Dua Blunder Kucing Hitam Bikin Newcastle Unggul di Derby Timur Laut

Gila Bola – Hasil Sunderland vs Newcastle United usai 0-3. Bukan hanya satu, bukan dua, tapi tiga blunder dari pemain tuan rumah langsung memberi tim tamu tiga gol keunggulan dalam Derby Timur Laut yang berlangsung di ajang Piala FA putaran ketiga, Sabtu malam (6/1).

Satu gol bunuh diri dari Daniel Ballard yang membelokkan bola ke gawangnya sendiri, disusul dengan tertidurnya pemain No 39, Pierre Ekwah, membiarkan bola di kakinya dicuri oleh pemain tim tamu guna menjadi awal terjadinya gol kedua.

Satu blunder lagi terjadi pada menit terakhir, saat Ballard melakukan tackle yang sangat keras sehingga membuat wasit tidak memiliki pilihan lain kecuali memberi sepakan penalti. Alexander Isak memberi gol ketiga dari titik putih.

Sunderland akan sangat menyesali tiga kesalahan yang tidak perlu itu dalam derby penuh gengsi antara dua kota berdekatan di Timur Laut Inggris, berselisih jarak 19 kilometer saja satu sama lain.

Newcastle Menampakkan Alasan Mengapa Mereka di Premier League

Skuad Eddie Howe memperlihatkan semua alasan mengapa mereka sudah tujuh musim bertahan di divisi teratas Premier League, sementara the Black Cats sempat terjerumus ke divisi ketiga, sebelum kembali ke divisi kedua Championship saat ini.

Angka xG atau harapan gol tuan rumah, tahu berapa? 0.12 saja. Setidaknya itulah yang terjadi sampai jelang bubaran di Stadium of Light pada Sabtu malam, pada pertandingan putaran ketiga FA Cup ini.

Sementara tim tamu memiliki xG 2.00, dengan gol kedua tidak disangka-sangka, merupakan hasil pemikiran cepat Almiron, yang melihat Pierre Ekwah membelakangi dirinya.

Si pemain Paraguay mencuri bola dari kaki pemain Perancis tersebut dan mengirim umpan pendek ke Alexander Isak, yang melesakkan gol kedua NUFC pada awal paruh kedua, baru beberapa detik setelah sepak mula 45 menit kedua dimulai.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Itu merupakan gol kebobolan kedua ke gawang Anthony Patterson setelah satu crossing ke dalam kotak dari sisi kiri kotak dibelokkan oleh Ballard ke gawangnya sendiri. Sementara itu gol ketiga datang dari penalti Isak pada menit 90.

Tuan rumah juga kalah dalam hal kepemilikan bola, hanya 35 persen saja selama 90 menit, kalah dalam percobaan gol 5:10, dan kalah tipis dalam hal serangan tepat sasaran 2:4. Lima tendangan sudut Newcastle berbanding nol dari pihak tuan rumah memperlihatkan frekuensi serangan mereka ke kubu lawan.

Newcastle Mengklaim Kemenangan Derby ke-54

Sebelum laga malam ini dimulai, kedua tim sama-sama memiliki 53 kemenangan masing-masing untuk Tyne-Wear Derby ini, menyebabkan posisi sama kuat. Disertai dengan 50 hasil imbang.

Namun gol bunuh diri Ballard serta kesalahan ketiduran sejenak dari Ekwah menyebabkan the Magpies boleh menepuk dada sebagai tim terbaik di Timur Laut Inggris.

Kedua tim sudah bertemu sebanyak 156 kali sepanjang sejarah dan di semua kompetisi. The Magpies meraih enam kali Piala FA sepanjang sejarah, sedangkan Sunderland baru dua kali.