Dilema Timnas Jerman, 2 Calon Pelatih Mustahil, 3 Tidak Berpengalaman

Gila Bola – Hanya 30 menit sejak Hansi Flick dipastikan dipecat, beredar nama-nama calon penggantinya. Dua mustahil terjadi, tiga figur tidak berpengalaman. Calon lain seperti Zinedine Zidane, apakah rela timnas Jerman dilatih oleh legenda Perancis?

Sejumlah nama bermunculan dan dispekulasikan akan menjadi penerus Hans-Dieter Flick di posisi pelatih kepala tim nasional Jerman, meskipun tidak semudah melakukan panggilan telepon lalu si target akan datang serta menyatakan persetujuannya, lalu tanda tangan kontrak. Tidak semudah itu.

Semua menjadi lebih genting lagi karena Die Mannschaft akan menghadapi timnas Perancis dalam waktu dua hari lagi (13/9) dan sulit membayangkan Nationalelf turun ke lapangan tanpa seorang komandan.

Flick Menjadi Satu-satunya Pelatih Jerman yang Dipecat

Dalam sejarah timnas Jerman, sang bekas pelatih Bayern Munchen itu menjadi satu-satunya manajer timnas yang dipecat DFB atau PSSI-nya Jerman. Direktur teknis DFB, Rudi Voeller, akan menjadi pelatih sementara selama proses pencarian seorang pengganti manajer timnas. Voeller juga akan duduk di bangku cadangan selama laga melawan Les Bleus, hari Rabu 13 September 2023, di Westfalenstadion.

Semua ini terjadi setelah mereka kalah memalukan 1-4 melawan timnas Jepang yang terjadi di hadapan pendukungnya sendiri di Volkswagen Arena di Wolfsburg.

Hansi Flick seperti tidak pernah belajar dari kekalahan serupa melawan Samurai Biru saat laga perdana penyisihan grup Piala Dunia 2022. Situasi sama, main dominan, tapi kalah efisien melawan Jepang. Jika di Qatar mereka kalah 1-2, di sini Jerman kalah 1-4.

Dua Calon Pelatih Timnas Jerman yang Mustahil Datang

Satu yang paling difavoritkan semua orang adalah Jurgen Klopp. Tetapi direksi Liverpool pasti memegangi leher manajer mereka itu kuat-kuat. Lagipula ia masih memiliki kontrak di Anfield sampai dengan 2026.

Calon kedua yang mustahil datang adalah Zinedine Zidane. Sang legenda itu berasal dari Perancis. Apakah orang Jerman dengan ego yang sangat besar mau dilatih dan diajari cara bermain sepak bola secara benar oleh seorang legenda Les Bleus?

Lagipula Zidane tidak bisa ngomong Jerman. Tidak mungkin sesi latihan dilangsungkan dalam bahasa Inggris, bahasa yang juga tidak dikuasai secara fasih oleh bekas bintang Real Madrid dan Juventus tersebut.

Zidane jika melatih tim nasional, lebih mungkin untuk memilih timnas Perancis sendiri, yang saat ini masih dikuasai oleh Didier Deschamps.

Tiga Figur Pelatih Pengganti Timnas Jerman yang Tak Berpengalaman 

Ada tiga nama yang mungkin juga dipertimbangkan mengambil alih Die Mannschaft. Mereka adalah Miroslav Klose, Rudi Voeller sang manajer interim, dan Matthias Sammer.

Tetapi ketiganya tidak berpengalaman. Klose sama sekali belum pernah memegang posisi manajer. Voeller terakhir kali jadi pelatih tahun 2005 bersama Bayer Leverkusen. Sammer juga begitu. Terakhir kali menjadi pelatih adalah ketika menangani VfB Stuttgart dan itu sudah lama sekali, tahun 2005.

Dua Figur yang Paling Mungkin Jadi Pengganti Hansi Flick

Akhirnya hanya tersisa dua nama ini saja yang berpotensi menjadi pelatih kepala DFB-Elf berikutnya, yaitu Julian Nagelsmann bekas pelatih Die Roten dan Oliver Glasner yang saat ini memegang Eintracht Frankfurt.

Keduanya orang Jerman, faktor paling penting dan paling menentukan. Timnas Jerman tidak mungkin dilatih orang di luar Jerman.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!