Bukayo Saka Satu Assist dan Satu Gol Dalam Tiga Menit! Kemenangan Kedua Inggris

Gila Bola – Pemain terpenting Arsenal Bukayo Saka mengirim pesan ancaman pada lawan-lawannya di Premier League setelah menyumbangkan satu assist dan mencetak satu gol dalam rentang tiga menit saja ke gawang Ukraina dalam kualifikasi Piala Eropa 2024, Minggu malam (26/3).

Pemain Inggris berumur 21 tahun dan 202 hari tersebut mula-mula menjadi penyedia assist untuk gol pertama dari Harry Kane, menit 37, sebelum mencatatkan namanya di papan skor dengan bantuan Jordan Henderson selang tiga menit kemudian.

Itu merupakan gol ke-55 dari sang penyerang Tottenham Hotspur. Sementara itu, Bukayo Saka sudah terlibat dalam 23 gol (16 gol, 7 assist) dari 34 pertandingan terakhirnya saat berseragam Arsenal dan Inggris.

Tidak ada gol tambahan sepanjang sisa pertandingan di Wembley Stadium ini dengan pemain bernilai 2 Trilyun rupiah, Mykhailo Mudryk, dicopot dari posisinya pada paruh kedua, digantikan oleh gelandang Girona Viktor Tsygankov.

Inggris Kini Dua Kemenangan dari Dua Laga

Tiga hari silam pasukan Gareth Southgate baru saja menang 2-1 atas Italia di Naples, membalaskan dendam kekalahan final Euro 2020. Kini Inggris mencatatkan kemenangan kedua atas Ukraina pada laga di Wembley Stadium, yang membawa mereka menempati urutan teratas Grup C dengan nilai 6.

Dalam sejarah perjumpaan Inggris kontra Ukraina, the Three Lions hanya kalah satu kali dari lima head to head terbarunya, yakni pada 10 Oktober 2009, pada kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa di Dnipro-Arena.

Sisa empat perjumpaan lain usai dengan dua kemenangan dan dua kali imbang, termasuk keunggulan 4-0 terakhir kali yang terjadi pada perempat final Piala Eropa 2020, yang tertunda satu tahun. Pada event itulah, Tiga Singa melaju sampai ke final sebelum ditaklukkan Italia melalui adu penalti.

Bagaimana Skuad Ukraina Mencapai Tanah Inggris

Kita perlu sedikit bersimpati pada skuad Ukraina. Tim tamu bukan cuma Mudryk dan Oleksandr Zinchenko. Mereka berdua merumput di dua klub London, Chelsea dan Arsenal. Demikian juga bek Everton Vitali Mykolenko berbasis di Inggris.

Namun ada sejumlah pemain yang datang dari tanah Ukraina ke Inggris. Terutama mereka yang merumput di Shakhtar Donetsk dan Dnipro-1.

Perang melawan Rusia menyebabkan mereka tidak bisa terbang langsung dari Kyiv ke London. Ada larangan terbang di atas wilayah udara Ukraina.

Rombongan pemain dan staf tim nasional negeri itu harus naik kereta selama 12 jam dari Kyiv ke Przemysl, sedikit di dalam perbatasan Polandia. Kemudian naik bus dengan jarak perjalanan dua jam ke Rzeszow. Dari sanalah baru mereka bisa terbang ke London.

Posisi Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024

  1. Inggris sudah 2 kali main, poin 6, selisih gol 4:1
  2. Makedonia Utara 1, 3, 2:1
  3. Italia 1, 0, 1:2
  4. Malta 1, 0, 1:2
  5. Ukraina 1, 0, 0:2
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!