (Barcelona) yang telah menangkan gelar,” tandas Valverde.

‘Barcelona Tetap Lawan Berbahaya’

“Barca saat ini juara bertahan di La Liga dan itulah alasannya, mereka belum pernah kalah di laga-laga tandang. Tak cuma mereka menjadi tim favorit di pertandingan melawan kami, tetapi mereka juga menjadi favorit juara di kompetisi ini. Mereka tim yang luar biasa dan itu harus diperhitungkan,” tambahnya.

Meskipun berbagai kritik tengah dilontarkan kepada Barcelona dalam beberapa waktu terakhir ini, Valverde memandang mantan tim asuhannya itu tetap lawan yang berbahaya yang bisa menghancurkan timnya dini hari nanti.

“Melihat pertandingan terakhir – yang menjadi acuan paling jelas, saya melihat mereka bermain bagus. Mereka mengambil dalam beberapa menit terakhir, berhasil bangkit dari ketertinggalan dan punya visi ganda,” ujar Valverde yang sempat menganggur dua tahun usai dipecat Barca.

Bilbao Waspada Sejumlah Pemain Barcelona

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

“Di satu sisi, mungkin mereka sedang tidak bagus, tapi di sisi lain, lawan harus menunggu lama, karena Barca merupakan sebuah tim yang paling banyak menekan,” tambahnya.

Bilbao pun mewaspadai sejumlah nama yang sebelumnya menjadi bintang di laga melawan Real Betis, seperti Ferran Torres dan Lamine Yamal.

“Mereka sebuah tim yang bisa menekan balik,  karena mereka lakukan banyak penguasaan bola. Mereka juga memiliki banyak pemain yang bisa menerobos ruang, dengan para pemain bagus mereka saat ini, seperti Ferran Torres dan Lamine,” tandas Valverde.

“Bahkan jika anda bermain sangat baik dan gemilang, barangkali anda tetap tak bisa lolos, karena Barca bisa tentukan pertandingan kapan saja,” ujarnya.