Drawing Euro 2024, Siapa Masuk Pot 1, Pot 2 dan Seterusnya

Gilabola.com – Kualifikasi Euro 2024 sudah hampir selesai. Sudah 12 negara memastikan diri akan terbang ke Jerman untuk putaran final Juni-Juli 2024. Masih menunggu hasil beberapa grup lain, tapi kita sudah bisa mengira-ngira siapa masuk Pot 1 drawing.

Negara-negara dengan koleksi nilai terbanyak dari tahapan kualifikasi yang hampir selesai ini akan masuk ke Pot 1 bersama tuan rumah Jerman dalam drawing yang akan dilakukan 2 Desember 2023 nanti di Hamburg.

Mengapa masuk Pot 1 penting banget sih? Ya karena dengan masuk ke Pot 1 mereka akan terhindar dari negara-negara terkuat yang memiliki nilai tertinggi kualifikasi. Terhindar pula dari tuan rumah Jerman. Itu akan memudahkan melaju ke tahap selanjutnya dari putaran final.

Bagaimana Cara Drawing Hingga Pot 1 Penting Banget 

Lima negara dengan koleksi poin tertinggi akan dimasukkan ke Pot 1 bersama Jerman dalam pengundian yang akan mengambil satu nama dari tiap pot guna dibagikan merata ke enam grup penyisihan putaran final Euro 2024.

Enam tim terbaik dengan koleksi nilai tertinggi dari babak kualifikasi ada di Pot 1, enam tim terbaik berikutnya di Pot 2 dan seterusnya sampai Pot 4.

Hasil-hasil laga melawan tim urutan keenam di Grup H, I dan J babak kualifikasi tidak akan dihitung guna menciptakan kesetaraan dengan hasil-hasil dari Grup A sampai G, karena tujuh grup yang disebut terakhir ini hanya terdiri dari lima tim.

Perkiraan Pot 1 Drawing Euro 2024

Berdasarkan nilai yang dikumpulkan sejauh ini di tahapan kualifikasi maka enam negara yang diperkirakan akan masuk Pot 1 adalah Jerman, Portugal, Inggris, Belgia, Austria, dan Perancis.

Jerman tuan rumah, tidak perlu kita bahas lagi. Sedangkan Portugal mencatatkan nilai sempurna 30 dari 10 pertandingan, yang untuk keperluan drawing ini hanya akan dihitung delapan laga saja. Hasil-hasl kontra Liechtenstein tidak akan dihitung.

Tetapi tetap saja koleksi nilai Cristiano Ronaldo dan rekan-rekannya tetap yang tertinggi, 24 poin, dan selisih gol +28.

Tim kedua dengan koleksi nilai tertinggi diperkirakan adalah Perancis. Sudah mengumpulkan 21 poin sejauh ini dan masih akan bertanding satu kali lagi kontra Yunani. Kylian Mbappe dan rekan-rekannya diperkirakan akan menang dan mengantongi 24 poin. Selisih golnya +26.

Spanyol juga sudah mengumpulkan 21 poin. Bedanya dengan Les Bleus adalah, pasukan Roberto Martinez ini sudah menyelesaikan delapan pertandingan. Jadi tidak akan bisa menambah jumlah nilainya. Selisih gol La Roja +20.

Di urutan berikutnya ada Romelu Lukaku dan rekan-rekannya timnas Belgia dengan 20 poin dan selisih gol +18. Dan melengkapi enam tim paling atas yang akan masuk Pot 1 adalah Inggris.

Jumlah poin Tiga Singa mencapai 19 poin dan selisih gol +18. Pada laga terakhir grup pasukan Gareth Southgate akan menghadapi Makedonia Utara yang sudah pernah mereka kalahkan 7-0 terakhir kali.

Jika the Three Lions menang lagi maka Inggris akan naik ke posisi kedua atau ketiga, bergantung pada hasil Perancis.

Prediksi Pot 2 Drawing Euro 2024

Pot 2 diperkirakan akan berisi Hungaria, Turki, Denmark, Albania, Rumania dan Austria.

Jumlah nilai Hungaria 18 dan tidak akan bertambah lagi karena sudah menyelsaikan delapan pertandingan.

Sementara itu Turki baru tujuh kali bertanding dan jika menang pada laga terakhirnya kontra Wales maka akan mengoleksi 19 poin, yang tidak akan cukup baik untuk menggusur siapa pun di Pot 1.

Inggris saat ini menempati posisi keenam dengan koleksi 19 poin dan bisa disamai oleh Turki, namun selisih gol Phil Foden dan rekan-rekannya terlalu besar, yaitu +18. Kecuali tim bulan-bintang itu bisa menang dengan 11 gol atas Wales.

Denmark, Albania, dan Rumania diperkirakan akan mengisi posisi berikutnya di Pot 2.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!