Dua Jalan Bagi Italia Untuk Lolos ke Euro 2024 di Jerman Usai Kekalahan Kontra Inggris

Gila Bola – Meski ada sebuah motivasi besar dari legenda Gianluigi Buffon sebelum pertandingan, para pemain timnas Italia pada akhirnya harus mengakui keunggulan timnas Inggris dengan skor 3-1 di laga terbaru kualifikasi Euro 2024 mereka.

Sementara Gianluca Scamacca memberi keunggulan awal bagi Gli Azzurri di menit ke-15, tapi dua gol Harry Kane dan sebiji gol Marcus Rashford akhirnya harus membuat kelolosan pasukan Luciano Spalletti ke Jerman tertunda.

Saat ini timnas Italia berada di urutan ketiga klasemen dengan 10 poin dari enam pertandingan, berjarak tiga poin dari timnas Ukraina dengan 13 poin yang sudah memainkan satu laga lebih banyak.

Lantas apa yang diperlukan timnas Italia untuk bisa lolos ke Euro 2024 dan mengalahkan persaingan dari timnas Ukraina? Cara pertama adalah bahwa mereka cukup meraih EMPAT POIN dari dua laga tersisa mereka, bukan ENAM POIN.

Timnas Ukraina saat ini memiliki 13 poin dari tujuh laga dan timnas Italia punya 10 poin dari enam laga. Selanjutnya Azzurri akan menjamu Makedonia Utara untuk memberi mereka kesempatan menyamakan 13 poin jika menang di laga tersebut.

Pada akhirnya di laga terakhir pada 21 November mendatang, pasukan Luciano Spalletti cukup bermain imbang melawan tuan rumah timnas Ukraina dan menjaga jumlah poin tetap imbang, 14 poin.

Lalu kenapa jika poin berimbang maka timnas Italia yang berhak lolos sebagai runner up grup dan mendampingi timnas Inggris? Karena Azzurri akan unggul head to head setelah menang 2-1 atas timnas Ukraina di kandang pada 13 September lalu.

Jika kelolosan dari babak fase grup ini gagal, apalagi mereka pernah disingkirkan timnas Makedonia Utara di kandang dalam babak play-off Piala Dunia 2022, maka harapan tersisa tim Luciano Spalletti adalah melalui jalur play-off Nations League.

Sebagai semifinalis turnamen dan juara Grup Liga 1 mereka, maka timnas Italia berhak lolos ke babak play-off melalui jalur Nations League untuk memperebutkan tiga tiket tersisa ke Euro 2024.

Perlu dicatat bahwa akan ada 24 negara yang bersaing di putaran final Euro 2024 mendatang, yang berarti ada 24 tiket yang tersedia, dan satu tiket sudah pasti milik tuan rumah Jerman.

Untuk 20 tiket lainnya diberikan pada dua tim teratas di klasemen mereka di babak kualifikasi Euro 2024, dan sementara ada 10 grup, berarti total ada 20 negara yang lolos melalui jalur ini.

Sisanya ada tiga tiket lain yang akan diperebutkan melalui jalur play-off UEFA Nations League, yang akan dilihat dari negara-negara dengan prestasi terbaik di turnamen itu untuk negara-negara yang belum lolos ke Euro 2024.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!