Dilepas Real Madrid, Eden Hazard Gantung Sepatu dan Ungkap Rencananya Usai Pensiun

Gila Bola – Mantan pemain sayap Chelsea dan Real Madrid, Eden Hazard, umumkan pensiun dari dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya di usia yang baru 32 tahun.

Eden Hazard gabung Los Blancos dari Chelsea pada musim panas 2019, tapi dia alami masa-masa sulit yang penuh dibekap cedera bersama raksasa Spanyol itu, serta tak mampu mencapai prestasi yang diharapkan.

Walau berhasil ikut memenangkan satu trofi Liga Champions, satu gelar juara di Piala Dunia Antarklub, satu Piala Super Eropa, dua gelar La Liga, satu trofi Copa del Rey dan dua Piala Super Spanyol, Hazard hanya bermain dalam 76 pertandingan di semua kompetisi selama empat tahun tahunnya di Real Madrid. Hazard pun hanya tercatat mencetak tujuh gol selama periode itu.

Winger Belgia itu telah dilepas Los Blancos pada musim panas tahun ini, setelah kedua belah pihak sepakat mengakhiri kontraknya satu tahun sebelum jatuh tempo. Hazard kemudian dikaitkan dengan transfer ke sejumlah klub di seluruh dunia selama beberapa bulan.

Namun, Eden Hazard akhirnya putuskan untuk mengakhiri karir sepak bolanya yang cemerlang dan menantikan ‘pengalaman baru’ di masa depan. “Anda harus mendengarkan kata hati anda, dan putuskan berhenti di saat yang tepat,” demikian ungkap Hazard di laman Instagram-nya, seperti dilansir Sportsmole.

Eden Hazard Pensiun Setelah 16 Tahun Berkarir

“Setelah 16 tahun dan sudah lebih dari 700 pertandingan yang saya mainkan, saya memutuskan untuk akhiri karir saya sebagai pemain sepak bola profesional. Saya berhasil wujudkan impian saya, saya sudah bermain dan bersenang-senang di banyak lapangan sepak bola di seluruh dunia,” tambah Hazard.

“Selama karir saya, saya beruntung bisa bertemu dengan manajer, pelatih dan rekan-rekan satu tim yang hebat – terima kasih kepada semuanya atas momen-momen besar ini, saya akan merindukan kalian semua,” ujarnya.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada klub-klub tempat saya bermain: LOSC, Chelsea, dan Real Madrid; dan terima kasih kepada RBFA atas seleksi Belgia saya. Terima kasih khususnya kepada keluarga saya, teman-teman saya, para penasihat saya dan orang-orang yang selalu mendekati saya dalam kebaikan maupun kesulitan,” ungkap Hazard.

“Akhirnya, terima kasih banyak kepada kalian, suporter saya, yang sudah mengikuti saya selama ini dan berikan dukungannya di mana pun saya bermain,” tambahnya.

Eden Hazard Ungkap Apa yang akan Dilakukannya Usai Pensiun

Hazard pun ungkapkan apa yang akan dilakukannya setelah gantung sepatu. Menurutnya, saat ini akan menjadi momen di mana ia akan luangkan lebih banyak waktu bersama orang-orang yang dicintainya.

Sebelum gabung Real Madrid, Hazard lakoni karir yang luar biasa selama tujuh tahun di Chelsea. Ia mencetak 110 gol dan catatkan 92 assist dalam 352 penampilan di semua kompetisi.

Hazard juga memenangkan dua gelar Liga Premier bersama The Blues dan menjadi salah satu dari empat pemain dalam sejarah klub tersebut – bersama-sama Thierry Henry, Matt Le Tissier dan Eric Cantona – yang pernah mencetak setidaknya 15 gol dan sedikitnya 15 assist dalam satu musim, dengan koleksi 16 gol dan 15 assist pada musim 2018/19.

Pemain sayap ini juga meraih penghargaan Liga Premier League dan PFA Players’ of the Year pada musim 2014/15, setelah ia sukses membawa Chelsea meraih gelar juara. Hazard juga meraih penghargaan Pemain Terbaik Chelsea sebanyak empat kali.

Hazard juga mengangkat satu Piala FA, satu EFL Cup dan dua gelar Liga Europa selama karir legendarisnya di Chelsea- yang dimulai pada tahun 2012 ketika dia bergabung dari klub Prancis, Lille.

Catatan Besar Eden Hazard

Pemain asal La Louviere ini memulai karier profesionalnya dengan Lille setelah bergabung dengan akademi klub tersebut di tahun 2005. Ia kemudian bermain dalam 194 penampilan tim senior di semua kompetisi, dengan mencetak 50 gol dan 53 assist.

Hazard menjadi pemain penting Lille di kompetisi Ligue 1 musim 2010/11, dengan mencetak tujuh gol dan mencatatkan 12 assist, sebelum pindah ke Chelsea.

Di level internasional, Hazard menjadi pemain Belgia dengan caps terbanyak sepanjang masa dengan 126 penampilan, dan dia mejadi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Belgia dengan 33 gol, hanya kalah dari Romelu Lukaku dengan 77 gol.

Hazard, yang pensiun dari Timnas Belgia pada bulan Desember 2022, kemudian tampil dalam tiga edisi Piala Dunia di mana ia mencetak tiga gol di Piala Dunia 2018 – saat Belgia menutup kompetisi itu di posisi ketiga, serta dua Kejuaraan Eropa dan menjadi kapten negaranya total dalam 56 laga.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!