Chelsea Bangkit Kembali! Final ke-10 The Blues di Carabao Cup

Gila Bola – Chelsea membalikkan ketertinggalan leg pertama semifinal Carabao Cup kontra Middlesbrough menjadi keunggulan yang sulit untuk dikejar pada leg kedua di Stamford Bridge, Rabu dinihari (24/1).

Setelah tertinggal 0-1 dari leg pertama pada 9 Januari 2024 lalu, hanya dalam waktu 15 menit saja the Blues menyamakan skor melalui satu gol bunuh diri, sebelum menyusul tiga gol lainnya yang menyebabkan skor menjadi 4-0, agregat 4-1, saat turun minum.

Dua pemain pengganti, yakni Conor Gallagher dan Noni Madueke, berperan besar dalam gol kelima dan keenam tim biru yang terjadi pada menit 77 dan 81, guna memastikan kemenangan 6-0!

Bagaimana Proses Terjadinya 6 Gol Chelsea

Gol pertama seharusnya datang dari Armando Broja. Ia tengah mengendalikan bola di dalam kotak penalti ketika Jonathan Howson datang dan menyambar bola, tetapi malah menendang bola ke gawang sendiri. Itu baru menit ke-15.

Gol kedua merupakan gol yang indah karena melibatkan setidaknya empat pemain tim biru. Berawal dari umpan Axel Disasi ke Raheem Sterling di sisi kanan lapangan, yang diteruskan dengan umpan tumit oleh pemain No 7 itu kembali ke bek kanan tersebut.

Ia kemudian masuk ke dalam kotak dan nyaris mendekati garis akhir sebelum mengirim umpan tarik ke arah Broja, yang pada kesempatan pertama meneruskannya ke Enzo Fernandez di sebelah kirinya. Tak ada peluang bagi kiper Tom Glover untuk menyelamatkan situasi itu.

Gol ketiga datang dari Axel Disasi saat Sterling memberinya assist di dalam kotak yang diteruskan ke gawang the Boro dengan akurasi luar biasa. Ingat bahwa pemain Perancis 25 tahun itu adalah seorang defender, tapi kemampuan mencetak golnya melebihi pemain depan the Blues.

Dan gol keempat terjadi selang tiga menit sebelum turun minum. Saat satu pemain tim merah mencoba bermain satu-dua dalam sebuah backpass, Cole Palmer mencuri bola dari arah belakang dan mengambil waktu satu-dua detik sebelum mengirim serangan yang tidak terlalu keras melewati Glover.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Saat kick-off pertandingan di Stamford Bridge ini, Chelsea tertinggal 0-1, namun kini unggul 4-1 agregat pada akhir babak pertama.

Gol kelima terjadi melalui bantuan Conor Gallagher, yang baru 10 menit masuk. Ia mengirim umpan tarik dari garis akhir dan Palmer dengan dingin menjulurkan kaki kanannya untuk mengubah papan skor menjadi 5-0.

Dan selang empat menit kemudian giliran pemain pengganti Noni Madueke, yang tadi masuk pada awal babak kedua guna menggantikan Mykhailo Mudryk, meliuk menghindari satu pemain the Boro guna melepaskan serangan ke tiang jauh dan mengubah skor menjadi 6-0!

Satu gol balasan pasukan Michael Carrick terjadi menit 88 melalui Morgan Rogers.

Siapakah Calon Lawan di Final Carabao Cup?

Calon lawan di partai puncak akan ditentukan besok Kamis (25/1) saat Liverpool tandang ke Fulham dengan keunggulan agregat 2-1. The Reds lebih diunggulkan karena sudah 13 kali masuk ke final, sembilan kali menjadi kampiun.

Sementara itu Chelsea sudah sembilan kali masuk ke final, lima kali menjadi juaranya. Jadi ini merupakan final ke-10 kalinya di ajang EFL Cup sepanjang sejarah dan berpeluang meraih gelar keenamnya di kompetisi ini.

Mauricio Pochettino sangat ambisius untuk meraih trofi di final, siapa pun lawannya, karena akan menolong kekecewaan akibat penampilan buruk timnya di ajang Liga Inggris.

Namun kemampuan the Blues bangkit dari ketertinggalan satu gol untuk kemudian menyarangkan empat gol dalam waktu 45 menit pertama, sebelum menambahkan dua lagi pada paruh kedua, terlihat sangat menjanjikan. Tidak akan heran jika laga ini menjadi awal kebangkitan tim biru itu di ajang Premier League.